KRITERIA PERSONALIA TERKAIT KEBERLANGSUNGAN PELAYANAN PUSKESMAS

Authors

  • Dewi Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Ade Fitri Arianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Bunga Elvyan Br. Damanik Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Istikhoma Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Rehana Nugraha B. Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jrik.v3i2.1910

Keywords:

SDM Puskesmas, Personalia, Kinerja

Abstract

Sarana prasarana adalah segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat  dalam  mencapai maksud  dan tujuan. Sarana  prasarana  pelayanan kesehatan adalah sarana prasarana yang menyediakan bentuk pelayanan yang sifatnya lebih luas daripada bidang  klinik,  yaitu bersifat promotif, preventif dan rehabilitative. Ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan, personalia puskesmas atau sumber daya dapat mempengaruhi perilaku. Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan tenaga kesehatan yang ada di puskesmas guna berlangsung baiknya suatu pelayanan kesehatan. Metode penelitian: Penulisan artikel ini menggunakan metode pencarian artikel menggunakan dua database, yaitu Google Scholar dan PubMed Kesehatan dengan kata kunci sumber daya manusia, personalia puskesmas dan peran kinerja. Hasil: Kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas dianggap masyarakat sebagai profesionalisme kerja oleh seorang tenaga kesehatan. Tuntutan masyarakat akan terpenuhi jika pemberi layanan memiliki propesionalisme yang tinggi dan mampu mempertahankan citra dan kinerja yang memenuhi standar pelayanan. Disiplin kerja juga mempunyai kontribusi terhadap kualitas pelayanan keperawatan yang pada akhirnya berdampak pada produktivitas kerjanya.Tanpa ada dukungan disiplin yang tinggi dari karyawan, perusahaan atau organisasi sulit untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Kesimpulan: Produktivitas suatu organisasi dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain disiplin dan karakteristik individu. Produktivitas layanan kesehatan puskesmas juga ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia (SDM)/personalia yang dimiliki.

References

Ola, Andi Batari, Rasyidin Abdullah, and Mansur Azis. "Pengaruh status kepegawaian dan komitmen organisasi terhadap kinerja melalui kepuasan kerja di UPTD Puskesmas Kajuara Kabupaten Bone." YUME: Journal of Management 2.1 (2019).

Agustina, Dewi. "Administrasi Puskesmas." (2021).

Gulo, Cipta. "HUBUNGAN PERSEPSI PEGAWAI TENTANG KEPEMIMPINAN PERAWAT SEBAGAI KEPALA PUSKESMAS TERHADAP KINERJA." PREPOTIF: JURNAL KESEHATAN MASYARAKAT 7.1 (2023): 621-628.

Pintauli, Sondang. "Dokter Gigi Sebagai Manejer Kesehatan di Puskesmas." (2008).

HARTATIK, FRANSISKA SRI, and INGE DHAMANTI. "Upaya Peningkatan Kinerja Puskesmas di Kota Surabaya Berdasarkan Malcolm Baldrige Criteria for Performance Excellence." Jurnal Administrasi Kebijakan Kesehatan 10.1 (2012): 12-17.

Achmad, Irhamdi. "Laporan Penelitian Sifat, Keterampilan Pimpinan Puskesmas dan Kinerja Pegawai di Puskesmas." Laporan Penelitian Sifat, Keterampilan Pimpinan Puskesmas dan Kinerja Pegawai di Puskesmas.

Ratu, Antonius Radja, and Apri Adiari Manu. "Hubungan Sarana Prasarana dengan Perilaku Perawat Gigi dalam Upaya Pencegahan Infeksi Silang di Puskesmas Pulau Timor Barat." ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1.9 (2022): 2964-2968.

Ningtyas, Rahaju. "Hubungan Karakteristik Individu dengan Disiplin Kerja di Puskesmas Ajang Kabupaten Sukamara." Jurnal Borneo Cendekia 1.1 (2017): 1-7.

Downloads

Published

2023-07-15

How to Cite

Dewi Agustina, Ade Fitri Arianti, Bunga Elvyan Br. Damanik, Istikhoma Rambe, & Rehana Nugraha B. Sitorus. (2023). KRITERIA PERSONALIA TERKAIT KEBERLANGSUNGAN PELAYANAN PUSKESMAS . Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(2), 129–135. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i2.1910