SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE PERIODIC INVENTORY SYSTEM DAN PERPETUAL SYSTEM

Authors

  • Henny Susilowati Universitas Kristen Dian Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.2

Keywords:

Sistem, Informasi, Persediaan Barang

Abstract

Sistem Informasi persediaan barang habis pakai digunakan untuk pengendalian dan pengawasan terhadap pengelolaan barang habis pakai dalam melaksanakan pengelolaan barang habis pakai sering menghadapi permasalahan. Permasalahan tersebut seperti penghitungan barang tidak akurat, proses pencatatan, dokumentasi data transaksi terhambat, dan kontrol persediaan barang tidak optimal.

        Hal yang dilakukan untuk meminimalisir permasalahan tersebut adalah dengan dibangunnya sistem informasi pengelolaan persediaan barang habis pakai. Sistem ini dibuat dengan mengembangkan sistem yang telah ada. Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Tahapan pengembangan sistem yang digunakan pada pengembangan sistem ini adalah analisis sistem, perancangan sistem dan implementasi sistem. Perangkat lunak bantu yang digunakan untuk mengimplementasikan rancangan sistem adalah Delphi Borland. Sistem Informasi persediaan barang habis pakai dibangun berdasarkan kebutuhan pengguna sehingga dihasilkan spesfikasi kebutuhan. Basis data dalam sistem ini  mencakup tabel barang, pengguna, pemasok, sirkulasi, notabon, persediaan, pengusulan barang dan kadaluarsa barang.

Downloads

Published

2022-01-19

How to Cite

Henny Susilowati. (2022). SISTEM INFORMASI PERSEDIAAN BARANG HABIS PAKAI MENGGUNAKAN METODE PERIODIC INVENTORY SYSTEM DAN PERPETUAL SYSTEM . Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v1i3.2

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.