Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kelelahan Kerja dengan Perilaku Safety Riding pada Pengendara Go-Jek di Kota Malang

Authors

  • Dwi Rahayuning Surastia Universitas Negeri Malang
  • Moch. Yunus Universitas Negeri Malang
  • Anita Sulistyorini Universitas Negeri Malang
  • Marji Marji Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2663

Keywords:

safety riding behavior, work fatigue, Go-jek

Abstract

East Java is a Province in Indonesia with the highest of traffic accident cases on 2022 years, it is 3.555 cases. Efforts to prevent and reduce cases of traffic accidents can be done by safety riding. The application of safety riding can be realized if it was balanced with a good knowledge and attitude by drivers on the road. Along Malang City Road are dominated by Gojek drivers with an infinite population each year. Based on preliminary studies, it was known that Gojek drivers often experience work fatigue and supported by erratic work durations even exceeded standards, which can lead to unsafe behavior when driving. The purpose of this research was to determine a relationship between knowledge, attitudes and work fatigue with safety riding behavior on Gojek drivers in Malang City. This research method used a cross sectional design with a quantitative approach and accidental sampling technique. Sample of 60 Gojek drivers in Malang City. The bivariate test used a chi square test. The results showed that there was no relationship between knowledge and attitude with safety riding behavior (p=0,697 dan p=1,000), and there was a relationship between work fatigue with safety riding behavior (p=0,000). It can be concluded that the higher level of Gojek drivers fatigue, it make more unsafe their safety riding behavior. So, it was recommended to pay more attention an enough rest time and focus while working.

References

Abd-Elfattah, H. M., Abdelazeim, F. H., & Elshennawy, S. (2015). Physical and Cognitive Consequences of Fatigue: A Review. Journal of Advanced Research, 6(3), 351–358. https://doi.org/10.1016/j.jare.2015.01.011

Abubakar, I. (2012). Manajemen Lalu Lintas: Suatu Pendektan Untuk Mengelola dan Mengendalikan Lalu Lintas. Transindo Gastama Media.

Achmadi, U. F. (2014). Kesehatan Masyarakat: Teori dan Aplikasi. Rajawali Pers.

Adnani, H. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Nuha Medika.

Ahdira, A. (2020). 5 Provinsi dengan Jumlah Kecelakaan Terbanyak di Indonesia, Korban Jiwa Capai 295 Orang. Pikiran Rakyat.

Amak, B., Malonda, N. S. H., & Kawatu, P. A. . (2020). Hubungan Perilaku Safety Riding Pengendara Ojek Online Dengan Kejadian Kecelakaan Lalulintas Di Kota Manado. Jurnal of Public Health and Community Medicine, 1(1), 45–51.

Andiyta, W., Thaha, I. L. M., & Ansariadi. (2013). Faktor Dukungan Sosial Terhadap Perilaku Keselamatan Berkendara Motor pada Remaja di Wilayah Pesisir Kabupaten Pangkep. Jurnal Universitas Hasanuddin, 1–11.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ariwibowo, R. (2013). Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Pengetahuan, Sikap Terhadap Praktik Safety Riding Awareness Pada Pengendara Ojek Sepeda Motor di Kecamatan Banyumanik. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2(1), 1–10.

Asdar, M. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tindakan Safety Riding Pada Siswa SMAN 1 Pangkajene Dan SMAN 1 Bungoro Kabupaten Pangkep Tahun 2013. Universitas Hasanuddin.

Asriyani, N., Karimuna, S. R., & Jufri, N. N. (2017). Faktor Yang Berhubungan Dengan Terjadinya Kelelahan Kerja Pada Pekerja Pt. Kalla Kakao Industri Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, 2(6), 198202.

Astuti, I. D. (2014). Analisis Penerapan Perilaku Aman Berkendara pada Mahasiswa Pengendara Sepeda Motor Di Kawasan UNSRI Indralaya Tahun 2014. Universitas Sriwijaya.

Aulia, Aladin, & Tjendera, M. (2018). Hubungan Kelelahan Kerja Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Pekerja Galangan Kapal. Jurnal Kesmas & Gizi (JKG), 1(1), 58–67. https://doi.org/10.4324/9781315121154-22

Aulia, S. N., Kurniawan, B., & Wahyuni, I. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online Di Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(5), 625–631.

Axiery, R., Ginanjar, R., & Listyandini, R. (2019). Investigasi Kecelakaan Lalu Lintas Pada Pengemudi Ojek Online Di Kota Bogor Tahun 2019. Promotor, 2(6), 479. https://doi.org/10.32832/pro.v2i6.3138

Azizah, M. H. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Keselamatan Berkendara (Safety Riding) Pada Mahasiswa ( Studi pada Mahasiswa FMIPA UNNES Angkatan 2008-2015 ). Kesehatan Masyarakat UNNES, 3(2), 23–24.

Azizirrahman, M., Normelani, E., & Arisanty, D. (2015). Faktor Penyebab Terjadinya Kecelakaan Lalu Lintas pada Daerah Rawan Kecelakaan di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Geografi, 2(3), 20–37.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (ed.2). In Pustaka Pelajar. Pustaka Pelajar.

Azzizah, R. O. N. (2022). Hubungan Sikap dan Pengetahuan Keselamatan Berkendara dengan Perilaku Safety Riding Driver Ojek Online Kecamatan Baturetno Wonogiri. Universitas Sebelas Maret.

BPS. (2018). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2016-2018. Badan Pusat Statistik.

BPS. (2019). Jumlah Kecelakaan, Korban Mati, Luka Berat, Luka Ringan, dan Kerugian Materi 2017-2019. Badan Pusat Statistik.

BPS. (2020). Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Kecamatan dan Jenis Kendaraan di Kota Malang (Unit), 2018-2020. BPS Kota Malang.

BPS Jatim. (2021). Jumlah Kendaraan Bermotor yang Didaftarkan Menurut Kabupaten/Kota dan Jenis Kendaraan di Provinsi Jawa Timur (unit), 2018–2020. Badan Pusat Statistika Jawa Timur.

Colle, A. B. A., Asfian, P., & Andisiri, W. O. S. N. Z. (2016). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Siswa Sma Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unsyiah, 1(3), 185037.

Dewi, B. M. (2018). Hubungan Antara Motivasi, Beban Kerja, Dan Lingkungan Kerja Dengan Kelelahan Kerja. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health, 7(1), 20. https://doi.org/10.20473/ijosh.v7i1.2018.20-29

Dihni, V. A. (2022). Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Meningkat di 2021, Tertinggi dari Kecelakaan Motor. Databoks.

Dio Dirgayudha. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kelelahan Kerja Pada Pembuat Tahu Di Wilayah Kecamatan Ciputat Dan Ciputat Timur (Vol. 5, Issue 1). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ditjen Perhubungan Darat. (2009). BUKU PETUNJUK TATA CARA BERSEPEDA MOTOR DI INDONESIA.

Eka, L., Darjati, & DN, A. T. (2019). Pengaruh Iklim Kerja Terhadap Kelelahan Tenaga Kerja. Gema Lingkungan Kesehatan, 17(2), 100–104. https://doi.org/10.36568/kesling.v17i2.1061

Enggarsasi, U., & Sa’diyah, N. K. (2017). Kajian Terhadap Faktor-Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dalam Upaya Perbaikan Pencegahan Kecelakaan Lalu Lintas. Perspektif, 22(3), 228–237.

Fahruddin, I. (2022). Pengaruh Kinerja Driver Terhadap Pendapatan Dengan Variabel Usia Sebagai Moderasi (Studi Kasusu Pada Driver Go-Jek Kota Malang) (Issue 8.5.2017). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Farida, I., Tarmizi, A., & November, Y. (2016). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Go-Jek Online. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 31–40.

Fatimah, D., Yunus, M., & B, L. R. A. (2022). Relationship Between Environmentand Attitudes with Perception of Adolescents About Early Marriage. Proceedings of the International Conference on Sports Science and Health (ICSSH 2022), 1, 51–59. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-072-5

Firmansyah, A., Rahim, M. R., & Wahyu, A. (2013). Faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Driving Pada Pengemudi Mobil Pengangkut Semen Curah di PT. Prima Karya Manunggal (PKM) Kab. Pangkep Tahun 2013. 1–12.

Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi Dalam Pendidikan (A. Anas (ed.); 1st ed.). Deepublish.

Hidayati, A., & Hendrati, L. Y. (2016). Analisis Risiko Kecelakaan Lalu Lintas Berdasar Pengetahuan, Penggunaan Jalur, dan Kecepatan Berkendara. Jurnal Berkala Epidemiologi, 4(2), 275–287. https://doi.org/10.20473/jbe.v4i2.2016.275

Ilmi, A. Y., Marji, M., & Ekawati, R. (2021). Pengaruh Status Gizi dan Tingkat Kelelahan Subjektif terhadap Produktivitas Tenaga Kerja Bagian Linting Rokok di PT. X Kabupaten Malang. Sport Science and Health, 3(12), 1013–1023. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1013-1023

Iskandar, F., Yenni, M., & Berliana, N. (2021). Determinan Perilaku Safety Riding Pengendara Sepeda Motor. CORE JOURNAL (Community Research of Epidemiology), 2(1), 35–44. https://doi.org/10.24252/corejournal.v

Joddy, S. A., Wahyuni, I., & Kurniawan, B. (2022). Hubungan Antara Perilaku Safety Riding Dan Stres Kerja Terhadap Kecelakaan Kerja Pada Pengendara Ojek Online Komunitas X Tembalang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 10(2), 213–218. https://doi.org/10.14710/jkm.v10i2.32689

Kemenkes RI. (2013). Laporan Anak Usia Sekolah yang Rawan Kecelakaan pada Pekan Keselamatan Jalan.

Khakim, R. (2016). Hubungan Antara Umur, Tingkat Pendidikan, Masa Berkendara dan Pengetahuan dengan Perilaku Safety Riding. Promotor Kesehatan Masyarakat, 9(1), 75.

Komariah, & Rahayu, S. (2020). Hubungan Usia, Jenis Kelamin Dan Indeks Massa Tubuh Dengan Kadar Gula Darah Puasa Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Klinik Pratama Rawat Jalan Proklamasi, Depok, Jawa Barat. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, Dm, 41–50. https://doi.org/10.34035/jk.v11i1.412

Korlantas Polri. (2022). Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia 2017-2021.

Korlantas Polri. (2023). Jumlah Kejadian Laka Perpolda. Korlantas Polri.

Kurniawan, K. (2023, January). Sepanjang Tahun 2022, Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Malang Meningkat, Tapi Fatalitas Menurun. Tribun Jatim.

Kusgiyanto, W., Suroto, & Ekawati. (2017). Analisis Hubungan Beban Kerja Fisik, Masa Kerja, Usia, Dan Jenis Kelamin Terhadap Tingkat Kelelahan Kerja Pada Pekerja Bagian Pembuatan Kulit Lumpia Di Kelurahan Kranggan Kecamatan Semarang Tengah. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(5), 413–423.

Langgar, D. P., & Setyawati, V. A. V. (2014). Hubungan antara Asupan Gizi dan Status Gizi dengan Kelelahan Kerja pada Karyawan Perusahaan Tahu Baxo Bu Pudji di Ungaran. Jurnal VISIKES, 13(2), 127–135.

Larasatie, A., Fauziah, M., Dihartawan, Herdiansyah, D., & Ernyasih. (2022). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tindakan Tidak Aman (Unsafe Action) pada Pekerja Produksi PT. X. Environmental Occupational Health and Safety Journal, 2(2), 133–146.

Mahawati, E., & Prasetya, J. (2013). Analisis Penggunaan Handphone Saat Berkendara Terhadap Potensial Kecelakaan Lalu Lintas pada Remaja Di Semarang. Jurnal Semantik, 2013(Semantik 2013), 436.

Manuel, osua A., & Wirawan, I. M. A. (2014). Faktor Risiko Kelelahan pada Pengendara Ojek Daring di Jabodetabek dan Denpasar. Media Kesehatan Masyrakat Indonesia, 16(1), 15–25.

Manurung, J., Sitorus, M. E., & Rinaldi. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Safety Riding Pengemudi Ojek Online (Go-Jek) di Kota Medan Sumatera Utara. Journal of Health Science and Physiotherapy, 1(2), 91–99. https://doi.org/10.35893/jhsp.v1i2.18

Modompit, V. R., Kalangi, J. B., & Sumual, J. I. (2020). Analisis Permintaan Transportasi Gojek Online Di Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20(03), 140–151.

Motevalian, S. A., Asadi-Lari, M., Rahimi, H., & Eftekhar, M. (2011). Validation of a persian version of motorcycle rider behavior questionnaire. Annals of Advances in Automotive Medicine, 55(October), 91–98.

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Nugroho, T. S., Linda, O., & Novianus, C. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Safety Riding pada Mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah. Environmental Occupational and Safety Journal, 2(1), 89–102.

Nurmufidah, M., & Rumita, R. (2021). Analisis Kelelahan Kerja dengan Metode Subjective Self Rating ( Studi Kasus : Pekerja Bagian Produksi ) UD Kurnia Mandiri. Jurnal Ergonomi Dan K3, 6(2), 20–29.

Pramesti, N. A., & Widajati, N. (2021). The Correlation of Subjective Fatigue, Negligence, Knowledge of Safety Riding and Length of Work on Traffic Accidents of Online Motorcycle Taxis in Sidoarjo. Indian Journal of Forensic Medicine & Toxicology, 15(3).

Pratama, H. P., Sunaryo, D. K., & Sai, S. S. (2020). Analisis Daerah RAwan Kecelakaan Untuk Pembuatan Peta Rawan Kecelakaan (Studi Kasus: Kota Malang, Jawa Timur). Jurnal ITN, 4(1), 88–100.

Pratiwi, I. P., Astuti, R. D., & Jauhari, A. (2019). Analisis Beban Kerja dan Kelelahan Kerja pada Pegawai Bagian Penyelenggaraan E-government. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 2–3.

Prima, D. W., Kurniawan, B., & Ekawati. (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Terhadap Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Fakultas X Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(3), 378–379.

Pusiknas Polri. (2022). Statistika Laka Lantas. Pusat Informasi Kriminal Nasional Polisi Republik Indonesia.

Puspitasari, A. D., & Hendrati, L. Y. (2013). Hubungan antara Faktor Pengemudi dan Faktor Lingkungan dengan Kepatuhan Mengendarai Sepeda Motor. Jurnal Berkala Epidemiologi, 1(2).

Putranto, L. S., Setyarini, N. L. P. S. E., Rostiana, & Bunawan, R. (2014). Motorcycle Rider Behaviour of Tarumanagara University Lecture and Employee. The 17th FSTPT International Symposium, Jember University, 22–24.

Qurotulaeni. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Safety Riding Pada Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Sebagai Pengendara Sepeda Motor. Skripsi Kesehatan Masyarakat, 1–14.

Rahardjo, R. (2014). Tertib Berlalu Lintas. Shafa Media.

Ratri, N. (2019, August). Wakil Wali Kota Malang Minta Gojek Perhatikan Jaminan Kesehatan dan Shelter Mitra Driver. Malang Times.

Rifal, A. D. C., P.S, A. D., & Hartanti, I. R. (2015). Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kecelakaan Lalu Lintas pada Pengemudi Bus P.O Jember Indah (Risk Factors in Relation to Traffic Accident in Bus Drivers P.O Jember Indah ). Artikel Ilmiah Hasil Peneleitian Mahasiswa, 8.

Rizkita, S. S., Sriyanto, & Arvianto, A. (2014). Evaluasi Kelelahan Kerja dan Pemberian Waktu Istirahat di Bagian Jahit Lini 11 PT . Star Fashion Ungaran. 1993.

Rofi’i, A., & Tejamaya, M. (2022). Analisis Faktor Risiko Kelelahan Tidak Terkait Pekerjaan pada Pengemudi Dump Truck PT X Tahun 2022: Perbandingan Tiga Kuesioner Pengukuran Kelelahan Secara Subjektif. Promotif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), 56–65. https://doi.org/10.56338/pjkm.v12i1.2454

Sadya, S. (2022, December). Survei Indef: Gojek Pimpin Pasar Ojek Online di Indonesia. DataIndonesia.Id.

Satiarida, A., & Yanuvianti, M. (2019). Hubungan Stres Berkendara dengan Perilaku Mengemudi Berisiko pada Pengendara Sepeda Motor di Kota Bandung. Prosiding Psikologi.

Silvia, C., Wilandari, Y., & Hoyyi, A. (2015). Ketepatan Klasifikasi Tingkat Keparahan Korban Kecelakaan Lalu Lintas Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal Dan Fuzzy K-Nearest Neighbor in Every Class. Jurnal Gaussian, 4(3), 441–451.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Sukma, M. F. (2022). PERBANDINGAN ANTAR ANGKUTAN UMUM ANTARA ANGKUTAN UMUM DAN OJEK ONLINE PADA TRAYEK ARJOSARI-LANDUNGSARI (Vol. 234, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Malang.

Sulistyorini, A., Rahfiludin, M. Z., & Suroto, S. (2019). Determinan Perilaku Keselamatan Kerja: Peran Faktor Personal Penjamah Makanan di Warung Lesehan Malioboro. JST (Jurnal Sains Terapan), 5(2). https://doi.org/10.32487/jst.v5i2.677

Suma’mur. (2009). Hiegiene Perusahaan dan Keselamatan Kerja. CV. Sagung Seto.

Swaputri, E. (2013). Analisis Penyebab Kecelakaan Kerja. Kesehatan Masyarakat, 9(1), 37–43.

Tanriono, Y., Doda, D. V., & Manampiring, A. E. (2019). Hubungan Kelelahan Kerja, Kualitas Tidur, Perilaku Pengemudi, dan Status Gizi dengan Kecelakaan Kerja pada Pengemudi Ojek Di Kota Bitung. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 8(6), 99–110.

Tarwaka. (2013). Ergonomi Industri, Dasar-dasar Pengetahuan dan Aplikasi di Tempat Kerja (1st ed.). Harapan Press.

Utami, N. N., Riyanto, H., & Evendi, H. A. (2018). Hubungan Antara Usia dan Masa Kerja dengan Kelelahan Kerja pada Pekerja Industri Rumah Tangga Peleburan Alumunium di Desa Eretan Kulon Kabupaten Indramayu The Relationship Between Age and Employment With Work Fatigue in Domestic Industri Alumunium Smeltin. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(2), 1–6.

Utami, R. F. (2018). Hubungan Kelelahan dan Perilaku Keselamatan pada Karyawan PT X. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

UU RI No 22 Tahun 2009. (2009). Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Wati, D. K., & Sumarmi, S. (2017). Citra Tubuh Pada Remaja Perempuan Gemuk Dan Tidak Gemuk : Studi Cross Sectional Body Image Among Overweight and Non overweight Adolescent Girls : A Cross Sectional Study. Amerta Nutr, 044, 398–405. https://doi.org/10.20473/amnt.v1.i4.2017.398-405

WHO. (2013). Global Status Report On Road 2013: Supporting a Decade of Action.

WHO. (2018). Global Status Report On Road 2018 (Vol. 2, Issue 1).

Yogatama, L. A. M. (2013). Analisa Pengaruh Attitude, Subjective Norm, dan Perceived Bahvior Control Terhadap Intensi Penggunaan Helm Saat Mengendarai Motor Pada Remaja dan Dewasa Muda di Jakarta Selatan. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur & Teknik Sipil), 5.

Zetli, S. (2018). Pengukuran Kelelahan Kerja Pada Sopir Angkutan Umum Dalam Upaya Mengetahui Faktor Kecelakaan Transportasi Umum Di Kota Batam. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 4(1), 11–17.

Zhang, G., Yaub, K. W., Zhangc, X., & Li, Y. (2016). Traffic Accidents Involving Fatigue Driving and Their Extent of Casualities. Accident Analysis and Prevention, 87.

Zheng, Y., Ma, Y., Guo, L., Cheng, J., & Zhang, Y. (2019). Crash Involvement and Risky Riding Behaviors among Delivery Riders in China: The Role of Working Conditions. Transportation Research Record, 2673(4), 1011–1022. https://doi.org/10.1177/0361198119841028

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Dwi Rahayuning Surastia, Moch. Yunus, Anita Sulistyorini, & Marji Marji. (2023). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kelelahan Kerja dengan Perilaku Safety Riding pada Pengendara Go-Jek di Kota Malang. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(3), 201–219. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i3.2663