Hubungan Motivasi Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Fe Di Klinik Borneo Kasih Palangka Raya

Authors

  • Henry Wiyono STIKES Eka Harap Palangka Raya
  • Takesi Arisandy STIKES Eka Harap Palangka Raya
  • Marina Elvarida Sirait STIKES Eka Harap Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1485

Keywords:

Motivasi, Kepatuhan, Tablet Fe, Ibu Hamil.

Abstract

Anemia pada ibu hamil harus dicegah atau diatasi karena jika hal tersebut terjadi, maka dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, kematian ibu dan anak, serta penyakit infeksi. Untuk mencegah anemia selama kehamilan, maka direkomendasikan untuk meminum tablet Fe. Namun efektifitas pemberian tablet Fe baru dapat dicapai apabila ibu hamil patuh dalam mengkonsumsinya. Dan salah satu faktor yang mempengaruhi kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe adalah motivasi dari ibu hamil itu sendiri. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara motivasi dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Klinik Borneo Kasih Palangka Raya. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah korelasional dengan mengunakan pendekatan Cross Sectional dengan teknik pengambilan sampel consecutive sampling, dengan jumlah 50 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dari jumlah 50 responden, didapatkan kategori motivasi tinggi sebanyak 41 responden (82%), tingkat kategori kepatuhan, patuh sebanyak 43 orang (86%) dan hasil uji Fisher Exact Test (yang merupakan alternatif dari uji chi-square) diperoleh nilai p=0.000 ≤0,05. Kesimpulan: Ada hubungan antara motivasi dengan kepatuhan ibu hamil dalam mengkonsumsi tablet Fe di Klinik Borneo Kasih Palangka Raya. Pentingnya dukungan keluarga seperti suami dalam memotivasi ibu hamil untuk mengkonsumsi tablet Fe, sehingga disarankan agar keluarga tetap memberikan dukungan agar selama masa kehamilannya ibu hamil memiliki motivasi tinggi dan patuh dalam mengkonsumsi tablet Fe.

 

 

 

References

Friedman, M. (2013). Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Gurning, M., Idris, I., & Bieths, E. K. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Motivasi Ibu Hamil Trisemester III Terhadap Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Fe Di Puskesmas Sausapor Kabupaten Tambrauw.

Hendrian, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Bei (Fe) Di Puskesmas Kadugede Kabupaten Kuningan

Irnawati (2022). The Effect of Health Education on Obedience of Pregnant Women in Taking Fe Tablets in the Class of Pregnant Women. Majalah Kesehatan Indonesia. Vol 3, No. 1, DOI: 10.47679/makein.2022138

Juliani, M. (2018). Hubungan Motivasi Dengan Kesediaan Melakukan Tes HIV Pada Ibu Hamil Di Wilayah Puskesmas Ciptomulyo Kota Malang.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Buku Kesehatan Ibu Dan Anak. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Lestari, R. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ketidakpatuhan Ibu Haml Dalam Mengkonsumsi Tablet Zat Besi Di Wilayah Kerja Puskesmas Janti Kota Malang.

Praharti, M. A. (2021). Efektivitas Pendampingan Suami Terhadap Tingkat Kepatuhan Ibu Hamil Mengkonsumsi Tablet Fe.

Sari, D. F. (2019). Analisis Kepatuhan Ibu Hamil Mengonsumsi Tablet Tambah Darah Di Wilayah Kerja Puskesmas Talise Palu.

Vera, Y., & Siregar, N. (2019). Hubungan Perilaku Ibu Hamil Dan Motivasi Petugas Kesehatan Dengan Kepatuhan Mengkonsumsi Tablet Zat Besi Di Wilayah Kerja Puskesmas Labuhan Rasok.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Henry Wiyono, Takesi Arisandy, & Marina Elvarida Sirait. (2023). Hubungan Motivasi Dengan Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi Tablet Fe Di Klinik Borneo Kasih Palangka Raya. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(2), 212–217. https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1485