HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITE DAN DEMOKRATIS DENGAN LAMANYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHANMAHAWU LINGKUNGAN VII KOTA MANADO

Authors

  • Norman Alfiat Talibo Universitas Muhammadiyah Manado
  • Petronela Mamentu Universitas Muhammadiyah Manado

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v2i2.523

Keywords:

Pola Asuh Demokratis, Otoriter, Penggunaan Gadget.

Abstract

Penggunaan gadget pada anak sudah menjadi hal yang biasa, bahkan Indonesia adalah salah satu negara yang menjadi pengguna gadget terbesar di Asia, Namun kecendurangan penggunaan gadget pada anak yang tidak tepat akan menjadikan anak kurang peduli dengan kesehatan dan teman-teman yang ada dilingkungan sekitarnya. perkembagan bahasa dan kemampuan  sosial anak Salah satu fase tumbuh kembang pada anak memiliki ciri dan tugas Perkembagan  seperti keterampilan Orangtua harus mempertimbangkan seperti motorik kasar dan motorik halus, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat adanya hubungan antara pola asuh orangtua otoriter dan demokratis dengan lamanya penggunaan gadget pada anak usia prasekola di Kelurahan Mahawu Lingkungan VII Kota Manado. Metode  Desain penelitiian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Total Poupulasi dalam penelitian berjumlah 50 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan menggunakan seluruh populasi. ukur yang diigunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner dianalisa menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 0,05 05Hasil penelitian ini menggunakan uji Chi-square didapatkan nilai p value tersebut lebih kecil dari nilai signifakan sebesar (0,00<0,05) hasil penelitian ini menunukan bahwa didapati Ha diterima dan Ho ditolak.Kesimpulan yang diambil adalah terdapat hubungan antara pola asuh orang tua otoriter dan demokratis terhadap lamanya penggunaan gadget pada anak usia prasekolah. Diharapkan kepada para orang tua dapat menerapkan pola asuh yang demokratis terhadap anak mereka dalam penggunaan gadget.

 

References

Setianingsih, A. A., & Khayati, T. N. (n.d.). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Prasekolah dapat Mengakibatkan resiko Gangguan Permusatan Perhatian dan Hiperaktivitas. GASTER.

Sujianti. (2018). Hubungan Lama dan Frekuensi Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di TK Islam AL Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 55.

Rowan C. (2013).The impact of technology on the developing child [internet]. US: The Huffington.http://www.huffingtonpost.com/cris-rowan/technologychildren-negative impact_b_3343245.html. Diakses pada 30 Maret 2018.

Warisyah,Y.(2015).Pentingnya "Pendampingan Dialogis" Orangtuad dalam Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. (Skripsi, UNIversitas Muhammdiyah Ponorogo, Indonesia).

Khotimah, A. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua Dalam Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah (3-6 tahun) di TK Al-Hidayah Plus Madiun. (Skripsi, STIKES Bhakti Husada Mulia Madiun, Indonesia).

Gunawan, M. A. (2017). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah Di TK PGRI 33 Sumurboto, Banyumanik.(Skripsi, Universitas Diponegoro, Indonesia).

Triastutik, Y. (2018). Hubungan berman Gadget dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun.(Skripsi, STIKES Insan Cendekia Medika, Indonesia).

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD teratai, 05(03), 182- 186.

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Norman Alfiat Talibo, & Petronela Mamentu. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA OTORITE DAN DEMOKRATIS DENGAN LAMANYA PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH DI KELURAHANMAHAWU LINGKUNGAN VII KOTA MANADO. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 2(2), 46–52. https://doi.org/10.55606/jrik.v2i2.523