Keluhan Sakit Punggung di Kalangan Mahasiswa

Authors

  • Florentia Destine Syah Putri Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ainur Rafika Firdausy Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Tyas Aulia Ahyana Laili Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Aulia Magfira Denizi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1653

Keywords:

Keluhan, sakit punggung, mahasiswa

Abstract

Artikel ini menjelaskan hasil penelitian tentang keluhan sakit punggung pada mahasiswa dengan menggambarkan tingkat frekuensi dan intensitas nyeri yang bervariasi. Penelitian ini melibatkan partisipasi mahasiswa sebagai responden yang memberikan laporan diri terkait keluhan sakit punggung yang mereka alami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengalami keluhan sakit punggung, namun tingkat keluhan tersebut berbeda antara individu satu dengan yang lainnya. Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat keluhan sakit punggung antara lain posisi membungkuk yang menyebabkan nyeri dan durasi aktivitas membungkuk. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa hasil penelitian ini memiliki keterbatasan, terutama dalam hal potensi bias subjektivitas dan kesalahan pengukuran karena penggunaan metode self-report. Sehingga penelitian lebih lanjut dengan metode yang lebih terstruktur mungkin diperlukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keluhan sakit punggung pada mahasiswa.

References

Arifah, P. D. (2023). Hubungan Beberapa Faktor Risiko Terhadap Disabilitas Akibat Low Back Pain Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2022.

Hasmar, W. (2023). Buku Ajar Fisioterapi pada Nyeri Punggung Bawah Miogenik. Penerbit NEM.

Pramana, I. G. B. T., & Adiatmika, I. P. G. (2020). Hubungan posisi dan lama duduk dalam menggunakan laptop terhadap keluhan low back pain pada mahasiswa fakultas kedokteran universitas udayana. Jurnal medika udayana, 9(08), 3-7.

RENDY EKA PUTRA, R. E. P. (2023). Analisis Faktor Risiko Gangguan Musculoskeletal Disorders (Msds) Pada Pekerja Di Bagian Plan Dan Pengadaan Di Pt Satria Bahana Sarana Minning Contractor Tanjung Enim Tahun 2016 (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Husada).

Sultan, M. B. (2023). Hubungan Perilaku Sedentari Dan Kebiasaan Makan Dengan Status Gizi Di Era Pandemi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2020-2022.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Florentia Destine Syah Putri, Ainur Rafika Firdausy, Tyas Aulia Ahyana Laili, Aulia Magfira Denizi, & Denny Oktavina Radianto. (2023). Keluhan Sakit Punggung di Kalangan Mahasiswa. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(2), 218–224. https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1653