PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH DI DESA BAYAT ILIR KECAMATAN BAYUNG LENCIR

Authors

  • Ria Anggilia Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Abd. Malik Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Erwin Saputra Siregar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1030

Keywords:

Brand Ambassador, Halal Label, Buying Interest

Abstract

This research aims to determine the influence of brand ambassadors and halal labels on the interest in buying Wardah products in Bayung Lencir District, Bayat Ilir Village. This type of research uses quantitative research. The data used in this study is primary data obtained using data collection techniques from questionnaires. The sample obtained in this study was 102 respondents. The technique in sampling in this study used a non probability sampling method. Analyzed using multiple linear regression analysis.

The results of the analysis of this study indicate that the brand ambassador variable has a partial influence on buying interest in Wardah products with a significant level of 0.010 where t count (2,611) > t tabele (1,660). The Halal Label variable does not have a partial effect on buying interest in Wardah products with a significant level of 0.253 where t count (1,149) > t tabele (1,660). Simultaneous test results, brand ambassador and halal label have an effect on Wardah product purchase interest with a significant level of 0.007.

References

AL-QUR’AN

Kementrian Agama RI, Al-Quran Dan Terjemah: Juz 4. Jakarta, Cv. Pustaka Jaya Ilmu, 2012).

Buku

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Teantang Jaminan Produk Halal Pasal 31.

Adam, Muhammad. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta, 2018.

Anak Agung Putu Agung. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2012.

Aripin, Zenal, and M. Rizqi Padma Negara. Etika Bisnis Dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Budi Utama, 2021.

Dina, Rahmawanty and Destria Indah Sari, Teknologi Kosmetik. Purwokerto: CV IRDH, 2019.

Duwi Priyanto, Olah Data Sendiri Analisis Regresi Linier Dengan SPSS & Analisis Regresi Data Panel DenganEviews. Yogyakarta: Cahaya Harapan,2022.

Fitriah, Maria, Komunikasi Pemasaran Melalui Desain Visual. Yogyakarta: Budi Utama, 2018.

Firmansyah, Anang, Pemasaran Produk dan Merek (Planing& Strategy). Muhammadiyah University Of Surabaya: Qiara Media, 2019.

Fridayana Yudiaatmaja, Analisis Regresi Dengan Menggunakan Aplikasi Komputer Statistik SPSS. Jakarta, Pt Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Ghozali, Imam. Aplikasi Analisi Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Universitas Diponogoro, 2013.

Irma, Ade, Putri Wahyuni, and Syamsul Arifin. Perempuan Dan Media. Aceh: Syiah Kuala University Press, 2021.

Juni Priansa, Donny, Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta, 2017.

Kartajaya, Hermawan. The Real Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2020.

Kholidah, Nur, and Muhammad Arifiyanto. Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian Kosmetik Berlabel Halal. NEM, 2020.

Kurniawan, Gogi. Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce. Mitra Abisatya, 2020.

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 2020.

Kotler, Philip, and Kevin Lanen Keller. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang, 2008.

Lea-Greenwood, Gaynor, Fashion Marketing Communications. Wiley, 2013.

Miftah, A.A, and Ambok Pangiuk. Budaya Bisnis Muslim Jambi Dalam Perspektif Kearifan Lokal, Seri 1. (FEBI Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saufuddin Jambi: Ahlimedia Press, 2020.

M. Royan, Frans. Marketing Celebrities. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2005.

Misbahuddin, and Iqbal Hasan. Analisi Data Penelitian Dengan Statistika. Jakarta: Pt Bumi Aksara, 2013.

Moh. Ainurrofiqin. Strategi Branding Di Era 4.0. Anak Hebat Indonesia, 2021.

Morissan. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Prenadamedia Grup, 2015.

Musyadat Cholil, Akmal. 101 Branding Ideas Strategi Jitu Menenangkan Hati Konsumen. Anak Hebat Indonesia, 2018.

Nastiti, Dwi. Asesmen Minat Dan BakatTeori Dan Aplikasi. Umsida Press, 2020.

Nur Azizah, Siti. Politik Hukum Produk Halal Di Indonesia. Surabaya: Jakad Media Publishing, 2021.

Perdana K, Echo. Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Universitas Bangka Belitung: Lab Kom Manajemen FE UBB, 2016.

Pianda, Didi. Kinerja Guru, Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. CV Jejak, 2018.

Putri Nugraha, Jefri, Dian Alfiah, Gairah Sinulingga, Umi Rojiati, Gazi Saloom, and Rosmawati. Teori Perilaku Konsumen. Jawa Tengah: Nasya Expanding Manajement, 2021.

Qardhawi, Yusuf. Halal Dan Haram Dalam Islam. Jakarta: Rabbani Pressh, 2002.

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi Dan Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2010.

Rosmiyati, Siti, Acai Sudirman, and Anne Hearany, Perilaku Konsumen Dan Perkembangannya Di Era Digital. Bandung: Widina Bhakti Persada, 2020.

Royan, Frans M. Selebriti Dalam Iklan Dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sindiri. Jakarta: Media Komputindo, 2004.

Silviani, Irene, and Prabudi Darus. Strategi Komunikasi Pemasaran Menggunakan Teknik Integrate Marketing Communication (IMC). Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2021.

Sudigdo, Agus, Belajar Manajemen Dimulai Dari Sini, Jakarta: Ahlimedia Book, 2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung, Alfabetacv, 2019.

Setyo Tri Wahyudi, Konsep Dan Penerapan Ekonometrika Menggunakan E-Views, Depok, Pt. Raja Grafindo Persada, 2016.

Schiffman, L, and Kanuk. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks, 2004.

Shimp, Terence A. Periklanan Dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2004.

Sunyoto, Danang, Anaisis Validitas & Asumsi Klasik. Yogyakarta, Gava Media, 2012.

Suryani, and Hendryadi, Metode Riset Kuantitif Teori dan Aplikasi. Edisi pertama. Jakarta: Kencana, 2015.

Susilo, Donny, Marketing In A Week. Bandung: YramaWidya, 2021.

Trygu. Teori Motivasi Abraham H. Maslow Dan Hubungannya Dengan Minat Belajar Matematika Siswa. Indonesia: Guepedia, 2021.

Utami, and Wahyu Budi. Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian: Survei Pada Pembeli Produk Kosmetik Wardah Di Outlet Wardah Griya Muslim an-Nisa Yogyakarta. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Hukum Dan Humaniora UIN sunanKalijaga, 2013.

Wahyudi. Beauty Manner in Beauty Business. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2013.

Waidi, Farid. Jaminan Produk Halal Di Indonesia. Depok: Rajagrafindo Persada, 2019.

Jurnal

Andini, Rifqoh, and Nurvita Trianasari. “Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Proses Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia.” E-Proceeding of Management 8 (Agustus, 2021).

Dewi Yanti, Novrita, and Darwanto. “Analisis Pengaruh Labelisasi Halal Dan Digital Selling Terhadap Minat Beli Kosmetik Halal,” Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam. accesses december 12, 2021.

Indah, Lestari. “Pengaruh Brand Ambassador, Label Halal Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Produk Wardah Di Semarang,” 2020.

Izzuddin, Ahmad. “Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal Dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner.” Jurnal Penelitian Ipteks 3. (July 2, 2018).

Muktamar, Muhammad Kamal. “Pengaruh Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Wincycle Agent Series.” Jurnal Universitas Telkom, 2014.

Mundir, Abdillah, Muhammad Nizar, Ajeng Rima Mustaqimah, and Ani Faujiah, “Pengaruh Iklan, Brand Image Dan Labelisasi Halal Terhadap MinatBeli Santriwati Pada Produk Kecantikan Kosmetik Wardah Menurut Presfpektif Ekonomi Islam Di Asrama I Pondok Pesantren Ngalah Purwosari Pasuruan”. Jurnal Ekonomi Syariah 8.

Natalie Christiana Rahayu, Nuslih Jamiat, “Pengaruh Brand Ambassador Bts (Bangtan Seoyeondan) Terhadap Minat Beli Tokopedia Konsumen Di Kota Bandung”. e-Proceeding of Management 8, (2021).

Nurnaningtias, Meiliana, and Muhammad Aswad. “Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Pada Generasi Z Di Kabupaten Tulungagung.” Jurnal Manajemen Dan Ekonomi 5 (2022).

Ningrum, Nurvita Septya. “Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Konsumen MD Clinic BY LAZETA,” bisnis dan iptek 9, (2016).

Rafidah. “Determinan Merek, Kualitas Produk, Dan Word Of Mouth Pada Keputusan Customer Membeli Produk Rabbani Di Kota Jambi.” Indonesian Journal of Islamic Economics and Business Vol 3 No. 2 (Desember 2018).

Rangga Aditya Nalendra, Aloysius, Slamet Heri Winarno, and Agus Priadi. “Pengaruh Penggunaan Label Halal Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Pembelian Piranti Masak.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis 17, (2021).

Siti Nurrohmah, OktoriKiswati, Z, Aditya Yudha Prima, Dewi Maharani Purbasari, “Analisis Perbandingan Citra Merek Produk Kosmetik Dalam Negeri DanLuar Negeri”. Jurnal Publikasi. (2021).

Talisa Rahma Pramintasari, Indah Fatmawati, “Pengaruh Keyakinan Religius, Peran Sertifikasi Halal, Paparan Informasi, Dan Alasan Kesehatan Terhadap Kesadaran Masyarakat Pada Produk Makanan Halal”. Vol8. (2017).

Tarmizi, Ahmad, and Ulyah. “Pengaruh Tanggal Kadaluarsa Dan Label Halal Pada Kemasan Produk Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Sungai Terap Muaro Jambi.” Innovatio Vol XVII (2017).

Tengku Putri Lindung Bulan. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang”. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, Vol 5. (2016).

Lain-Lain

Aulia Rohmah, Safira, “Proses Pembuatan Rangkaian Produk Kosmetik Halal Wardah. Beauty Journal.” Accessed April 20, 2019. https://www.soco.id

Lembaga Sertifikat Halal, “LPPOM MUI.” Accessed October, 2022. https://www.halalmui.org

“Profil Desa Bayat Ilir Kecamatan Bayung Lencir.” Dpmd.Mubakab.Com, n.d.

Raharjo, Sahid, SPSS Indonesia Olah Data Statistik Dengan SPSS, n.d. https://www.spssindonesia.com

“Wardah Beauty moves you Bergerak Dari Indonesia Ke Kancah Internasional.” Accessed June 23, 2022. https://Www,Wardahbeauty.Com

Wardah Inspiring Movement, accessed April 21, 2022. https://inspiringmovement. Wardahbeauty.com.

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Ria Anggilia, Abd. Malik, & Erwin Saputra Siregar. (2023). PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT BELI PRODUK WARDAH DI DESA BAYAT ILIR KECAMATAN BAYUNG LENCIR. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 37–54. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1030