HUBUNGAN INISIASI MENYUSU DINI DENGAN KEJADIAN IKTERUS NEONATORUM FISIOLOGIS PADA BAYI BARU LAHIR DI RSKDIA PERTIWI MAKASSAR

Authors

  • Nirwana Nirwana Akademi Kebidanan Minasa Upa Makassar
  • Nurul fitrahminarsih Akademi Kebidanan Minasa Upa Makassar
  • Husnul Hatimah Akademi Kebidanan Minasa Upa Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v2i3.842

Keywords:

Inisiasi Menyusu Dini, Ikterus Neonatorum fisiologis, Bayi Baru Lahir

Abstract

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) segera setelah lahir atau biasa disebut inisiasi menyusu dini (IMD) serta pemberian ASI Eksklusif adalah salah satu tindakan yang relatif murah dan mudah diterapkan pemeritah untuk meningkatkan kesehatan dan kelangsungan hidup bayi baru lahir. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan inisiasi menyusu dini dengan kejadian ikterus neonatorum fisiologis pada bayi baru lahir. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan menggunakan desain penelitian kasus kontrol (case control), Penelitian ini dilaksanakan di RSKDIA Pertiwi Makassar pada bulan April s/d Mei. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok kasus dan kelompok kontrol dengan perbandingan 1 : 1 yaitu kelompok kasus (bayi baru lahir yang terdiagnosa ikterus neonatorum)  sebanyak 17 orang dan kelompok kontrol (bayi baru lahir yang tidak terdiagnosa ikterus neonatorum) sebanyak 17 orang, sehingga keseluruhan sampel yang di gunakan berjumlah 34 orang dengan menggunakan teknik simple random sampling. Tekhnik pengumpulan data adalah pengumpulan data sekunder. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisa univariat dan analisis bivariat dengan menggunakan software SPSS for windows versi 24. Hasil penelitia pengujian menggunakan teknik chi-square didapatkan ρ = 0,037 lebih kecil dari α = 0,05, Dengan demikian ada hubungan antara Inisiasi Menyusu Dini dengan Kejadian Ikterus Neonatorum Fisiologis  pada Bayi Baru Lahir di RSKDIA Pertiwi Makassar.

 

 

References

Aprilia, Y. dan Ritchmond, B. 2011. Gentle Birth : Melahirkan Nyaman Tanpa Rasa Sakit. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Dinkes Kota Makassar. (2015). Profil Kesehatan Kota Makassar. Aprofil kesehatan-kota-makassar

Deslidel, H. 2012. Buku Ajar Asuhan Neonatus, Bayi, dan Balita. Jakarta : EGC

Hanny, R., & Waldi, N. (2009). Pelayanan kesehatan anak di rumah sakit. WHO Indonesia, 1(pelayanan masyarakat), 434.

JNPK-KR . 2012. Pelatihan Klinik Asuhan Persalinan Normal. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia Lahir. Jakarta: EGC.

Kemenkes. 2016. Profil Kesehatan Indonesia.

Maulidia, L. 2014. Ikterus Neonatorum. Profesi, 10, 39–43. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/artile.php?article=250114&val=6682&title=IKTERUS NEONATORUM

Maryunani, Anik dan Nurhayati. (2008). Buku Saku Asuhan Bayi Baru Lahir Normal (Asuhan Neonatal). Jakarta: Trans Info Media.

Nanny V Lia Dewi. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Yogyakarta: Salemba Medika.

Ngastiyah. 2014. Perawatan Anak Sakit (2 ed.). Jakarta: Buku Kedokteran.

Patricia W. Ladewig, M. L. 2016. Buku saku asuhan ibu dan bayi Baru

Pollard, Maria. 2015. ASI Asuhan Berbasis Bukti. Jakarta: EGC

Profil Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan 2014

Regina, vt Novita. 2011. Asuhan Keperawatan Maternitas. Bogor: Ghalia Indonesia.

Salmiyatun. 2013. Buku Saku Asuhan Ibu dan Bayi Baru Lahir Edisi 5. Jakarta. Penerbit. Buku Kedokteran. EGC

Sardjoko, S. 2016. Pelaksanaan Pengentasan Kelaparan serta Konsumsi & Produksi Berkelanjutan dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ( SDGs ) di Indonesia.

Siti Nurhayisah Jamil, Dkk. 2017. Asuhan Kebidanan pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Universita Muhammadiyah jakarta

Sondakh, Jenny J.S. 2013. Asuhan Kebidanan Persalinan & Bayi Baru Lahir. Jakarta: Erlangga

Stang. 2014. Cara Praktis Penentuan Uji Statistik dalam Penelitian Kesehatan dan Kedokteran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Surasmi, Handayani. 2008. Perawatan Bayi Risiko Tinggi. Jakarta: EGC

Utami Roesli. 2012. Inisiasi Menyusu Dini Plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda

Yeyeh A, Rukiyah, Yulianti, Lia. 2010. Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita. Jakarta : Trans Info Medika

Downloads

Published

2022-12-15

How to Cite

Nirwana, N., Nurul fitrahminarsih, & Husnul Hatimah. (2022). HUBUNGAN INISIASI MENYUSU DINI DENGAN KEJADIAN IKTERUS NEONATORUM FISIOLOGIS PADA BAYI BARU LAHIR DI RSKDIA PERTIWI MAKASSAR. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(3), 151–156. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i3.842