HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU
Keywords:
Mahasiswa keperawatan, mekanisme koping, prestasi akademikAbstract
Mekanisme koping merupakan upaya individu yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan, salah satu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa yaitu stres akademik yang dapat berdampak pada stres akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan mekanisme koping dengan prestasi akademik pada mahasiswa. Metode: Desain penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 237 mahasiswa dengan teknik stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisis statistic berupa analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Pearson chi-square. Hasil: Hasil penelitian berdasarkan uji statistik Pearson chi-square ada hubungan antara mekanisme koping dengan prestasi akademik diketahui p-value < 0,05 dengan nilai p-value = 0,000 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan antara mekanisme koping dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau.
Downloads
References
Arizki, N. F. (2017). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Prestasi AkademikPada Mahasiswa Malaysia Tahap Akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Doctoral dissertation, Universitas Andalas)
Basith, et al., (2021). Academic stress and coping strategy: in relation to academic achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2).
Fakultas Keperawatan Buku Pedoman 2018/2019. (2018). Pekanbaru: SG Offset.
Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133
Goff, A. M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulnessin baccalaureate nursing students. International journal of nursing education scholarship, 8(1)
Hernawati, N. (2006). Tingkat stres dan strategi koping menghadapi stres pada mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama tahun akademik 2005/2006. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 11(2), 43-49
Ismiati, I. (2015). Problematika dan Coping Stres Mahasiswa Fakultas Dakwah
Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dalam Menyusun Skripsi. Jurnal
AlBayan : Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(2).
Jaliil, I. A., Dewi, Y. I.,& Wahyuni, S. (2020). Mekanisme koping dan prestasi
belajar mahasiswa yang ikut dan yang tidak ikut organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58-70.
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan
bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.
Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap
prestasi akademik mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan
Tinggi Indonesia), 1(1), 17-26.
Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan
teori.Jakarta: Salemba Medika.
Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019, November).
Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. In Prosiding Seminar
Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).
Purwanti, S. 2012. Tingkat stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi. Diakses pada tanggal 15 Juni 2022
Rachmah, D. N. (2013). Hubungan self efficacy, coping stress dan prestasi akademik. Jurnal ecopsy, 1(1), 7-14.
Rosyidah, I. (2020). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas keperawatan unhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).
Saputra, M.A. (2012). Analisis Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Diklat Produk
tif Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Studi Kasus di
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. Diakses pada
tanggal 08 Februari 2022
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Widowati, F. (2014). Penggunaan media ular tangga untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada tema hiburan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru
SekolahDasar.(1), 1-10.
Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan
Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres
Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan
Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 869-878.