PENGARUH REWARD DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT.PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MAKASSAR UTARA

Authors

  • Rayana Rayana Universitas Negeri Makassar
  • Zainal Ruma Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin Universitas Negeri Makassar
  • Agung Widhi Kurniawan Universitas Negeri Makassar
  • Uhud Darmawan Natsir Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.512

Keywords:

Disiplin Kerja, Komitmen Organisasi, Reward.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah reward dan komitmen organisasi mempengaruhi disiplin kerja karyawan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 68 karyawan di PT. PLN (Persero) UP3 Makassar Utara. Kemudian Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan Statistical Product and Servise Solution (SPSS) V.25.

 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel reward (X1) dan komitmen organisasi (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap disiplin kerja dan variabel reward (X1)memiliki pengaruh positif dan signifikan yang lebih besar dibandingkan dengan komitmen organisasi (X2). Secara simultan kedua variabel bebas reward (X1) dan komitmen organisasi (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikat yakni disiplin kerja(Y).

References

Andhika, R., & Pane, D. N. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi dan Pengawasan terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT Artha Gita Sejahtera Medan. Jurnal Manajemen Tools, 9(1). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S0121-75772018000200067&lng=en&tlng=

Anwar, & Dunija, T. (2016). Pengaruh Sistem Reward dan Punishment terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Karyawan PT. Tunggal Perkasa Plantation-3 Kecamatan Sampoiniet Kabupaten Aceh Jaya. Serambi Akademica, 4(1), 28–36.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Arlynsky, A. (2019). Pengaruh Reward dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Cinemaxx Global Pasifik Medan. Universitas Pembangunan Panca Budi.

Cahaya, N., & Rahma, T. I. F. (2021). Peran Disiplin Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8253–8261.

Dianriasning, E. (2018). Perbedaan Intensi Turnover Ditinjau Dari Masa Kerja Dengan Mengendalikan Adversity Quotient Di Perusahaan “ X .” Jurnal Psikologi Ilmiah, 10(2), 123–133.

Fahmi, I. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori dan Aplikasi. Alfabeta.

Irham, F. (2016). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia (pertama). Mitra Wacana Media.

Istijanto. (2008). Riset Sumber Daya Manusia: Cara Praktis Mendeteksi Dimensi-Dimensi Kerja Karyawan (ketiga). Gramedia Pustaka Utama.

Kristanto. (2013). Perancangan Sistem informasi dan aplikasinya. Gava Media.

Pradhan, R. K., & Jena, L. K. (2017). Employee Performance at Workplace: Conceptual Model and Empirical Validation. Business Perspectives and Research, 5(1), 69–85. https://doi.org/10.1177/2278533716671630

Pramesti, R. A., Sambul, S. A. P., & Rumawas, W. (2019). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan KFC Artha Gading. 9(1), 57–63.

Purnomo, S. (2021). Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Disiplin Kerja Karyawan Pada PT Dwida Jaya Tama. Jurnal Ilmiah Perkusi (Pemasaran, Keuangan Dan Sumber Daya Manusia, 1(4), 540. https://doi.org/10.32493/j.perkusi.v1i4.13394

Qamaruddin, M. Y., Risal, M., & Sudarman, H. (2021). Motivasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Disiplin Kerja Pagawai Aparat Sipil Negara (ASN). JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(1), 102. https://doi.org/10.32493/jjsdm.v5i1.13146

Rahadianto, B. I., Riyadi, S., & Nugroho, R. (2022). Effect of Organizational Commitment, Safety Occupational Health, on Work Discipline and Employee Performance at PT. Elnusa Petrofin Integrated Terminal Makassar. Indonesian Journal of Multidisciplinary Science, 1(6), 574–578.

Reni Fatmiya Utami. (2019). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Kedisiplinan Karyawan Pada PT. Lotte Mart Panakkukang. 1–25.

Ridwan, M., & Sandi, H. E. (2019). Pengaruh Interaksi Antara Total Quality Management Dengan Sistem Penghargaan, Komitmen Organisasi Dan Sistem Pengukuran Kinerja Terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Otomotif Dan Komponen Di Kota Jambi). Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 8(1), 13–28. https://doi.org/10.22437/jmk.v8i1.6931

Saputri, W. P. (2018). Pengaruh Komitmen Organisasi terhadap Disiplin Kerja pada Karyawan Tetap Swalayan Laksana Baru Majenang Kabupaten Cilacap. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Sari, M., Fatkhatul Masruroh, & Nugroho, J. T. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang. 02(02), 36–51.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif (1st ed.). Graha Ilmu.

Sembiring, M. B., Sitepu, I. U. B., & Hutasoit, P. Y. (2021). Pengaruh Reward and Punishment terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT Fajar Baru Sukses Kabanjahe. Jurnal Agroteknosains, 5(2).

Sugianto, A., Firdaus, M. A., Rinda, R. T., & Maulana, H. (2021). Pengaruh Reward dan Punishment terhadap Disiplin Kerja Karyawan pada PT. Astra Otoparts Tbk. Divisi Adiwira Plastik. 4(4), 493–500.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (19th ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.

Sutrisno, E. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pranada Media Grup.

Tsauri, S. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. In STAIN Jember Press (Vol. 35, Issue 17).

Downloads

Published

2022-10-12

How to Cite

Rayana Rayana, Zainal Ruma, Muhammad Ilham Wardhana Haeruddin, Agung Widhi Kurniawan, & Uhud Darmawan Natsir. (2022). PENGARUH REWARD DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PADA PT.PLN (PERSERO) UNIT PELAKSANA PELAYANAN PELANGGAN (UP3) MAKASSAR UTARA. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 189–203. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.512