Penyuluhan Mengenai Penggunaan Dosis Obat Yang Tepat Kepada Masyarakat Di Desa Kairatu

Authors

  • Micie Elsye Sariwating Stikes Maluku Husada

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v1i3.1407

Keywords:

Penyuluhan,Dosis Obat, Farmakokinetik

Abstract

Obat merupakan unsur yang sangat penting dalam upaya penyelenggaraan kesehatan. Sebagian besar intervensi medik menggunakan obat, oleh karena itu diperlukan obat tersedia pada saat diperlukan dalam jenis dan jumlah yang cukup, Obat adalah bahan atau zat yang berasal dari tumbuhan, hewan,mineral maupun zat kimia tertentu yang dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit, memperlambat proses penyakit dan atau menyembuhkan penyakit. Obat harus sesuai dosis agar efek terapi atau khasiatnya bisa kita dapatkan. Golongan obat adalah penggolongan yang dimaksud untuk peningkatan keamanan dan ketepatan penggunaan distribusi yang terdiri dari obat bebas, obat keras, psikotropika dan narkotika, obat bebas terbatas. Sebelum kegiatan pengabdian kepada Masyarakat, dilakukan survey awal kepada kepala desa dan wawancara terhadap beberapa masyarakat terkait penggunaan dosis obat yang tepat. Setelah mendapatkan data awal dan kesepakatan waktu kami melakukan kegiatan tersebut.

Tahapan pertama yakni dengan dilakukan penyuluhan terkait Penggunaan Dosis Obat Yang Tepat kepada masyarakat dan dilanjutkan dengan pemberian edukasi serta tanya jawab terhadap pemateri. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 01 Desembar 2021 bertempat di kantor desa kairatu, Kecamatan Kairatu Kabupaten Seram Bagian Barat dari jam 09.00-11.00. Kehadiran peserta saat dilakukan edukasi berjumlah 50 warga.  Peserta sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan yang diberikan, dan saat dinerikan kesempatan untuk menanyakan terkait yang belum dipahami juga begitu interaktif.

References

Anderson, C.R. 1979. Petunjuk Kesehatan Modern. Alih bahasa; Wiliam walean. Bandung:

Indonesia Publishing House.

Departemen Kesehatan RI. 1996. 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. Jakarta.

DepKes RI, 1983. Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 2380/A/SK/VI/83 tentang Tanda Khusus untuk Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas, Jakarta.

DepKes RI, 1993. Peraturan Menteri Kesehatan No.919/MENKES/PER/X/1993 tentang Kriteria Obat yang dapat Diserahkan tanpa Resep, Jakarta.

Notoatmodjo . 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Rahayu, 2006, Penetapan Kadar Kaplet Amoxicilin Generik dan Kaplet.

Sambara, J, 2007, Pola Penggunaan Obat Generik Berlogo Di Rumah Sakit.

Downloads

Published

2023-03-21

How to Cite

Micie Elsye Sariwating. (2023). Penyuluhan Mengenai Penggunaan Dosis Obat Yang Tepat Kepada Masyarakat Di Desa Kairatu. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 1(3), 27–30. https://doi.org/10.55606/jpikes.v1i3.1407

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.