Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear dan IVA Test

Authors

  • Rahma Yanti Institut Kesehatan dan Teknologi Buton Raya
  • Cindy Pratiwi Institut Kesehatan dan Teknologi Buton Raya
  • Nurfazila Wati Institut Kesehatan dan Teknologi Buton Raya
  • Wa Intan4, Selvina Institut Kesehatan dan Teknologi Buton Raya
  • WD. Winda R.A Institut Kesehatan dan Teknologi Buton Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1382

Keywords:

Pap Smear; IVA Test; Asam Asetat

Abstract

Pap Smear merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan speculum dan dilakukan oleh bidan ataupun ahli kandungan, pemeriksaan ini bermanfaat untuk mengetahui adanya HPV atau Human Papilloma Virus. Pap Smear adalah pemeriksaan sediaan apus mulut rahim dalam pewarnaan papnicolaou. IVA merupakan tes visual menggunakan larutan asam cuka (asam asetat 2%) dan larutan iodium lugol pada serviks dan melihat perubahan warna yang terjadi setelah dilakukan olesan. IVA adalah suatu pemeriksaan serviks secara langsung (dengan mata telanjang) setelah pemberian asam asetat (cuka) 3-5%. Pemberian asam asetat akan mempengaruhi epitel abnormal dimana akan terjadi peningkatan osmolaritas cairan ekstra celuler, yang bersifat hipertonik ini akan menarik cairan dari intra celuler sehingga membran sel akan kolaps dan jarak antar sel akan semakin dekat. Akibatnya bayangan kemerahan dari pembuluh darah di dalam stroma akan tertutup dan serviks akan tampak berwarna lebih putih.

 

References

Idayanti, Titiek, Siti Fithrotul Umami, Risna Zubaidah, and Widya Anggraeni. 2021. “Deteksi Dini Pencegahan CA Servik Dengan Pemeriksaan IVA Pap Smear Di Rumah Cantik Almira Beauty Desa Tunggalpager Kec. Pungging Kab. Mojokerto Bekerja Sama Dengan PKBI Kabupaten Mojokerto.” Journal of Community Engagement in Health 4(2).

Maharani, Citra et al. 2021. “Pemeriksaan IVA Untuk Deteksi Dini Lesi Pra-Kanker Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Mendalo Indah, Jambi.” Medical Dedication (medic) : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat FKIK UNJA 4(1).

Ningrum, Widya maya, Fenty Agustini, and Lilis Lisnawati. 2019. “Pemberdayaan Kader Dalam Upaya Peningkatan Cakupan Deteksi Dini Kanker Serviks Dan Kanker Payudara, Di Desa Cikunir 2018.” Jurnal Abdimas Kesehatan Tasikmalaya 2(1).

Hubungan Tingkat Pengetahuan Wus Tentang Pemeriksaan Pap Smear (2020) https://journal.fkm.ui.ac.id/kesmas/article/view/1752.

Badan Penelitian Dan Pengembangan Pencegahan Kanker Serviks. https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id.

Kemekes RI, 2019. Beban Kanker di Indonesia.

Kemenkes (2022). Cegah Kanker Serviks Sedari Dini https://jurnal.healthsains.co.id/index.php/jhs/

Kesmas National. HIV/AIDS (2017) https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/kespro/article/view/2977 Pencegahan Kespro Pada Wus (2020)

Wiyono, S., Iskandar, T.M., Suprijono, 2008. Indpeksi Visual Asam Asetat (IVA) Untuk Deteksi Dini Lesiprakanker Serviks. Media Media Indonesia. 43(3):116-121.

World Healt Organization, 2021, Cervical Cance, Diakses Juni 2021 Dari https://www.who.int/healthtopics/cervical-cancer#tab=tab_1

World health organization, 2017. Cervical cancer screening and management of cervical pre-cancers; training of health staff in VIA, HPV detection test and cryotherapy-Diakeses juni 2021 dari https://cdn.who.int/media/docs/default-source/searo/tobacco/trainees-handbook.pdf?sfvrsn=6778145d-2

Downloads

Published

2023-03-14

How to Cite

Rahma Yanti, Cindy Pratiwi, Nurfazila Wati, Wa Intan4, Selvina, & WD. Winda R.A. (2023). Edukasi Pentingnya Deteksi Dini Kanker Serviks dengan Pemeriksaan Pap Smear dan IVA Test. Jurnal Pengabdian Ilmu Kesehatan, 3(1), 37–42. https://doi.org/10.55606/jpikes.v3i1.1382

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.