Minat Kuliner Nusantara Pada Generasi Z (Studi Tentang Hubungan Keterpaan Informasi pada Konten Food Vlogger Youtube dengan Minat Kuliner Nusantara pada Generasi Z)

Authors

  • Adzra Bela Yumna Pendidikan Tata Boga
  • Ari Fadiati Pendidikan Tata Boga
  • Cucu Cahya Pendidikan Tata Boga

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2198

Keywords:

culinary, food vlogger, generation z

Abstract

This research aims to identify the relationship between information exposure to food vlogger content and interest in Indonesian culinary delights in Generation Z. This research uses a quantitative approach with a survey method. This research was conducted at the State University of Jakarta. The sample of this study were 10 Culinary Education students and used a purposive sampling method. There is a positive relationship between the information exposure variable on food vlogger content and the archipelago culinary interest variable in Generation Z.

References

APJII. (2020). Laporan survei internet APJII 2019 – 2020. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2020, 1–146. https://apjii.or.id/survei

Djamarah, S. B. (2002). Psikologi Belajar (pp. 6–7). Rineka Cipta.

Hanifati, A. N. (2015). The Impact of Food Blogger toward Consumer’s Attitude and Behavior in Choosing Restaurant. International Journal of Humanities and Management Sciences, 3(3), 2320–4044.

Hudha, A. N. (2018). PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELI (Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Kuliner Pada Followers Akun @kulinerdisolo di Kota Surakarta Periode Maret – Juni 2018). World Development, 1(1), 1–15.

Hurlock, E. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.

Insider, B. (2019). Generation Z: Latest Characteristic, Research, and Facts.pdf. https://www.businessinsider.com/generation-z?IR=T

Karmila, S. (2020). Hubungan Terpaan Informasi Makanan Pada Media Sosial Instagram Dengan Perilaku Makan Pada Mahasiswa Di Universitas Sumatera Utara Tahun 2019. Skripsi, 1–147.

Komalasari, T. (2023). Tren Bisnis Kuliner 2023, Salah Satunya Kembali ke Selera Nusantara. Katadata. https://katadata.co.id/tiakomalasari/berita/63e99bfd01df3/3-tren-bisnis-kuliner-2023-salah-satunya-kembali-ke-selera-nusantara

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. PT Tema Baru.

Ladyanna, S. (2009). Mengenal Masakan Nusantara - Sonezza Ladyanna.pdf. Kenangan Pustaka Indonesia.

Prasetyo, C. B., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Vlog Sebagai Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli dan Dampaknya Terhada Keputusan Pembelian (Survei kepada Konsumen yang Menonton Video YouTube Channel "Faris Malang & quot; pada Kuliner Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol, 62(1), 118–126.

Purwanti, S. R. (2017). Hubungan Terpaan Komunikasi Pemasaran Kuliner Pada Akun Media Sosial Instagram @Kulinersby Terhadap Motivasi Konsumen Surabaya Usia 18-25 Tahun Dalam Membeli Produk Yang Di Posting @Kulinersby. E-Conversion - Proposal for a Cluster of Excellence, 071311533026.

Redcomm. (2021). Ini Alasan Anda Perlu Menggunakan Youtube Untuk Memasarkan Brand di 2021. https://redcomm.co.id/knowledges/ini-alasan-anda-perlu-menggunakan-youtube-untuk-memasarkan-brand-di-2021%0A

Santoso, U., Gardjito, M., & Harmayani, E. (2017). Makanan Tradisional Indonesia.pdf (2nd ed.). Gadjah Mada University Press.

Soraya, I. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Jakarta Dalam Mengakses Fortal Media Jakarta Smart City. Jurnal Komunikasi, 6(1), 10–23.

Syah, M. (2017). Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo Persada.

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 1(1), 46–58. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/1426/pdf

Tempo. (2023). Dari Boomers hingga Generasi Z, Berapa Lama Orang Indonesia Internet-an? tempo.co. https://tekno.tempo.co/read/1698923/dari-boomers-hingga-generasi-z-berapa-lama-orang-indonesia-internet-an

Winarno, Wirakusumah, Fardiaz, Fardiaz, Kusdinar, & Rimbawan. (1999). Kumpulan Makanan Tradisional (p. 2). Pusat Kajian Makanan Tradisional.

Wiryawan, M. A., & Nugroho, W. (2021). Pengaruh Terpaan Akun Instagram @bekasifood Terhadap Preferensi dalam Memilih Kuliner di Bekasi. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 140–149. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.82

Downloads

Published

2023-07-14

How to Cite

Adzra Bela Yumna, Ari Fadiati, & Cucu Cahya. (2023). Minat Kuliner Nusantara Pada Generasi Z (Studi Tentang Hubungan Keterpaan Informasi pada Konten Food Vlogger Youtube dengan Minat Kuliner Nusantara pada Generasi Z). Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(2), 01–11. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i2.2198