Penerapan Relaksasi BENSON Dalam Mengatasi Kecemasan Lansia Hipertensi

Authors

  • Liyanovitasari Universitas Ngudi Waluyo
  • Umi Setyoningrum Universitas Ngudi Waluyo
  • Wulansari Wulansari Universitas Ngudi Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i3.2775

Keywords:

Kata kunci : Lansia, kecemasan, relaksasi benson, Key words: Elderly, anxiety, Benson relaxation

Abstract

ABSTRAK

Estimasi jumlah kasus hipertensi di Indonesia sebesar 63.309.620 orang, sedangkan angka kematian di Indonesia akibat hipertensi sebesar 427.218 kematian. Penyakit hipertensi ini menyebabkan dampak pada perubahan psikologis lansia seperti kecemasan yang dikarenakan penyakit fisik yang tidak kunjung sembuh.  Salah satu penatalaksanaan kecemasan yaitu dengan terapi relaksasi benson. Terapi Relaksasi Benson merupakan teknik relaksasi dengan melibatkan unsur keyakinan dalam bentuk kata-kata keyakinan yang dianut oleh pasien. Pada masa lansia ini cenderung untuk lebih meningkatkan spiritualnya dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sasaran program pengabdian kepada masyarakat ini yaitu lansia sejumlah 35 orang di Desa Gogik Ungaran Barat. Pengabdian ini dilakukan melalui tiga tahap, tahap pertama adalah pengukuran tekanan darah dan kecemasan menggunakan alat ukur HARS (Hamilton anxiety rating scale), tahap kedua penyampaian materi berupa pemberian edukasi konsep hipertensi lansia, konsep kecemasan, dan mengajarkan terapi relaksasi benson. Setelah pengabdian ini, lansia diminta untuk mempraktikkan secara mandiri di rumah dengan cara melakukan terapi benson dua kali dalam sehari selama sepuluh hari. Tahap ketiga adalah evaluasi dengan memberikan beberapa pertanyaan mengenai terapi relaksasi benson yang bertujuan untuk mengukur pengetahuan lansia mengenai terapi ini. Hasil skrining kecemasan didapatkan 25 dari 35 lansia (71,4%) mengalami kecemasan. Hasil pengabdian ini terdapat peningkatan pengetahuan lansia setelah diberikan relaksasi benson,yaitu dari rata-rata 6,00 meningkat menjadi 9,56. Lansia disarankan untuk dapat mengelola kecemasan dengan cara melakukan relaksasi benson. Selain dapat membuat tekanan darah menjadi normal, juga dapat meningkatkan kesehatan mental lansia.

Kata kunci : Lansia, kecemasan, relaksasi benson

 

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik. (2021). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik

Hawari, Dadang (2013). Stress, Cemas, dan Depresi. Jakarta : FK UI

Inayati, N. (2019). Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Tingkat Depresi Lanjut Usia Awal (Early Old Age) Umur 60-70 Tahun di UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Jember (skripsi). Jember: Universitas Jember. Tidak dipublikasikan.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Infodatin Pusat Data dan Informasi Situasi Lanjut usia di Indonesia. Jakarta: Kemenkes Republik Indonesia.

Maryam, S et al. (2015). Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.

Nursalam. (2014). Konsep Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Purwanto, H. (2016). Pengantar Perilaku Manusia untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Riyani (2022). Efektivitas Relaksasi Benson dan Nafas Dalam Terhadap Perubahan Tingkat Kecemasan Lansia di PSTW Gau Mabaji Gowa (Skripsi). Makassar : UIN Alauddin Makassar. Tidak dipublikasikan.

Setiadi. (2015). Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Graha Ilmu: Yogyakarta

Solehati, T et al. (2015). Konsep & Aplikasi Relaksasi dalam Keperawatan Maternitas. Bandung: PT Refika Aditama

Stuart, G. (2018). Buku Saku Keperawatan Jiwa, Alih Bahasa Hamid. Edisi 3. Jakarta: EGC.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Liyanovitasari, Umi Setyoningrum, & Wulansari Wulansari. (2023). Penerapan Relaksasi BENSON Dalam Mengatasi Kecemasan Lansia Hipertensi. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(3), 35–46. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i3.2775

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.