STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Dewi Agustina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Lutfiyah Nada Salsabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Eka Madani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Deliana S Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.2088

Keywords:

Startegi, Mutu Pelayanan, Rumah Sakit

Abstract

Pelayanan kesehatan adalah peningkatan status kesehatan melalui usaha – usaha pencegahan, terapi, diagnose, pemulihan atau penyembuhan penyakit, edra, serta gangguan fisik dan mental. Mutu pelayanan Kesehatan sangat dipengaruhi oleh standar perawatan medis. Bentuk, tampilan, kinerja, serta estetika dan tujuan dari suatu layanan, semuanya dapat digunakan untuk mengevaluasi kualitas suatu layanan kesehatan tertentu. Untuk mempertahankan atau meningkatkan tingkat kinerja pelayanan kesehatan, diperlukan pula rencana peningkatan mutu pelayanan tersebut. Tingkat pelayanan yang layak akan meningkatkan mutu pelayanan yang merupakan komponen yang sangat penting dalam bidang pelayanan rumah sakit. Derajat atau tingkat keunggulan pelayanan kesehatan yang diukur dari kualitasnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Literatur Review dengan mengumpulkan jurnal yang di dapatkan dari Google Scholar, kriteria jurnal yang digunakan adalah jurnal yang diterbitkan 5 tahun terakhir, yaitu 2019-2023. Tujuuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi peningkatan mutu pelayanan Kesehatan di rumah sakit. Dari berbagai jurnal yang di dapatkan di dapati hasil bahwa dalam meningkatan mutu pelayanan Kesehatan di rumah sakit dilihat dari komunikasi yang baik antara pasien dengan pemberi pelayanan dengan memberikan rasa empati yang lebih, pemanfaatan dana secara efisien untuk meningkatkan Sarana dan prasarana dengan membangun fasilitas kesehatan yang berda di rumah sakit dengan pengadaann alat-alat kesehatan yang kurang di rumah sakit.

References

Fachrurrozi, A., Prayogo, D. A., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran(JURRIKE),2(1),123-134.

http://www.prin.or.id/index.php/JURRIKE/article/view/1045.

Vidiarti, Y., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 101-

https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/klinik/article/view/1269.

Irgi Biantara, Dety Mulyanti. (2023). Strategi manajemen informasi layanan Kesehatan di rumah sakit: Systematyc Literatur Review. MANABIS. 2(1)

Agus Ariyanto Haryoso, Dumilah Ayuningrat. (2023). Strategi Peningkatan Mutu dan Pelayanan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Kepulauan Seribu Tahun 2019-2023. Jurnal Arsi

Muhammad Reski Adjision. Strategi Rumah Sakit Umum Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Kabupaten Halmahera Timur Provinsi Maluku Utara.

Solehuddin, Saneka Stella Ganiasnda Sihura. (2023). Pengaruh Akreditasi Terhadap Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal Medika Husada. 3 (1)

Fachrurrozi, A., Prayogo, D. A., & Mulyanti, D. (2023). Strategi Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Systematic Literature Review. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Kedokteran (JURRIKE), 2(1), 123-134.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Dewi Agustina, Lutfiyah Nada Salsabila, Eka Madani Nasution, & Deliana S. (2023). STRATEGI PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI RUMAH SAKIT. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(3), 64–70. https://doi.org/10.55606/detector.v1i3.2088