Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik

Authors

  • Andry Roesliana Putra STIE Ganesha
  • Moh. Tahang STIE Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1040

Keywords:

Ekonomi kreatif, Wisata, Endemik

Abstract

Industri ekonomi kreatif merupakan salah satu potensi terbesar bagi Indonesia. Faktor sumber daya alam yang berlimpah dan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia (3,43% dari total penduduk dunia) turut menambah daya tawar Indonesia selaku negara yang memiliki peluang pasar ekonomi kreatif. Melihat peluang pasar yang besar dan terus tumbuh serta potensi yang tidak hanya datang dari masyarakat Indonesia. Sektor ekonomi kreatif Indonesia semakin menjanjikan dan memungkinkan para pelaku industri kecil atau UMKM dapat berkembang menjadi industri multinasional yang dapat menjalankan kegiatan usahanya di berbagai negara. Paper ini adalah kualitatif analisis, dengan judul “Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik” dengan unit analisis adalah pedagang atau UMKM kreatif di Kawasan Wisata Situ Lengkong Panjalu. Hasil dari penelitian ini adalah Strategi alternatif yang banyak keluar pada analisis SWOT yaitu Pentrasi pasar dan Integrasi kebelakang.

 

 

References

Antares, R. (2020). Enam Jurus Bisnis UMKM Hadapi Covid-19. TAGAR.https://www.tagar.id/enam-jurus-bisnis-umkm-hadapi-covid19

Kemenparekraf. (2021). Sub-sectors industry ekonomi kreatif. Retrieved October, 24 2021, From https://www.kemenparekraf.go.id/asset_admin/assets/uploads/media/pdf/media_1589839632_OPUS_-_Creative_Economy_Outlook_2019_(English_Version).pdf

Rizki, (2021) in Investor.id, Halal trade forum: Produk halal dan busana muslim jadi

unggulan Indonesia. Retrieved Febuary, 10 2022, from https://investor.id/business/268146/halal-trade-forumnbspproduk-halal-dan-busana-muslim-jadi-unggulan-indonesia

Statista. (2021). Most popular social networks worldwide as of October 2021, ranked

by number of active users. Retrieved November, 1 2021, From https://www.statista.com/statistics/272014/global-social-networks-ranked-by-number-of-users/

Streimikiene, D., Kacerauskas, T. (2020). The creative economy and sustainable development: The Baltic states. Wiley

Downloads

Published

2023-01-17

How to Cite

Andry Roesliana Putra, & Moh. Tahang. (2023). Analisis Strategi Bisnis Untuk Meningkatkan Penjualan pada UMKM Kreatif Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis di Masa Endemik. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 71–76. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1040