Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee

Authors

  • Laili Hijratunnisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Irma Mardian Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Ismunandar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2292

Keywords:

social media marketing,online customer review, dan minat beli

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh social media marketing dan online customer review terhadap minat beli pada marketplace Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif menggunakan data primer yang bersifat kuantitatif. Sample penelitian berjumlah 96 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yakni konsumen mahasiswa STIE Bima yang telah melakukan transaksi pada situs shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan study pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji parsial (uji t), dan uji simultan (uji F) menggunakan aplikasi  Statistical Program for Social Science(SPSS) versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing dan online customer review secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Demikian pula secara simultan social media marketing dan online customer review berpengaruh signifikan terhadap minat beli pada marketplace Shopee.

References

Al Araditin, SA, Muslih, B., & Meilina R. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace shopee. Prosding seminar manajemen, ekonomi dan akuntansi. 6 (1). (Studi pada mahasiswa aktif prodi manajemen angkatan 2017 UNP Kediri).

Arisman, Mustafa (2021). “Pengaruh Social Media Marketing dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian”. Skripsi.Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Studi kasus pada cafe barbekoe).

Darmawan, M. D. A., & Laily, N. (2020). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Konsumen Marketplace Tokopedia Melalui trust Sebagai Variabel Interveningnya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(6).

Fatila, A. N. (2022). Pengaruh Brand Ambassador, Social Media Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Produk Scarlett Whitening. Skripsi. Universitas Islam Malang. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Studi pada Mahasiswa di Kota Malang).

Farki (2016) electronic word of mouth.

Nurrokhim, Ahmad., (2021). Pengaruh Social Media Marketing, Online Customer Rivew, Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening.Terhadap Minat Beli Pada PenggunaE-commercehopee. E-jurnal Ekonomi Dan BJournal Of Management and Digital Business. 1 (2).

Nisa, N. K., & Sudarwanto, T. (2022). PengaruhDigital Marketing Dan Keragaman Produk terhadap Minat Beli pada Pengguna E-commerce Shopee. E-jurnal Ekonomi danbisnis Universitas Udayana. 11 (8).

Purnama, Fauzi S. (2021). “Pengaruh Online Customer Riview dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online di E-Commerce pada Mahasiswa UMSU”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Studi kasus pada cafe barbekoe).

Syafitri, Dessy C., Ramdani D. (2022) Pengaruh Social Media Marketing dan Online Customer Review Terhadap Minat Pembelian Pada Marketplace Lazada. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. 8 (14). (Survey pada masyarakat di Kabupaten Karawang ).

https://doi.org/10.5281/zenedo.6978925.

Yunikartika, L., & Harti, H. (2020). Pengaruh Social Media Marketing dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Terhadap Minat Beli Kuliner melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening pada Akun Instagram@ carubanmangan. Jurnal E-bisnis, 6(1).

Downloads

Published

2023-08-22

How to Cite

Hijratunnisa, L., Mardian, I. ., & Ismunandar. (2023). Pengaruh Social Media Marketing Dan Online Customer Review Terhadap Minat Beli Pada Marketplace Shopee. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 37–56. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2292

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.