PENGARUH EKUITAS MEREK DAN STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK PT HALIMJAYA SAKTI MEDAN

Authors

  • Edy Edy STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Tony Tony STIE Professional Manajemen College Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.501

Keywords:

Ekuitas Merek, Strategi Penetapan Harga, Keputusan Pembelian Konsumen.

Abstract

Ekuitas Merek belum kuat sehingga banyak calon konsumen yang kurang mengetahui produk alas kaki yang diproduksi oleh PT Halimjaya Sakti Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek dan strategi penetapan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk PT Halimjaya Sakti Medan. PT Halimjaya Sakti Medan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang alas kaki.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif untuk mengolah data dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Medan yang berjumlah 2.247.425 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 pelanggan. Kuesioner disebarkan kepada 100 konsumen PT Halimjaya Sakti Medan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran daftar pernyataan dengan menggunakan kuesioner, studi dokumentasi, studi pustaka. Kuesioner ini menggunakan metode Skala Likert dengan cara checklist. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ekuitas merek dan strategi harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk PT Halimjaya Sakti Medan dan secara parsial variabel ekuitas merek tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dan secara parsial variabel strategi harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Halimjaya Sakti Medan produk.

References

Aaker, David A. 2017. Manajemen Ekuitas Merek. Cetakan Pertama. Jakarta: Mitra Utama.

Abdullah, Thamrin dan Tantri Francis. 2014. Manajemen Pemasaran. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Abdurrahman, Nana Herdiana. 2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: CV Pustaka Setia.

Assauri, Sofjan. 2018. Manajemen Bisnis Pemasaran. Cetakan Pertama. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Fadil, Zaki dan Priyo Utama. 2015. Teknik Marketing Itu Mudah. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Second Hope.

Fahmi, Irham. 2016. Perilaku Konsumen Teori dan Aplikasi. Bandung: CV Alfabeta.

Faizal, Dadan, 2015. Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ugama di kota Cimahi. Skripsi. Cimahi: Universitas Widyatama.

Gani, Irwan dan Siti Amalia. 2015. Alat Analisis Data ; Aplikasi Statistik untuk Penelitian Bidang Ekonomi dan Sosial. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Edisi 7. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan, Ali. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Jatmika, Moh. Anshori Satria. 2017. Pengaruh Harga dan Celebrity Endoser Christiano Ronaldo Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sepakbola Nike di Planet Sport Tuntungan Plaza Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Juhari. 2015. Analisis Produk dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Sepatu Bola Merek Adidas. Skripsi. Pangkalpinang: STIE Pertiba Pangkalpinang.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas Jilid 2.

Kurniawan, Arief Rakhman. 2014. Total Marketing. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Kobis.

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung: CV Alfabeta.

Marwanto, Aris. 2015. Marketing Sukses. Yogyakarta: Kobis.

Nitisusastro, Mulyadi. 2013. Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: CV Alfabeta.

Purwanto, Erwan Agus dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Santoso, Singgih. 2018. Menguasai Statistik Dengan SPSS 25. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Cetakan Pertama. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan Ke-23. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sujarweni, V. Wiratna. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustakabarupress.

Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Pemasaran. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Thoifah, I’anatut. 2016. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang: Madani.

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Edy Edy, & Tony Tony. (2022). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN STRATEGI PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK PT HALIMJAYA SAKTI MEDAN. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 164–175. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.501