Analisis Pengelolaan Keuangan (Studi Analisis Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Pada Kaka Cake Jambi)

Authors

  • Desi Melawati Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • As'ad Isma Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Ahmad Syahrizal Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1351

Keywords:

Pengelolaan Keuangan, Metode Target Costing, Kaka Cake Jambi

Abstract

. Penelitian ini berjudul Analisis Pengelolaan Keuangan (Studi Analisis Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Pada Kaka Cake Kota Jambi). Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pengelolaan usaha Kaka Cake Jambi secara garis besar terdiri dari manajemen produk, harga, pemasaran dan rincian pendapatan usaha Kaka Cake Jambi. Dalam hal produk, sebagian besar produk yang dihasilkan oleh Kaka Cake Jambi adalah dessert box dengan 20 varian rasa. Adapun harga produk kue Kaka Cake Jambi berkisar antara Rp.29.000 - Rp.38.000. Sementara promosi yang dilakukan oleh Kaka Cake Jambi adalah dengan melalui media sosial seperti, facebook, instragam dan marketplace yang nantinya masyarakat luas akan bisa menemukan produk dengan mudah. Dalam satu bulan, pendapatan Ibu Yolanda dari usaha Kaka Cake ini mencapai kurang lebih 200 juta per bulan, dengan keuntungan per bulan sebesar 40 juta samapai 60 juta per bulan. (2) Metode target costing yang diterapkan pada pembuatan Dessert Box Kaka Cake Jambi dalam menentukan harga jual dessert box tersebut, pihak Kaka Cake menerapkan pinsip penetapan harga dengan cara melihat harga pasar dan daya beli dari konsumen untuk menentukan harga jual dari dessert box tersebut. Pada tahap menentuan target laba ini, pihak Kaka Cake Jambi menargetkan laba sebesar kurang lebih 100% dari biaya produksi. Kaka Cake menargetkan laba sebesar Rp.10.000 hingga Rp.20.000 untuk setiap varian dessert box yang di produksi. Dengan target laba tersebut, maka pihak Kaka Cake Jambi harus menentukan target biaya sesuai dengan terget laba yang ingin diperoleh. Sementara target biaya maksimal yang perlu dikeluarkan oleh pihak Kaka Cake Jambi untuk dessert box varian Cheese Krunchy adalah sebesar Rp.10.000, pihak Kaka Cake bisa meminimalisir biaya agar keuntungan lebih maksimal atau lebih dari Rp.19.000. (3) Metode target costing yang diterapkan oleh Kaka Cake dalam produksi dessert box, cukup efektif dalam mendapatkan tingkat keuntungan yang opimal. Dikatakan cukup efektif karena keuntungan yang diperoleh tidak mencapai 100% dari biaya produksi sebagaimana target laba yang ditargetkan, hal tersebut disebabkan karena adanya biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan oleh Kaka Cake Jambi sebesar Rp.17.200.000 per bulan untuk 9 orang pegawai.

References

Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta, 2007.

BPS Provinsi Jambi. Potensi Usaha Mikro Kecil Provinsi Jambi, Jambi: BPS Provinsi Jambi.

Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Surabaya: Mekar, 2004.

Diyana, Ita Yustian Free. Analisis Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, 2017.

Fahmi, Irham. Pengantar Manajemen Keuangan Teori Dan Soal Jawab, Bandung: Alfabeta, 2016.

Giyarsih, Juli Nurhidayati. Penerapan Target Costing dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada CV. Yuli Putra Jakarta Selatan, Jakarta: Perbanas, 2016.

Hauri, Rini Febriani. Kuliner Khas Jambi, Sedap Nian Oi, Jakarta: Kemendikbud, 2018.

Husnan, Suad. Manajemen Keuangan, Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2013.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo, 2002.

LPPOM MUI Provinsi Jambi. Daftar Produk Lokal Yang Telah Disertifikasi Halal, Jambi LPPOM Jambi, 2015.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.

Rudianto. Akuntansi Manajemen, Jakarta: Erlangga, 2013.

Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifuddin. Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju, 2002.

Sobana, H. Dadang Husen. Manajemen Keuangan Syari’ah, Bandung: Pustaka Setia, 2017.

Subagyo, Joko. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2018.

Suwardjono. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, Yogyakarta: BPFE, 2008.

Jurnal

Arifin, Nurul Iksan dkk. “Analisis Target Costing Dalam Upaya Pengurangan Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Kotor Pada Mandala Bakery,” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Vol. 16, No. 03, 2016.

Astiwara, Rikza Eka. Implementasi Bauran Pemasaran Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Mutiara Cake (Studi kasus pada UMKM “Mutiara Cake” di Desa Tlogomulyo Kec. Gubug Kabupaten Grobogan), Semarang: Universitas Semarang, 2019.

Hasrina, Yunita. “Analisis Pengelolaan Keuangan Rural Infrastucture Support Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (RIS-PNPM) di Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) Kecamatan Tuah Negeri Kabupaten Musi Rawas,” Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya, Vol. 13, No.4, 2015.

Indriani, Cynthia dkk. “Analisis Penerapan Target Costing dalam Perencanaan Biaya Produksi untuk Peningkatan Laba pada UKM Hidup Baru Steel Tahun 2017,” Jurnal Online Mahasiswa (JUM), Vol. 6, No. 4, 2019.

Juwita, Rukmi dan Satria, Muhammad Rizal. “Penerapan Target Costing Dalam upaya Efesiensi Biaya Produksi Untuk Peningkatan Laba Produk,” Jurnal Kajian Akuntansi, Vol. 1, No. 2, 2017.

Khasanah, Roisatul dkk. “Analisis Penerapan Metode Target Costing dalam Upaya Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi untuk Memaksimalkan Laba,” Ekonomi-Akuntansi, Vol. 3, No. 1, 2017.

Mait, Febriani Hilkia dkk. “Analisis Strategi Marketing Mix Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Umkm Pabrik Roti Nabila Bakery Manado,” Jurnal EMBA, Vol.10 No.1, 2022.

Novitawaty, Tria. Pengukuran Kinerja Usaha Kecil Menegah Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada UKM bakery Pitaloka), Yogyakarta: UII, 2016.

Purwaningsari, Tiah Mukti. Analisis penentuan harga jual berbasis target costing: Studi kasus pada CV Khatara Konstruksi Kraksaan Probolinggo, Malang: UIN Malang, 2015.

Rahmatulloh, Citra Khaira. “Analisis Penerapan Target Costing Untuk Meningkatkan Laba Perusahaan (Study Kasus Pada CV Onderhound Company Shoesh And Leather),” Prosiding Akuntansi, Gel. 2, 2014-2015.

Rahmi, Nofita Hidayatul. Strategi Pemasaran Pada Usaha Kue Haii Dalam Mempertahankan Penjualan Di Tengah Pendemi Covid 19, Batusangkar: IAIN Batusangkar, 2021.

Internet

Emeria, Damiana Cut. “Duh! Mau Lebaran, Harga Terigu Naik Rp1.000 sejak Desember,”diakses melalui alamat https://www.cnbcindonesia.com/news/.

Sultan, Azhari. “Jelang Nataru, Harga Telur di Jambi Melambung Tinggi,” diakses melalui alamat https://www.idxchannel.com/economics/jelang-nataru-harga-telur-di-jambi-melambung-tinggi.

Wahyudi, Nyoman Ary. “Melejit, Harga Minyak Goreng Kemasan Naik 73 persen setahun Terakhir,” diakses melalui alamat

https://ekonomi.bisnis.com/read/20220413/12/1522723/melejit-harga-minyak-goreng-kemasan-naik-73-persen-setahun-terakhir

Downloads

Published

2023-03-10

How to Cite

Desi Melawati, As’ad Isma, & Ahmad Syahrizal. (2023). Analisis Pengelolaan Keuangan (Studi Analisis Target Costing Dalam Meningkatkan Laba Pada Kaka Cake Jambi). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 248–266. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1351