ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA PEKAN TANJUNG BERINGIN KECAMATAN TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Authors

  • Mega Faradilla Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Julianto Hutasuhut Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.272

Keywords:

Strategi Pemasaran, Budidaya Ikan Lele, Tanjung Beringin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran ikan lele yang dilaksanakn pelaku usaha di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jenis penelitian yang digunakan yaitu  deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis SWOT. Objek penelitian ini adalah pengusaha ikan lele yang ada di Desa Pekan Tanjung Beringin. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran yang dilakukan pelaku usaha telah menerapkan strategi bauran pemasaran 4P (marketing mix) dalam memasarkan produknya. (2) Berdasarkan hasil perhitungan terhadap matriks IE dan matriks SWOT, faktor strategi internal sebesar 2,79 dan faktor strategi eksternal sebesar 2,88.  Nilai ini menunjukkan posisi pemasaran usaha budidaya ikan lele di Desa Pekan Tanjung Beringin berada pada Kuadran V(ke-5), artinya berada pada posisi fase pertumbuhan dan stabilitas. Dalam hal ini implementasi pengembangan strategi terbaik yang dapat dilakukan meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar serta melakukan diversifikasi produk olahan ikan lele.

References

Craig and Grant (2016). Manajemen Strategi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

David, Fred, R. (2017). Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Fitriyah dkk (2021). Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Ikan Lele Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. E-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen. Fakultas Ekonomi Unisma. Diakses: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/4461/3991.

Izza, Y. 2021. Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Ikan Lele Di Desa Tibona Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba. Skripsi. Diakses: http://repository.iaimsinjai.ac.id/id/eprint/636/

Kottler, P. dan Keller, L.K. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. Amstrong, G.2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prantice Hall.

Kotler, P. Amstrong, G. (2014). Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Novianti, R.K., Roz, Kenny, Sa’diyah, Chalimatuz (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

Mega Faradilla, & Julianto Hutasuhut. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA BUDIDAYA IKAN LELE DI DESA PEKAN TANJUNG BERINGIN KECAMATAN TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 85–97. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.272

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.