PENGARUH KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. INTERNUSA TRIBUANA CITRA MULTI FINANCE CABANG MEDAN

Authors

  • Muhammad Hardi STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Henry Jirwanto STIE Professional Manajemen College Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.500

Keywords:

Keselamatan Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja.

Abstract

Perusahaan pembiayaan merupakan perusahaan yang memberikan pinjaman dana kepada calon debitur dengan jaminan tertentu seperti halnya PT. Internusa Tribuana Citra Multi Finance Cabang Medan. Dalam bisnis ini sering kali dana perusahaan tertanam karena debitur yang menunggak. Oleh karena itu pihak perusahaan mempunyai petugas lapangan yang berfungsi untuk melakukan penagihan ke rumah debitur serta melakukan penarikan atas unit pembiayaan yang sudah melewati batas wajar dari waktu pembayaran. Pelaksanaan aktivitas penagihan yang dilakukan pasti berhubungan dengan keselamatan kerja setiap petugas lapangan. Permasalahan keselamatan kerja seperti pemukulan yang dialami petugas lapangan berdampak pada pelaksanaan penagihan yang dilakukan. Hal ini mengakibatkan proses penagihan menjadi kurang maksimal karena petugas merasa was-was akan keselamatannya. Selain itu lingkungan kerja juga berdampak pada kinerja karyawan, seperti kurangnya ruangan kerja yang membuat karyawan tidak leluasa dalam bekerja, hubungan yang kurang baik mempengaruhi proses komunikasi dalam pengambilan keputusan serta pengarsipan dokumen yang tidak rapi akan mempengaruhi proses pencarian dokumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keselamatan kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Internusa Tribuana Citra Multi Finance Cabang Medan.

Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 51 orang yang merupakan karyawan PT. ITC Multi Finance Cabang Medan dan juga sebagai responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Variabel diukur dengan skala Likert. Model analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis adalah analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak bahwa keselamatan kerja dan lingkungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan PT. Internusa Tribuana Citra Multi Finance Cabang Medan, dan secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja.

References

Afandi, Pandi. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Teori, Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Ambarsari, Liana. 2015. Pengaruh Lingkungan Kerja dan Keselamatan Kesehatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Total Bangun Persada Tbk., Jakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

http://eprints.ums.ac.id/37048/22/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [ diakses tanggal 10 Januari 2019].

Amir, Mohammad, Faisal. 2015. Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan Konsep dan Penilaian Kinerja di Perusahaan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Aji, Haris Abiparaya. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja, Stress Kerja, dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada PT. Rosalia Indah Solo). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

http://eprints.ums.ac.id/57911/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf [diakses tanggal 10 Januari 2019].

Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bintoro dan Daryanto. 2017. Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Gava Media.

Darodjat, Tubagus, Achmad. 2015. Konsep-konsep Dasaar MANAJEMEN PERSONALIA – Masa Kini. Cetakan Kesatu. Bandung: PT. Refika Aditama.

Edison, Emron., Yohny Anwar dan Imas Komariyah. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi dan Perubahan dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pegawai dan Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Elmi, Farida. 2018. Telisik Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Fahmi, Irham. 2018. Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi Bandung: Alfabeta.

Gaol, Jimmy, L. 2015. A to Z Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia, Konsep, Teori, dan Pengembangan dalam Konteks Organisasi Publik dan Bisnis. Cetakan Kedua. Jakarta: PT. Grasindo Anggota Ikapi.

Hamali, Arif, Yusuf. 2018. Pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Mengelola Karyawan. Cetakan Ketiga. Edisi Pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Hikmawati, Fenti. 2017. Metodologi Penelitian. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Cetakan Kedua. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Laksmi., Fuad Gani, dan Budiantoro. 2016. Manajemen Perkantoran Modern. Cetakan ke-2. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Lubis, Yusniar., Bambang Hermanto, dan Emron Edison. 2018. Manajemen dan Riset Sumbar Daya Manusia. Bandung : Alfabeta.

Maryati. 2014. Meningkatkan Keunggulan Perusahaan Melalui Manajemen Perkantoran Efektif. Edisi Kedua. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mubarok, E. Saefuddin. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Pengantar Keunggulan Bersaing. Bogor: In Media.

Mulyadi. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). Bogor: In Media.

Pandoyo dan Moh. Sofyan. 2018. Metodologi Penelitian Keuangan dan Bisnis. Cetakan Pertama. Bogor : In Media.

Prihantoro, Agung. 2015. Peningkatan Kinerja Sumber Daya Manusia Melalui Motivasi, Disiplin, Lingkungan Kerja, dan Komitmen. Yogyakarta: Deepublish.

Priyatno, Duwi. 2014. SPSS 22 : Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta : C.V Andi Offset.

Ricardianto, Prasadja. 2018. Human Capital Management. Bogor: In Media.

Sedarmayanti. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Cetakan Kesembilan. Bandung: PT. Refika Aditama.

. 2016. Manajemen Strategi. Cetakan Kedua. Bandung: PT. Refika Aditama.

Silalahi, Ulber. 2018. Metodologi Analisis Data dan Interpretasi Hasil.Cetakan Kesatu. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sinambela, Lijan, Poltak. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia, Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Siregar, Syofian. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Edisi pertama. Jakarta : Kencana.

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok: PT. RajaGrafindo Persada.

Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni,V. Wiratna. 2014. SPSS untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. 2013. Teori, Kuisioner, dan Analisis Data Sumber Daya Manusia (Praktik Penelitian). Cetakan Kedua. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Supomo, R dan Eti Nurhayati. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Suprapto, Haddy. 2017. Metodologi Penelitian Untuk Karya Ilmiah. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2017. Metodologi Penelitian Sosial Edisi Ketiga. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja. Cetakan ke-10. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Wihara, Dhiyan Septa. 2017. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bank Daerah Kota Madiun). Universitas Nusantara PGRI Kediri.

http://journal.widyamanggala.ac.id/index.php/jurnalaset/issue/download/3/19_1_2 [diakses tanggal 10 Januari 2019].

Wirawan. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Indonesia, Teori, Psikologi, Hukum, Ketenagakerjaan, Aplikasi dan Penelitian Aplikasi dalam Organisasi Bisnis, Pemerintahan dan Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Yuandar, Esti dan R. Topan Aditya Rahman. 2017. Metodologi Penelitian dan Statistika. Bogor : In Media.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Muhammad Hardi, & Henry Jirwanto. (2022). PENGARUH KESELAMATAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. INTERNUSA TRIBUANA CITRA MULTI FINANCE CABANG MEDAN. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 149–163. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.500