ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PT. AFRA INSAN AMANAH (STUDI KASUS PADA AGEN DI JABODETABEK)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumbiku.v2i1.230Keywords:
Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, SWOTAbstract
PT. Afra Insan Amanah merupakan salah satu bentuk badan usaha yang brand produk kebutuhan anak muslim, PT. Afra Insan Amanah memakai nama Afrakids dalam memasarkan produk. Afrakids dalam memberikan layanan terbaik kepada konsumen tak lepas dari bantuan agen yang berperan serta dalam merebut potensi pasar dan sekaligus sebagai mitra usaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor eksternal dan faktor internal dalam strategi pemasaran PT. Afra Insan Amanah pada agen di jabodetabek, untuk mengetahui strategi pemasaran berdasarkan SWOT pada agen afrakids di jabodetabek.. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah non probability sampling dengan tipe purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah agen Afrakids yang berada di jabodetabek sebanyak 12 agen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan wawancara, obserservasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil dari penelitian ini adalah rumusan alternatif strategi pemasaran yang didapatkan berdasarkan faktor-faktor eksternal dan internal adalah memaksimalkan lokasi yang strategis, memperluas dan meningkatkan promosi, memperdalam jalinan dengan mitra, meningkatkan hubungan baik dengan pelanggan, mempertahankan kualitas produk. Strategi yang dapat digunakan Agen Afrakids di jabodetabek berdasarkan matriks SWOT yaitu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk, Memperbanyak serta memperdalam jalinan dengan reseller
Downloads
References
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015) Manajemen Strategi Pemasaran, Cetakan ke-1. Bandung: CV Pustaka Setia
Amalia, Aisyah. 2016. Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Bauran Pemasaran Dan Swot Pada Perusahaan Popsy Tubby. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 1, Nomor 3, Agustus 2016: 297 - 306
Boyd W, Harper dkk. 2000. Manajemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global.Jakarta:Erlangga.
Choirunnisak. 2012. Penerapan Analisis SWOT Dalam Strategi Pemasaran Produk
Cummins, Jullians. 2004. Promosi Penjualan. Terjemahan Heryanto dari Sales Promotion. 1990.Edisi3. Jakarta: Binarupa Aksara.
Dimas, Hendika Wibowo, Arifin Zainul dan Sunarti. 2015. “Analisis Strategi
Gianto. 2015. analisis penerapan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan batik di batik putra laweyan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
https://afrakids.com/tentang-afrakids/ (3 maret 2019)
Kereh, Feibeh. 2018. analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan motor yamaha mio pada pt. hasjrat abadi outlet yamaha sam ratulangi. Jurnal EMBA Vol.6 No.2 April 2018, Hal. 968 – 977.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran.Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Machfoedz. 2005. Pengantar Pemasaran Modern. Cetakan Pertama. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.
Mowen, John. C. Minor. 2002. Perilaku Konsumen.Edisi 5.Jakarta: Erlangga.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Noor, Syamsudin.2014.Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio Di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.- Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA. Nomer 2:102-209.
Pabundu, Moh Tika. 2007. Metodologi Riset Bisnis. Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm (Studi pada Batik Diajeng Solo)”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No.1.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.