HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU

Authors

  • Suci Maharani Universitas Riau
  • Didi Kurniawan Universitas Riau
  • Yesi Hasneli N Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/detector.v1i1.1089

Keywords:

Mahasiswa keperawatan, mekanisme koping, prestasi akademik

Abstract

Mekanisme koping merupakan upaya individu yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan dalam kehidupan, salah satu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa yaitu stres akademik yang dapat berdampak pada stres akademik. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan mekanisme koping dengan prestasi akademik pada mahasiswa. Metode: Desain penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 237 mahasiswa dengan teknik stratified random sampling. Alat ukur yang digunakan adalah lembar kuesioner. Analisis statistic berupa analisis univariat dan bivariat menggunakan uji Pearson chi-square. Hasil: Hasil penelitian berdasarkan uji statistik Pearson chi-square ada hubungan antara mekanisme koping dengan prestasi akademik  diketahui p-value < 0,05 dengan nilai p-value = 0,000 sehingga Ho ditolak. Kesimpulan: Ada hubungan antara mekanisme koping dengan prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Riau.

 

 

References

Arizki, N. F. (2017). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Prestasi AkademikPada Mahasiswa Malaysia Tahap Akademik Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Doctoral dissertation, Universitas Andalas)

Basith, et al., (2021). Academic stress and coping strategy: in relation to academic achievement. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(2).

Fakultas Keperawatan Buku Pedoman 2018/2019. (2018). Pekanbaru: SG Offset.

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133

Goff, A. M. (2011). Stressors, academic performance, and learned resourcefulnessin baccalaureate nursing students. International journal of nursing education scholarship, 8(1)

Hernawati, N. (2006). Tingkat stres dan strategi koping menghadapi stres pada mahasiswa Tingkat Persiapan Bersama tahun akademik 2005/2006. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 11(2), 43-49

Ismiati, I. (2015). Problematika dan Coping Stres Mahasiswa Fakultas Dakwah

Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry dalam Menyusun Skripsi. Jurnal

AlBayan : Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah, 21(2).

Jaliil, I. A., Dewi, Y. I.,& Wahyuni, S. (2020). Mekanisme koping dan prestasi

belajar mahasiswa yang ikut dan yang tidak ikut organisasi. Jurnal Ilmiah Ners Indonesia, 1(1), 58-70.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan

bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Manurung, T. M. S. (2017). Pengaruh motivasi dan perilaku belajar terhadap

prestasi akademik mahasiswa. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan

Tinggi Indonesia), 1(1), 17-26.

Nasir, A., & Muhith, A. (2011). Dasar-dasar keperawatan jiwa: pengantar dan

teori.Jakarta: Salemba Medika.

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Wulandari, H., & Feliana, F. (2019, November).

Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. In Prosiding Seminar

Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (pp. 142-149).

Purwanti, S. 2012. Tingkat stres Akademik pada Mahasiswa Reguler Angkatan

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Skripsi. Diakses pada tanggal 15 Juni 2022

Rachmah, D. N. (2013). Hubungan self efficacy, coping stress dan prestasi akademik. Jurnal ecopsy, 1(1), 7-14.

Rosyidah, I. (2020). Gambaran tingkat stres akademik mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas keperawatan unhas. Jurnal ABDI (Sosial, Budaya dan Sains), 2(1).

Saputra, M.A. (2012). Analisis Sistem Penilaian Hasil Belajar Mata Diklat Produk

tif Kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran (Studi Kasus di

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 6 Surakarta. Diakses pada

tanggal 08 Februari 2022

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Widowati, F. (2014). Penggunaan media ular tangga untuk meningkatkan hasil

belajar siswa pada tema hiburan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru

SekolahDasar.(1), 1-10.

Yunalia, E. M., Jayani, I., Suharto, I. P. S., & Susilowati, S. (2021). Kecerdasan

Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres

Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan

Perawat Nasional Indonesia, 9(4), 869-878.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Suci Maharani, Didi Kurniawan, & Yesi Hasneli N. (2023). HUBUNGAN MEKANISME KOPING DENGAN PRESTASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS RIAU. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 1(1), 72–83. https://doi.org/10.55606/detector.v1i1.1089