DIKOTOMI ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Fatmawati Institut Agama Islam As'adiyah Sengkang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.191

Keywords:

Dikotomi, Pengetahuan, Filsafat, Islam

Abstract

Pendidikan pada mulanya tidak pernah memisahkan antara ilmu umum dengan ilmu agama, akan tetapi, semua ilmu, baik yang erat kaitannya dengan persoalan akhirat, maupun dunia, itu semua dikategorikan sebagai ilmu agama Islam secara tekstual terkesan memberikan justifikasi pemaknaan adanya pemetaan epistemologi ilmu pengetahuan, sebagaimana pemberian term kutub ilmu, yaitu qauliyah dan kauniyah, aqliyah dan naqliyah, ukhrawy dan duniawy, hushuly dan hudhury, dan sebagainya. Namun, Islam tidak memisahkan secara radikal kedua kutub ilmu tersebut justru saling terkait, yang qauliyah mewarnai kauniyah, naqliyah memberi inspirasi akliyah, dan seterusnya. Dikotomi ilmu pengetahuan bermula dari Barat karena faktor modernisasi yang bagian dari refleksi pemikiran yang humanism, pluralism, individualism, pragmatism, dan sekularism. filsafat pendidikan beriontasi pada ilahi, ilmu yang diperoleh manusia baik melalui nalarnya ataupun karena diperoleh dengan pengamatan pada lingkungan dan pengalaman yang dilaluinya harus disadari bahwa semuanya itu bersumber dari Allah SWT.

References

Alfiyah, A. (2018). Kajian Kitab Al Kasyaf Karya Zamakhsyari. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran dan Tafsir, 1(1), 56-65. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Alfurqon/article/view/206

Amaruddin, R. W. (2014). Corak Teologis-Filosofis Dalam Penafsiran Alqur’an. SYAHADAH: Jurnal Ilmu al-Qur'an dan Keislaman, 2(1).

Assyabani, R. (2020). Naturalisasi Filsafat Islam dalam Pemikiran al-Ghazali. Khazanah: Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 18(2), 243-260. http://dx.doi.org/10.18592/khazanah.v18i2.3563

Asyari, A., & Makruf, R. B. (2014). Dikotomi Pendidikan Islam: Akar Historis dan Dikotomisasi Ilmu. eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 1-17. https://doi.org/10.20414/elhikmah.v8i2.58

Bagir, H. (2017). Islam Tuhan Islam Manusia. Almizan.

Bashori, B. (2017). Paradigma Baru Pendidikan Islam (Konsep Pendidikan Hadhari). Jurnal Penelitian, 11(1), 141-174. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v11i1.2031

Bergtrom, G. (2011). Content vs. learning: An old dichotomy in science courses. Journal of Asynchronous Learning Networks, 15(1), 33-44. https://eric.ed.gov/?id=EJ918217

Burhanuddin, B. (2021). Filsafat Ilmu Pengetahuan Perspektif Ahmad Tafsir (Kajian Terhadap Buku Filsafat Ilmu Karya Ahmad Tafsir). JURNAL AL-IRSYAD, 1(1). http://dx.doi.org/10.24127/att.v1i01.336

Duryat, H. M. (2021). Paradigma Pendidikan Islam: Upaya Penguatan Pendidikan Agama Islam di Institusi yang Bermutu dan Berdaya Saing. Penerbit Alfabeta.

Fadli, M. R. (2020). Tinjauan Historis: Pemikiran Hukum Islam Pada Masa Tabi’in (Imam Hanafi, Imam Malik, Imam Syafi’i Dan Imam Hanbali) Dalam Istinbat Al-Ahkam. Jurnal Tamaddun: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan Islam, 8(1).

Fardiana, I. U. (2017). Integralisme Ilmu Dalam Islam (Sejarah Perkembangan Dan Klasifikasi). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 9(01), 1-22.

Fathorrahman, F. (2019). Konsep Fitrah Dalam Pendidikan Islam. Tafhim Al-'Ilmi, 11(1), 34-46. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i1.3553

George, M. W. (2008). The elements of library research. Princeton University Press.

Hamzah, A. R. (2017). Konsep Pendidikan Dalam Islam Perspektif Ahmad Tafsir. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(01).

Handayani, A. B., & Suyadi, S. (2019). Relevansi konsep akal bertingkat Ibnu Sina dalam pendidikan Islam di era milenial. Ta'dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 222-240. http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.2034

Hasyim, M., & Qadir, A. (2019). Integralisasi Ilmu Pengetahuan Upaya Konversi IAIN menjadi UIN. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 141-155. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.69

Intan, S. (2018). Kontribusi Dinasti Abbasiyah Bidang Ilmu Pengetahuan. Rihlah: Jurnal Sejarah dan Kebudayaan, 6(2), 166-177. https://doi.org/10.24252/rihlah.v6i2.6911

Iqbal, M. (2022). Dikotomi Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Almuslim, 1(1), 11-18. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jpips/article/view/783

Jurdi, S. (2014). Sosiologi Islam & Masyarakat Modern. Prenada Media.

Kartanegara, M. (2007). Nalar Religius: Memahami Hakikat Tuhan, Alam, dan Manusia. Erlangga.

Kriyantono, R. (2019). Pengantar Lengkap Ilmu Komunikasi Filsafat dan Etika Ilmunya Serta Perspekfif Islam. Prenada Media.

Mahmud, A. (2019). Jejak Pemikiran Al-Ghazali dan Ibnu Rusyd dalam Perkembangan Teologi Islam. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 13(2), 183-198. https://doi.org/10.24252/sulesana.v13i2.13406

Maksum, I. (2020). Konsep Kecerdasan Menurut Al-Quran. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(02), 4-24. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/ifkar/article/view/4297

Mudlofir, A. (2011). Tafsir Tarbawi Sebagai Paradigma Qur'ani dalam Reformulasi Pendidikan Islam. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 11(2), 261-279. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i2.35

Muliati, M. (2016). Al-ghazali dan kritiknya terhadap filosof. Aqidah-Ta: Jurnal Ilmu Aqidah, 2(2), 77-86. https://doi.org/10.24252/aqidahta.v2i2.3436

Mugiyono, M. (2013). Perkembangan Pemikiran Dan Peradaban Islam Dalam Perspektif Sejarah. Jurnal Ilmu Agama: Mengkaji Doktrin, Pemikiran, dan Fenomena Agama, 14(1), 1-20. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/JIA/article/view/457

Muqoyyidin, A. W. (2013). Pembaruan Pendidikan Islam Menurut Muhammad Abduh. Jurnal Pendidikan Islam, 28(2), 287-306. https://doi.org/10.15575/jpi.v28i2.549

Mustaqim, M. (2015). Pengilmuan islam dan Problem dikotomi Pendidikan. Jurnal Penelitian, 9(2), 255-274. http://dx.doi.org/10.21043/jupe.v9i2.1321

Nata, A. (2018). Islam dan ilmu pengetahuan. Prenada Media.

Nor, M. R. M., & Malim, M. (2014). Revisiting Islamic education: the case of Indonesia. Journal for Multicultural Education. https://doi.org/10.1108/JME-05-2014-0019

Rachman, P. (2020). Implikasi Konsep Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi. HUMANISTIKA: Jurnal Keislaman, 6(2), 154-170. https://doi.org/10.55210/humanistika.v6i2.369

Rijal, S. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan Perspektif Ismail Raji Al-Faruqi dan Implikasinya dalam Pendidikan. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 4(2), 1-14. https://doi.org/10.31102/ahsana..4.2.2018.1-14

Roy, R. (2002). Religion/technology, not theology/science, as the defining dichotomy. Zygon®, 37(3), 667-676. https://doi.org/10.1111/1467-9744.00444

Septiana, N. (2020). Kajian Terhadap Pemikiran Ismail Raji Al-Faruqi Tentang Islamisasi Sains. JIE (Journal of Islamic Education), 5(1), 20-34. https://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/166

Tabrani, Z. A. (2013). Modernisasi Pengembangan Pendidikan Islam (Suatu Telaah Epistemologi Pendidikan). Serambi Tarbawi, 1(1). https://doi.org/10.32672/tarbawi.v1i1.1200

Tamami, B. (2019). Dikotomi pendidikan Agama Islam dan pendidikan umum di Indonesia. TARLIM: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 85-96. https://doi.org/10.32528/tarlim.v2i1.2073

Tambak, S. (2015). Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(2), 182-199. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1458

Tolchah, H. M. (2015). Dinamika Pendidikan Islam Pasca Orde Baru: Pendidikan. LKiS Pelangi Aksara.

Wafa, A., & Hadi, N. (2020). Dikotomi Ilmu Pengetahuan Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Islam. AHSANA MEDIA: Jurnal Pemikiran, Pendidikan dan Penelitian Ke-Islaman, 6(1), 41-50. https://doi.org/10.31102/ahsana..6.1.2020.41-50

Wahid, A. (2014). Dikotomi Ilmu Pengetahuan. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(2). http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/215

Wahyuni, F. (2018). Islamisasi Ilmu Pengetahuan (Upaya Mengurai Dikotomi Ilmu Pengetahuan dalam Islam). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02). https://doi.org/10.5281/zenodo.3559251

Wahyuningsih, S. (2021). Sejarah Perkembangan Filsafat Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 82-99. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/54

Widiawati, N. (2020). Pluralisme Metodologi: Diskursus sains, filsafat, dan tasawuf. Edu Publisher.

Winarti, D., & Khusnah, D. (2021). Kajian Filosofis Konsep Epistemologi Dan Aksiologi Pendidikan Islam. Journal of Islamic Civilization, 3(1), 34-47. https://doi.org/10.33086/jic.v3i1.2135

Wiyono, D. F. (2018). Dimensi Humanisme Teosentris Pendidikan Islam: Tinjauan Mazhab Filsafat Pendidikan Islam Peripatetik, Iluminasi, dan Sufi. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/1883

Yogiswari, K. S. (2021). Konsep Ketuhanan dalam Filsafat Erich Fromm (1900-1980). Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 12(1), 13-27.

Yusuf, M., Said, M., & Hajir, M. (2021). Dikotomi Pendidikan Islam (Penyebab dan Solusinya): Penyebab dan Solusinya. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 12-19. http://www.ejournal-bacaka.org/index.php/jpai/article/view/8

Zain, A. (2017). Konsep al-qur’an Terhadap dikotomi ilmu pengetahuan. Al Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(02), 259-274. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3152

Downloads

Published

2022-04-04

How to Cite

Fatmawati. (2022). DIKOTOMI ILMU PENGETAHUAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 76–87. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.191

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.