Evaluasi Program Pelaksana Pelayanan Kesehatan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Batumandi

Authors

  • Eko Norhayati Universitas Sari Mulia
  • Istiqamah Istiqamah Universitas Sari Mulia
  • Setia Budi Universitas Sari Mulia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v4i1.2830

Keywords:

Input, Proses, Output

Abstract

Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan primer bertanggungjawab terhadap penyelenggaraan pelayanan kesehatan di wilayahnya, termasuk pelayanan SDIDTK. Pelayanan Kesehatan harus sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Tujuan Penelitian untuk mengetahui gambaran evaluasi program pelaksana pelayanan kesehatan balita di Wilayah Kerja Puskesmas Batumandi. Metode penelitian kualitatif, subjek penelitian terdiri dari informan utama dan informan trianggulasi. Intrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara. Hasil penelitian didapatkan aspek input meliputi man yaitu bidan desa, bidan Puskesmas, gizi, aparat desa dan kader yang bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing. Money berasal dari APBD, DAK dan dana desa. Material yaitu alat-alat pengukur timbangan, pemberian makanan tambahan dan permainan edukatif. Machines yaitu komputer/laptop dan jaringan internet. Method yaitu buku-buku pedoman terkait pelaksanaan program pelayanan kesehatan balita. Aspek proses program pelaksana pelayanan kesehatan balita meliputi perencanaan yaitu pelaksanaan sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan sedangkan pelaksanaan sesuai dengan perencanaan dan jadwal yang telah ditentukan. Aspek output meliputi monitoring yaitu dengan melakukan rapat bulanan dan dilakukan secara berkala satu bulan sekali sedangkan evaluasi telah dilakukan dan mengalami kendala yaitu kekurangan tenaga kesehatan dan deteksi dini kesehatan balita.

References

Badawi, M. R. (2014). Kinerja Posyandu Dalam Pelaksanaan Pembinaan Gizi Masyarkat Di Wilayah Kerja Puskesmas Kecamatan Kembangan Jakarta Barat Tahun 2014. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

BKKBN. (2018). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Tahun 2017.

Kemenkes. (2019a). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes. (2019b). Peraturan Menteri Kesehatan RI No 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Lestyoningrum, S. D., & Haksama, S. (2014). Evaluasi Program Pelayanan Kesehatan Balita Paripurna Di Kota Malang. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 2(2), 38–40. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jaki0ea11d7f78full.pdf

Manurung, J., Novela, V., Ulfiana, Q., Simamora, J. P., Argaheni, N. B., & Sianturi, E. (2021). Proses Perumusan Kebijakan Kesehatan: Perumusan Masalah, Formulasi, Implementasi, Monitoring dan Evaluasi. ARSI-Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 1(1), 1–10. https://www.jurnal.stikesbaptis.ac.id/index.php/jarsi/article/view/611

Mulyadi, S., & Fairuza, F. (2015). Evaluasi Program. Lembaga Pengembangan UNJ.

Nantabah, Z. K., & Auliyati, Z. (2019). Gambaran Akses Pelayanan Kesehatan Pada Balita. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/hsr.v22i1.439

Nisa, N. A., Viranti, P., Sayekti, D. B., & Permana, I. S. (2022). Hubungan Manajemen Pelaksanaan Pemantauan Pertumbuhan Terhadap Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Posyandu Di Dusun 03 Desa Manislor. Jurnal Kesehatan Mahardika, 8(2), 75–79. https://doi.org/10.54867/jkm.v8i2.78

Notoatmojo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Rineka Cipta.

Permen. (2018). Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal.

Suyadi. (2014). Panduan penelitian tindakan kelas. DIVA Press.

Terry, G. R. d. R., & W, L. (2015). Dasar-dasar Manajemen. Cetakan Ke, 16.

Downloads

Published

2024-03-17

How to Cite

Norhayati, E., Istiqamah, I., & Budi, S. . (2024). Evaluasi Program Pelaksana Pelayanan Kesehatan Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Batumandi . Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 4(1), 81–92. https://doi.org/10.55606/jrik.v4i1.2830