Efektivitas Bedside Teaching Teknik Menyusui Yang Benar Terhadap Keberhasilan Ibu Menyusui Di Ruang Nifas RSUD Kota Palangka Raya

Authors

  • Meilitha Carolina STIKes Eka Harap Palangka Raya
  • Ayu Puspita STIKes Eka Harap Palangka Raya
  • Fransiska Widyawati STIKes Eka Harap Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1477

Keywords:

Efektivitas, Bedside Teaching, Teknik Menyusui, Keberhasilan Menyusui.

Abstract

Ibu post partum kesulitan memberikan ASI kepada bayinya, hal ini dikarenakan posisi menyusui dan perlekatan yang kurang tepat, menyusui dengan teknik yang salah sehingga menimbulkan puting susu menjadi lecet dan ASI tidak keluar secara optimal dan dapat mempengaruhi produksi ASI akibatnya bayi tidak mau menyusu. Sebuah metode pembelajaran teknik menyusui dapat diaplikasikan dengan pengetahuan, psikomotor, afektif secara sistematis, hal ini sering kali disebut dengan metode Bedside teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bedside teaching Teknik menyusui yang benar terhadap keberhasilan ibu menyusui di Ruang Nifas RSUD Kota Palangka Raya. Metode: Desain penelitian pre-eksperimental jenis one group pre test-post test design menggunakan teknik Sampling Incidental, one group berjumlah 15 responden. Hasil: Sebelum dilakukan bedside teaching teknik menyusui dilakukan pretest pada 15 responden dengan hasil nilai pre test mean 5,20 kemudian dilakukan 2x pertemuan bedside teaching  dan di dapatkan nilai post test mean 8,40 sehingga terjadi peningkatan uji statistik dengan rentang mean 3,20. Hasil uji statistik wilcoxon p value = 0,001 atau tingkat signifikasi p < 0,05. Kesimpulan: Ada pengaruh antara hasil efektivitas bedside teaching teknik menyusui yang benar terhadap keberhasilan ibu menyusui antara pre-test  dan post-test yang dilakukan pada ibu post partum di Ruang Nifas RSUD Kota Palangka Raya. Sebagai tenaga kesehatan sebaiknya memberikan metode pembelajaran bedside teaching teknik menyusui kepada ibu post partum minimal 2x pertemuan selama 45 menit sesuai SOP yang telah dibuat.

References

Anindita, G., Nilpsari, R. & Kharisma, Y. 2014. Persepsi Peserta Didik dan Pasien tentang Pelaksanaan Bedside Teaching dalam Pendidikan Klinik. Prosiding Pendidikan Dokter, Vol.6, No.2 Gelombang 2 (654–659)

Astutik., R.Y. 2014. Payudara dan Laktasi. Jakarta: Salemba Medika, pp. 12-3.

Banowati L.2019. Ilmu Gizi Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Cadwell, Karin. & Cindy Turner. 2013. Buku Saku Manajemen Laktasi (Terjemahan). Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC

Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah. 2022. Profil Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah. Palangka Raya: Dinkes Provinsi Kalimantan Tengah.

Dinkes Kota Palangkaraya. 2021. Profil Kesehatan Kota Palangkaraya 2020. Palangka Raya: Dinkes Kota Palangka Raya.

Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers

Evi Rinata, Tutik Rusdyati, Putri Anjar Sari. 2016. Teknik Menyusui Posisi, Perlekatan Dan Keefektifan Menghisap - Studi Pada Ibu Menyusui Di Rsud Sidoarjo.

Hasriyana, Dina.2021. Efektivitas Metode Simulasi cara menyusui yang benar terhadap motivasi ibu dalam pemberian ASI.

Haulan S, Artha B, Karbito. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif Oleh Ibu Menyusui yang Bekerja Sebagai Tenaga Kesehatan.

Khrist, G, Josefa.2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Manyaran, Kecamatan Semarang Barat. Artikel Penelitian. Semarang: Program Pendidikan Sarjana Kedokteran. Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro.

Kemenkes RI. 2022. Profil Kesehatan Indonesia 2021. Jakarta: Kemenkes RI.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nursalam. 2011. Bedside Teaching In Undergraduate Medical Education : Issues, Strategies, And New Models For Better Preparation Of New Generation Doctors Permenkes (2010). Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Jasa Pelayanan Bidan Praktik Di Kabupaten Tasikmalaya (Skripsi). Tasikmalaya : Universitas Jendral Sudirman

Pollard Maria. 2017. ASI Asuhan Berbasis Bukti. pertama. dkk mario, editor. Jakarta; EGC.

Rini, S., & Kumala, F. (2017). Panduan Asuhan Nifas dan Evidence Based Practicel. Yogyakarta: CV. Budi utama.

Runjati, Syahniar Umar, dan Monica Ester. 2018. Kebidanan Teori dan Asuhan. Jakarta: EGC.

Siti Mulyani, Nina. 2013. Asi dan Pedoman Ibu Menyusui. Nuha Medika, Yogyakarta

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

UNICEF. (2020). Pekan Menyusui Dunia UNICEF dan WHO menyerukan Pemerintah dan Pemangku Kepentingan agar mendukung semua ibu menyusui di Indonesia selama COVID-19. Journal of Education, Pshycology and Counseling, 3 August 2020.www.unicef.org

Wahyuningsih, Sri. (2019). Buku Ajar Asuhan Keperawatan Post Partum Di Lengkapi Dengan Panduan Persiapan Praktikum Mahasiswa Keperawatan. Yogyakarta : Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Meilitha Carolina, Ayu Puspita, & Fransiska Widyawati. (2023). Efektivitas Bedside Teaching Teknik Menyusui Yang Benar Terhadap Keberhasilan Ibu Menyusui Di Ruang Nifas RSUD Kota Palangka Raya. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(2), 75–84. https://doi.org/10.55606/detector.v1i2.1477