HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN PADA PASIEN

Authors

  • Luluk Purnomo Prodi S1 Keperawatan/Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Sheli Dela Saputri Prodi D3 Keperawatan/Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Sri Mintarsih Prodi S1 Keperawatan/Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta
  • Wijayanti Prodi S1 Keperawatan/Fakultas Ilmu Kesehatan, ITS PKU Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v2i2.594

Keywords:

Perilaku asertif, mutu pelayanan keperawatan

Abstract

Latar Belakang : Masih banyak kasus ditemukan dengan keluhan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang masih kurang, dokter datang terlambat, perawat kurang peduli pada keluhan pasien, sehingga pasien merasa mutu pelayanannya tidak sesuai, oleh karena itu pasien akan mencari tempat pelayanan kesehatan yang lebih baik. Perilaku asertif merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pelayanan di Rumah Sakit.

Tujuan : menganalisa hubungan perilaku asertif perawat dengan mutu pelayanan pada pasien.

Metode Penelitian: Metode penelitian menggunakan quasi experimental dengan rancangan penelitian cross-sectional design. Pengambilan sampel menggunakan pursosive sampling dengan 37 responden. Instrumen penelitian menggunakan alat ukur instrumen perilaku asertif perawat Liesmangku Langit dengan 12 pertanyaan dan instrumen mutu pelayanan keperawatan pada pasien Nurul dan Anisa dengan 25 pertanyaan. Uji Normalitas menggunakan Shapiro-Wilk dan Analisa data Chi-Square.

Hasil Penelitian : Hasil uji Shapiro-Wilk pada perilaku asertif yaitu 0,364 dan mutu pelayanan yaitu 0,145. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Chi-Square, diperoleh perilaku asertif dan mutu pelayanan dengan p value = 0,031 dimana <0,05.

Kesimpulan : Ada hubungan antara perilaku asertif perawat dengan mutu pelayanan keperawatan.

References

Ayu, T. F., Yuliana., Sumarni., Indah, N. S., Maryo., Minarwati., Kartini., Agnes, L., Nur, H. 2020. Pengendalian Mutu Pelayanan Keperawatan. Makalah keperawatan. Sekolah Tinggi Ilmu keperawatan Fani Mitra Karya Makasar

Bustami.2011.PenjaminanMutu Pelayanan Kesehatan.Jakarta:Erlangga

Butar-Butar, J., Simamora, R. H. 2016. Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Pandan KabupatenTapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia. 1(6) : p. 51-64

Handayani, M., & Hidaya, N. (2019). HUBUNGAN KOMUNIKASI ASERTIF PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN DI RUMAH SAKIT. Babul Ilmi Jurnal Ilmiah Multi Science Kesehatan, 10(1).

Husamah. 2015.A to Z Kamus Psikologi Super Lengkap. Yogyakarta: CV Andi Offset

Isnaeni, N., Ferdi, M. H., Rizki, . F., Sarah, U. A. H. 2016. Asertivitas. https://slidetodoc.com/kelompok-3-ningrum-isnaeni-muhammad-ferdi-h-suci/ (diakses pada 01 januari 2022)

Jaya & Suratmi. (2014). Hubungan erilaku Asertif dengan Kepuasan Pasien di Ruang Teratai RSUD dr. Soegiri Lamongan. Vol.02, No.XVIII,November 2015

Langit, Liesmangku, and Mona Saparwati. STUDI TENTANG PERILAKU ASERTIF PERAWAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPERAWATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PRATAMA JEPARA. Diss. Universitas Ngudi Waluyo, 2021

Nareza, M. 2020. Pentingnya Bersikap Asertif dan Cara Melatihnya. Alodokter. https://www.alodokter.com/pentingnya-bersikap-asertif-dan-cara-melatihnya (diakses pada 01 januari 2022)

Nursalam,2014. Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Edisi Ke 4 Penerbit : Salemba Medika. Jakarta

Pannyiwi, R., Nurhaedah. N., Hariati, A. 2021. Sikap Asertif Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan di Instalai Rawat Inap di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada. 1(10) : p. 280-284)

Purbo, K. P. 2016. Gambaran Perilaku Asertif Perawat Dalam Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Sari Mutiara Lubuk Pakam. Skripsi. Fakultas KeperawatanUniversitas Sumatera Utara. (hal. 6-20)

Prapitasari, R., Hidayatun, N. J. 2020. Konsep Dasar Mutu Pelayanan Kesehatan. Jawa Barat : CV. Adanu Abimata

Sasmita, Fatima Nuraini, Dian Dwiana, and Getha Parera. "Hubungan Perilaku Asertif Perawat Dalam Memberikan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Seruni Rsud Dr. M. Yunus Bengkulu." PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat 4.2 (2020): 121-130

UU No.38 tahun 2014 tentang keperawatan.

Qurrotu, S. ‘A. 2018. Perilaku Asertif Pemimpin Perempuan Di Minu Waru 1 Sidoarjo. Skripsi. Studi Manajemen Pendidikan Islam. (hal. 22-28)

Tamimi, K. H. 2018. Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Asertif Pada Remaja Masjid Kecamatan Kampung Rakyat. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. (Hal. 11-21)

Verayanti N.M., Masruroh, Richhard J.M.,Siska S.M., Farida A.U.,Tri Suwanrto, Pragholapati Andria, Siti Muniroh,Esther Lenny D.M, Marlyn R.S, Kurniawan. 2021. Kepemimpinan dan Manajemen Pelayanan Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Wulandari, Y. P. 2019. Pengkajian Keperawatan Untuk Meningkatkan MutuPelayanan Kepada Pasien Di Rumah Sakit.https://doi.org/10.31219/osf.io/5vfkb

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Luluk Purnomo, Sheli Dela Saputri, Sri Mintarsih, & Wijayanti. (2022). HUBUNGAN PERILAKU ASERTIF PERAWAT DENGAN MUTU PELAYANAN PADA PASIEN. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(2), 83–89. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i2.594