SiMONA sebagai Upaya Preventif dan Swamedikasi Penyakit Tidak Menular pada Kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM)

Authors

  • Windadari Murni Hartini Poltekkes BSI Yogyakarta
  • Ismiyati Ismiyati Poltekkes BSI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v1i1.1498

Keywords:

Posbindu PTM,, TOGA, herbal, Preventif, Swamedikasi

Abstract

SiMONA (Sediaan Minuman Obat Keluarga) merupakan model pengolahan tanaman obat menjadi sediaan minuman obat dalam bentuk jamu, serbuk minuman instan maupun sirup yang lebih mudah dan menarik untuk dikonsumsi masyarakat. Pengolahan produk TOGA menjadi produk terapi ini dapat membantu masyarakat menuju kemandirian kesehatan, mengingat kondisi kesehatan masyarakat  yang masih perlu mendapat perhatian, khusunya dalam mencegah maupun swamedikasi terhadap penyakit tidak menular yang saat ini semakin meningkat. Permasalahan mitra yang merupakan Kelompok Kader Posbindu PTM Besa Bopongan RT 03 Tamanan, Banguntapan Bantul dan Kelompok Kader Dasawisma RT 01 Banginharjo, Sewon, Bantul adalah masih kurang pengetahuan dan ketrampilan tentang cara pencegahan dan swamedikasi dengan memanfaatkan TOGA. Hasil Program IbM dapat  meningkatkan pengetahuan mitra tentang  potensi TOGA sebagai pendukung terapi penyakit tidak menular, Mitra mampu mengolah TOGA menjadi produk SiMONA dalam kemasan yang menarik dan mudah untuk dikonsumsi, serta sudah terbentuk  perintisan usaha bersama dalam suatu unit bisnis melalui Pos Herbal SiMona.

 

 

References

Agoes, G., 2007, Teknologi Bahan Alam : Seri Farmasi Industri, Cetakan 1, Penerbit ITB, Bandung.

Bensley, RJ dan Brookins-Fisher, J. 2009. Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat, EGC, Jakarta.

BPOM RI, 2011, Acuan Sediaan Herbal, volume ke-6, Edisi I, Direktorat Obat Asli Indonesia, Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik dan Produk Komplemen, Jakarta.

Depkes RI, 1986, Cara Pembuatan Simplisia, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

DepKes RI, 1995, CPOTB, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

DepKes RI, 2000, Petunjuk Pelaksanaan CPOTB, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

DepKes RI, 2011, Farmakope Herbal Indonesia, Departemen Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta

Kementerian Kesehatan RI, 2012, Petunjuk Teknis Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM), Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Jakarta.

Rahajeng, Ekowati. 2007. Posbindu PTM. Jakarta.

Downloads

Published

2021-03-01

How to Cite

Windadari Murni Hartini, & Ismiyati Ismiyati. (2021). SiMONA sebagai Upaya Preventif dan Swamedikasi Penyakit Tidak Menular pada Kader Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM). Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 1(1), 16–25. https://doi.org/10.55606/jpikes.v1i1.1498

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.