PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDK 093 MAUMERE IV

Authors

  • Antonia Lewe SDK 093 Maumere IV

DOI:

https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.111

Keywords:

motivasi belajar, Pendidikan Agama Katolik, kooperatif tipe jigsaw.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar pendidikan agama katolik melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas VI SDK 093 Maumere IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran tergolong dalam kategori sangat baik dan mampu memicu keterlibatan siswa secara maksimal dalam proses pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajarnya. Hasil belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran. Hasil belajar siswa meningkat karena siswa sangat antusias dan berpartisipasi aktif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

References

Arikunto, S. Suhardjono, Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Abdullah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Word Square untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PKN Kelas V SDN Pengawu. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 4, (11), 272-279

Diro, O.A. (2018). Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melaluli Strategi Pembelajaran Word Square Siswa Kelas V A SD Inpres Iligetang. Skripsi (tidak diterbitkan). Maumere: Universitas Nusa Nipa.

Depdiknas. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta:

_________. 2007. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI.

Jakarta: BNSP.

Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.,

Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaong Pustaka.

Marpaung. Y. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Matematika (Model-model Pembelajaran). Jakarta: Depdiknas.

S, M & Mole. P. N. 2021. Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dengan Materi Ekositem Kelas X SMA. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Universitas Bumi Hijrah. Vol. 7, No. 5. Doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5595362

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Suciati, 2005, Belajar dan Pembelajaran 2, Jakarta, Universitas Terbuka Depdiknas.

Sekretariat KWI, 1991, Kitab Hukum Kanonik, Jakarta Penerbit Obor.

Telaumbanua, Marinus, Dr, OOFMCap, 1999, Ilmu Kateketik Hakekat, Metode, dan Peserta Katekese Gerejawi, Jakarta, Penerbit Obor.

Downloads

Published

2022-04-15

How to Cite

Antonia Lewe. (2022). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VI SDK 093 MAUMERE IV. SOKO GURU: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.55606/sokoguru.v2i1.111

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.