IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Authors

  • Harianto Hamidu Universitas Khairun
  • Said Hasan Universitas Khairun
  • Mardia Hi. Rahman Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1061

Keywords:

Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan, Prestasi Belajar Siswa

Abstract

Keberhasilan lembaga pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuanya dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen pendidikan secara professional. Tujuan dalam artikel ini untuk mengetahui: 1) bagaimana perencanaan, 2) pengorganisasian, 3) pelaksanaan, 4) pengawasan dan kendala proses fungsi manajemen dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Halmahera Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode surfey yaitu metode Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan fungsi manajemen pendidikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Halmahera Tengah adalah menggunakan planning, organizing, actuating, dan controlling. Perencanaan yang di buat (planning) dibagi menjadi dua, yaitu: perencanaan bagi peserta didik dari membuat RPP dan kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan perencanaan bagi guru-guru membuat pembinaan dan bimbingan. Kemudian pengorganisasian yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah menciptakan semua stekholder menjadi satu wadah yang baik. Kemudian kepala sekolah melaksanakan atau menggerakkan wadah tersebut untuk bekerja sama dalam membangun visi, misi dan tujuan sekolah. Sedangkan yang terakhir bagaimana kepala sekolah mengevaluasi dan menilai dari seluruh program yang dilaksanakan.

References

Asmuni, J.M. (2012). Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva.

Burhanuddin. (1994). Analisis administrasi manajemen dan kepemimpinan pendidikan. Bandung: Mizan.

Fattah, Nanang. (2001). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya

Koonzt, H.Cyril & O’Donnell. (1982). Essential Of Management. New Delhi: Tate McGraw Hill Publishing Company.

Kurniadin, Didin & Machali, Iman. (2016). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Miles, A. & Huberman, M. M. B. (2019). Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjef Rohendi Rohidin. Jakarta: Judul Penerbit Universitas Indonesia

Ranupandojo, Heidjarachman. (1996). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Suhartini, N. (2019). Strategi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Yayasan Perguruan SMP Al-Hidayah Medan Tembung. Management Of Education: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5. No, 2.

Terry, George R. (1977). Principle of management. USA: Richart D. Irwin Inc

Yusuf, F.A. & Maliki, B.I. (2021). Manajemen Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Harianto Hamidu, Said Hasan, & Mardia Hi. Rahman. (2023). IMPLEMENTASI FUNGSI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA . Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 87–96. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1061