SYNCOPE MANAGEMENT SIMULATION SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN KADER SISWA PMR DALAM PENANGANAN SYNCOPE

Authors

  • Nian Afrian Nuari STIKES Karya Husada Kediri
  • Linda Ishariani STIKES Karya Husada Kediri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1445

Keywords:

Simulasi, Siswa, Syncope, Managemen

Abstract

ABSTRAK

Penanganan sinkop bagi siswa yang mengalami pingsan perlu dilakukan penanganan yang akurat dan cepat agar tidak terjadi komplikasi. Hal itu mengharuskan warga sekolah terutama kader PMR harus memberikan penanganan yang cepat dan tepat. Kegiatan ini berbasis metode simulasi untuk meningkatkan kognitif, afektif dan psikomotrik siswa dalam menguasai syncope management. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melakukan optimalisasi peran kader siswa PMR dalam syncope management berbasis metode simulasi di sekolah. Metode pelaksanaan dalam kegaiatan ini dilakukan selama 2 tahap yang melibatkan 30 anggota PMR dan siswa. Kegiatan ini meliputi kegiatan edukasi pelaksanaan syncope dan melakukan simulasi tentang penatalaksanaan syncope di sekolah. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa dalam melakukan penanganan syncope di sekolah. Evaluasi proses dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini peserta tampak mengerti dan memahami tentang materi pertolongan pertama pada pingsan dengan metode Simulasi. Peserta mampu mengetahui pentingnya pertolongan pertama pada pingsan dengan metode Simulasi, serta berusaha untuk memahami dan menerapkan materi tentang pertolongan pertama pada pingsan dengan metode simulasi. Diharapkan kegiatan ini dapat dilakukan secara kontinu agar dapat meningkatkan kemampuan kader PMR dan warga sekolah dalam penanganan syncope.

Kata kunci : Simulasi, Siswa, Syncope, Managemen

 

 

References

Febrina V, Semiarty R, Abdiana A. 2020. Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. J Kesehat Andalas.;6(2):435

Hardisman. 2014. Gawat Darurat Medis Praktis.Yogyakarta:Gosyen Publishing.

Larew, C & Lessans, S. 2016. Innovations in clinical simulation: Application of Benner’s theory in an interactive patients care simulation. Nursing Education Perspectives. 27: 16-21.

Magfuri, A,.2016. Buku saku keterampilan dasar&P3K kegawat daruratan di rumah.

Mahardika, ZP. 2017. The effect of combined simulated patient and manikin for the achievement intravenous cannulation skills. (Unpublished bachelor’s thesis). Gadjah Mada University, Yogyakarta. Indonesia;.

Nuari, N. A., Sari, M. K., & Aini, E. N. 2020. Optimalisasi Peran Kader Laktasi Berbasis Lactation Training sebagai Penunjang Keberhasilan ASI. Jurnal Solma, 9(01), 428-435.

Nuari, N. A., Widayati, D., & Aini, E. N. 2021a. Edukasi Penatalaksanaan Kegawatan Sensori Visual Corpus Alienum Pada Mata Berbasis Muvisi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(3), 253-257.

Nuari, N. A., Susanto, S., & Damayanti, D. 2021b. Manajemen Edukasi Preventif dan Penatalaksanaan Covid-19 Berbasis Home Learning System Pada Remaja. Jurnal SOLMA, 10(3), 557-562.

Nuari, N. A., & Ulfa, F. 2022. Remaclass Sebagai Strategi Edukasi Metode Akupresure Untuk Penatalaksanaan Dismenore Primer Pada Remaja Putri. Abdi Surya Muda, 1(2), 95-103.

Nugroho, P., & Nekada, C. D. 2017. Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Penanganan Pertama Siswa Syncope Di SMAN 1 Ngaglik Sleman Yogyakarta. Jurnal Keperawatan Respati Yogyakarta, 4(1), 124-127.

Sari, M. K., & Nuari, N. A. 2021. Health Education Tentang Kewaspadaan Terhadap Happy Hypoxia Akibat Covid-19 Pada Siswa Sma. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 85-88.

Slavin, RE. 2016. Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media;

Sleeper, JA & Thompson, C. 2015. The use of high fidelity simulation to enhance nursing students’ therapeutic communication skills. Inter-national Journal of Nursing Education Scholarship; 5(1): 42.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Nuari, N. A., & Linda Ishariani. (2023). SYNCOPE MANAGEMENT SIMULATION SEBAGAI UPAYA OPTIMALISASI PERAN KADER SISWA PMR DALAM PENANGANAN SYNCOPE . Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(1), 96–100. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1445

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.