Pengaruh Faktor Sertifikasi Guru dan Tunjangan Profesi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan

Authors

  • Alfiani Sakinah Radjaloa Universitas Khairun, Ternate
  • Syahril Muhammad Universitas Khairun, Ternate
  • Ade Haerullah Universitas Khairun, Ternate

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1169

Keywords:

Sertifikasi guru, Tunjangan profesi, Kinerja guru

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja guru setelah memperoleh tunjangan profesi melalui program sertifikasi guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Adapun subjek dalam penelitian ialah guru sertifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Kinerja guru sertifikasi SMAN 9 Tidore Kepulauan yang meliputi; 1) keterampilan merencanakan pembelajaran dengan model pembelajaran yang digunakan adalah discovery learning, 2) kemampuan melaksanakan kegiatan pembelajaran 3) kemampuan mengevaluasi hasil belajar siswa. Guru SMAN 9 Tidore Kepulauan merasa lebih tenang dan termotivasi untuk meningkatkan prestasi dalam menjalankan tugas, dilihat dari pencapaian 4 kompetensi yang wajib dikuasai guru dan pemanfaatan tunjangan profesi untuk meningkatkan profesionalitas.

References

Ardana, P., Yudana, I,M., & Divayana, D.G.H., (2020). Kontribusi Sertifikasi Guru, Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia. Vol. 11, No. 1. Hal. 42-53.

Fauzi, Akhmad dan Hidayat NA, Rusdi. (2020). Manajemen Kinerja. Airlangga University Press.

Irmawan, Amin. (2022). Analisis Perbandingan Kinerja Guru yang Sudah di sertifikasi dan yang Belum di sertifikasi pada SMA Negeri Pulau Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi.

Kartini, Dewi dan Kristiawan, Muhammad. (2019). Pengaruh Tunjangan Profesi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Magister Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Kristen Satya Wacana.

Lao, Hendrik A. E. (2021). Manajemen Pendidikan. Penerbit Lakeisha.

Madi, R. A., & Kalimin, L.R., (2019). Pengaruh Pemberian Tunjangan Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 4 Kendari. Jurnal Bisnis Indonesia. Vol. 10, No. 1, Hal. 45-56.

Mimbar, Lalu, dkk. (2018). Dampak sertifikasi guru terhadap kinerja guru di MTS Negeri Model Kuripin, Lombok Barat. STIE AMM.

Nuri Ichsan, Fauqa dan Yahya. (2021). Pengaruh Tunjangan Profesi Guru terhadap Profesionalisme Guru Madarasa Tsanawiyah Negeri 6 Padang. Universitas Negeri Padang, Indonesia.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2017 tentang Pengelolaan Transfer ke Daerah dan Dana Desa.

Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang sertifikasi bagi guru.

Pianda, Didi. (2018). Kinerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak.

Prihartanta, Widayat. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

Purwanto, dkk. (2012). Gaya Hidup Guru SD di Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak Setelah Menerima Tunjangan Profesi Guru (2007-2010). Prodi Pendidikan IPS, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Ristianey, F., Harapan, E., & Destiniar., (2021). Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. Vol. 6, No. 1. Hal. 34-43.

Rivai, F. A. (2019). Pengaruh Program Sertifikasi Guru Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru. Jurnal Al-Mubin. Vol. 2, No. 2. Hal. 78-84.

Subagia, T.F., Ni Komang. (2019). Kontribusi Supervisi Klinis Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Iklim Kerja dan Tunjangan Provesi Terhadap Kepuasan Kerja Guru TK di Kecamatan Kutu Utara. JAPI. Vol. 10, No. 2.

Sujanto, Bedjo. (2009). Cara Efektif Menuju Sertifikasi Guru. Raih Asa Sukses (Imprint Penyebar Swadaya Grup).

Triwiyanto, Teguh. (2011). Kesulitan Penyebab Kegagalan Guru SD dalam 00Program Sertifikasi melalui Penilaian Portofolio. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Tubagus, S. R., Mendo, A.Y., & Podungge, R., (2022). Pengaruh Tunjangan Profesi Terhadap Kinerja Guru Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Bone Bolango. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. Vol. 5, No. 1. Hal. 183-191.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas RI.

Wasa, K, dkk. (2013). Identifikasi Faktor-Faktor Kendala Ketidaklulusan Sertifikasi Guru SMP Di Kabupaten Jembrana Tahun 2007. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Alfiani Sakinah Radjaloa, Syahril Muhammad, & Ade Haerullah. (2023). Pengaruh Faktor Sertifikasi Guru dan Tunjangan Profesi terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 9 Tidore Kepulauan. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 130–138. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1169