PENGARUH METODE DEBAT DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V SD N KECIPIR 01 BREBES

Authors

  • Amir Wati Universitas Muhadi Setiabudi
  • Moh.Toharudin Universitas Muhadi Setiabudi
  • Muamar Universitas Muhadi Setiabudi

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.324

Keywords:

Debate Method, Audio Visual Media And Speaking Ability

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode debat dan media audio visual terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SD N Kecipir 01 Brebes. Jenis penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen. Teknik pengumpulan data untuk metode debat dan media audio visual dilakukan dengan tes berupa tes lisan yang terdiri dari pretest dan posttest. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 48 siswa tetapi dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah siswa n sebanyak 24 siswa setiap kelas. Penelitian ini dianalisis menggunakan uji t. Adapun hasil yang diperoleh yaitu kelas eksperimen dan kontrol dari hasil uji t dengan menggunakan program SPSS 16, f signifikansi s < 0,05, dari hasil perhitungan diketahui signifikansi s 0,001 < 0,05 maka t dapat dikatakan ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga variabel metode debat dan media audio visual berpengaruh. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh metode debat dan media audio visual terhadap kemampuan berbicara siswa kelas V SD N Kecipir 01 Brebes.

References

Sari, F., Aryanti, D., & Sabri, T. (2021). Pengaruh Media Audiovisual terhadap Ketrampilan Berbicara. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(3), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/45826

Mulyani, . S. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Debat Dalam Proses Pembelajaran Bahasa nggris Pada Peserta Didik Kelas Vii C Smpn 4 Cianjur. Jurnal JOEPALLT (Journal of English Pedagogy, Linguistics, Literature, and Teaching), 6(1) [Online]. Avaible: https://doi.org/10.35194/jj.v6i1.255

Megawati, Haenilah, Y. E., & Supriyadi. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Debat Aktif Terhadap Keterampilan Berbicara Peserta Didik Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(9), 1–10.

Sembiring, S. B., Agung, A. A. G., & Antara, P. A. (2021). Media Audio Visual dengan Tema Lingkunganku Terhadap Keterampilan Berbicara Anak di Depan Umum. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 371[Online]. Available: https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40134.

Murahmanita, M., Nasrah, S., & Trisfayani, T. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Resensi Siswa Kelas Xi Smks Ulumuddin Lhokseumawe. KANDE Jurnal lmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra ndonesia, 1(1), 109 [Online]. Avalable: https://doi.org/10.29103/jk.v1i1.3407.

Winingsih Sari, Y. S. R., Mursalim, M., & hsan, . (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Debate terhadap Kecerdasan Emosional pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V SD npres 133 Bumi Ajo Distrik Moswaren. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(1), 32–39 [Online]. Available: https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i1.763

Pradana, R. H. (2020). ANALISIS HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur di Sekolah Dasar). Journal of Chemical nformation and Modeling, 53(9), 1689–1699 [Online]. Avalable: http://repository.unpas.ac.id/49728/

Widagada, . N. G. A. S. A., Suastika, . N., & Lasmawan, . W. (2020). MODEL PEMBELAJARAN DEBAT DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN PPKn SISWA KELAS VIIIa DI SMP NEGERI 6 Singaraja. Jurnal Media Komunikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 237–238 [Online]. Available : https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/JMPPPKn/article/view/152.

Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478 [Online]. Available : https://doi.org/10.26630/jk.v9i3.961

Purwono, J. dkk. (2018). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran lmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Downloads

Published

2022-08-27

How to Cite

Amir Wati, Moh.Toharudin, & Muamar. (2022). PENGARUH METODE DEBAT DAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS V SD N KECIPIR 01 BREBES. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 136–141. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i2.324

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.