Pendampingan Sistem Pelayanan Adminduk Desa Semaya Kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Lalu Saparwadi Institut Teknologi Sosial dan Kesehatan (ITSKes) Muhammadiyah Selong

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i1.335

Keywords:

pelayanan, administrasi, kependudukan

Abstract

Kegiatan pengapdian ini merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur dalam lingkungan kegiatan KKN. Kegiatan pelaksanaan pengapdian ini dalam bentuk pelayanan system administrasi kependudukan di Desa Semaya Kecamatan Sikur. Bentuk kegiatan pelayanan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan dalam penataan dan penertiban dokumen data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, catatan sipil serta pengelolaan informasi data penduduk dimana hasilnya untuk pelayanan public, pembangunan, dan pemerintahan. Dokumen pelayanan yang dilaksanakan yaitu berupa dokumen seperti KK (Kartu keluarga), KTP (kartu tanda penduduk), KIA (Kartu identitas anak), Akta kelahiran, dan Akta kematian. Program ini dilaksanakan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman terhadap masyrakat akan pentingnya untuk memiliki data kependudukan. Berdasarkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan diperoleh dokumen pelayanan secara keseluruhan berjumlah 357 dokumen. Dokumen tersebut diantaranya yaitu KK (Kartu keluarga) sebanyak 66 pelayanan kepada masyarakat, KIA sebanyak 185 pelayanan, KTP (Kartu tanda penduduk) sebanyak 60 pelayanan, pembuatan akta kelahiran sebanyak 37 pelayanan, dan pembuatan akta kematian sebanyak 6 pelayanan. Hasil pelayanan ini diperoses langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lombok Timur. Hasilnya selanjutnya diberikan langsung ke masyarakat yang telah mengikuti pelayanan.

References

S. P. Siagian, Organisasi Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. 1990.

Boediono, Pelayanan Prima Perpajakan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003.

B. Bastianon, B. Santoso, R. S. Setiawan, and Y. M. Darusman, “Sosialisasi undang-undang administrasi kependudukan,” J. Abdimas Tri Dharma Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 33–41, 2020.

J. A. Fridayani, “Pendampingan dalam pengelolaan organisasi mahasiswa,” Sipissangngi J. pengapdian Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 31–36, 2022.

W. Wiryanto, “Pengembangan tipologi inovasi pelayanan publik,” Inovasi, vol. 10, no. 1, pp. 21–34, 2021.

Downloads

Published

2022-06-13

How to Cite

Lalu Saparwadi. (2022). Pendampingan Sistem Pelayanan Adminduk Desa Semaya Kecamatan Sikur kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 2(2), 66–69. https://doi.org/10.55606/jpikes.v2i1.335