Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020)

Authors

  • Risma Nur Halizah Universitas Islam Kadiri
  • Umi Nadhiroh Universitas Islam Kadiri
  • Heru Sutapa Universitas Islam Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.452

Keywords:

Profitabilitas, Struktur Modal, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahan.

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi membuat investor tertarik untuk menanamkan modalnya pada perusahaan. Nilai perusahaan yang tinggi dapat dipengaruhi oleh kinerja keuangan perusahaan seperti profitabilitas, struktur modal dan kebijakan dividen. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan struktur modal terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasinya adalah 86 perusahaan sektor industri dasar dan kimia. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan sampel sebanyak 48 laporan keuangan perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI periode 2019-2020. Analisis menggunakan regresi linier berganda dan MRA (Moderated Regression Analysis) dengan menggunakan SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel profitabilitas dan struktur modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen secara signifikan mampu memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, kebijakan dividen tidak signifikan dan tidak mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap nilai perusahaan.

Downloads

Published

2022-09-27

How to Cite

Risma Nur Halizah, Umi Nadhiroh, & Heru Sutapa. (2022). Pengaruh Profitabilitas dan Struktur Modal terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Dividen sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2020). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 1(3), 85–97. https://doi.org/10.55606/jupiman.v1i3.452