PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

(Studi perusahaan manufaktur sektor pertanian subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2021)

Authors

  • Herpina Apriyanti Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Rafidah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Putri Apria Ningsih Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1018

Keywords:

Keputusan Investasi, Kebijakan Dividen dan Nilai Perusahaan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keputusan investasi dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini menggunakan variabel independen yaitu keputusan investasidan kebijakan dividen. Sedangkan untuk variabel dependennya adalah nilai perusahaan. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder menggunakan metode data panel yang merupakan kombinasi waktu (deret waktu) dan data antar perusahaan. Alat analisis yang digunakan adalah eviews 9 untuk mengetahui hasil dari Regresi Data Panel, Pengujian Model, Uji Asumsi Klasik Dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa keputusan investasi dan kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan studi pada perusahaan manufaktur sektor pertanian subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI Tahun 2016-2021. Sedangkan berdasarkan dari hasil uji F yang telah dilakukan adalah keputusan investasi dan kebijakan dividen berpengaruh secara simultan terhadap nilai perusahaan dengan persentase 86% dan 14% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Al-quran

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 414

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 44

Al-Qur’an dan Terjemahan, Kemenang: https;//quran.kemenang.go.id, Hlm 49

BUKU

Al Jusup Haryono., 2001 ,Dasar-Dasar Akuntansi, Jilid Kedua, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi UGM, Yogyakarta.

Atmaja, Lukas Setia. 2008. Teori dan Praktik Manajemen Keuangan. Yogyakarta:CV. Andi Offset.

Brigham, E. F. dan J. F. Houston. 2001. Manajemen Keuangan. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta.

Brigham, Houston, 2006, Dasar-dasar Manajemen Keuangan, Edisi Kesepuluh, Penerbit salemba Empat, Jakarta.

Putry Meilinda Rahayu Widodo, “Pengaruh Keputusan Investasi, Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan”.

Samsuri, T. (2003). Kajian, Teori, Kerangka Konsep dan Hipotesis dalam Penelitian.

Sartono, Agus. 2008. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi.Yogyakarta: BPEFYogyakarta.

Sartono, R.A. 2001. Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Sekaran, Uma. 2003. Research Methods For Business: A Skill Building Approach. 4th ed. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Subramanyam, K.R. dan Wild, J.J.2008. Analisis Laporan Keuangan. Edisi8.hal.58

Sugiyono,2007. Metodelogi Penelitian Administrasi. Jakarta: Grafindo. hal.85-87

Sugiyono,MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,DanR&D(Bandung:Penerbit Alfabeta,2016),Hlm.64.

Suharli,michell,2006. Akuntansi untuk bisnis jasa dan dagang, Edisi pertama,Graha ilmu, Yogyakarta. hal. 35

V.WiratnaSujarweni,MetodologiPenelitian(Yogyakarta:Pustakabarupress, 2019),Hal.158.

Wijaya, Lihan Rini Puspo. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Makalah Simmposium Nasional Akuntansi XIII.hal.751-757

Wijaya, L. R. P. dan B. A. Wibawa. 2010. Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan , dan Kebijakan Deviden terhadap Nilai Perusahaan.Simposium Nasional Akuntansi XIII.Purwokerto.(n.d.).

JURNAL

Apriani, T. Analisis kebijakan struktur modal; pengujian Pecking Order Theory dan Trade Off Theory: Studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia.

Ariani, S. (2015).Pengaruh literasi keuangan, locus of control, dan etnis terhadap pengambilan keputusan investasi (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Atika Suryandani, “Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Ukuran Perusahaan, dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate”, Business Management Analysis Journal, Vol. 1, No. 1, (2018).

Bisara, C., & Amanah, L. (2015). Pengaruh kinerja keuangan terhadap return saham.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 4(2).

Brigham, Eugene F.dan Gapenski, Louis C. 2006. Intermediate Financial Management. New York: The Dryden Press.

Burhanuddin, C. I., & Abdi, M. N. (2020). Ancaman Krisis Ekonomi Global Dari Dampak Penyebaran Virus Corona (COVID-19). AkMen, 17(April).

Cahyaningdyah, D. & Ressany, Y. D. 2012.Pengaruh Kebijakan Manajemen Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Dinamika Manajemen. 3 (1).

Clementin, F. S., & Priyadi, M. P. (2016).Pengaruh keputusan investasi, pendanaan, kebijakan dividen dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan.Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 5(4).

Efni, Yulia, dkk. 2011. Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, Kebijakan Dividen Pengaruhnya terhadap Nilai Perusahaan Studi pada Sektor Properti dan Real Estate di BEI. Dalam Jurnal Aplikasi Manajemen Vol. 10, No. 1, Maret 2012 , Hal: 128-141 ISSN 1693-5241. Riau: Universitas Riau.

Ernawati, E., & Rusliati, E. (2019). Keputusan Investasi dan Pendanaan terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Perkebunan.Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 12(2).

Fajaria, A. Z. (2015). Pengaruh keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan (Doctoral dissertation, STIE PERBANAS SURABAYA).

Farid, A. A. (2019). Analisis Pengaruh Current Ratio, Return On Equity Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Tekstil Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2014-2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Ferina, I. S., & Tjandrakirana, R. (2015).Pengaruh kebijakan dividen, kebijakan hutang, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi Pada Perusahaan Pertambangan yang terdaftar di BEI Periode 2009-2013).Jurnal Akuntanika.

Fitri Ani, “Pengaruh Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan Jasa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia”, (Skripsi, UIN Alauddin, 2016).

Frabowo, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas Keputusan Investasi Dan Keputusan Pendanaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Real Estate, Property, Konstruksi Bangunan Yang Terdaftar Di BEI. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Sosial Sains, 2(02).

Haq, A. F. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan, Struktur modal, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perbankan Yang Terdaftar di BEI 2014-2017) (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Hendraliany, S. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, Kebijakan Deviden Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2013–2017). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, 8(1).

Herawati, A. A. 2011.Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Kajian Akuntansi dan auditing6(1).

Janie, D. N. A. (2012). Statistik deskriptif & regresi linier berganda dengan SPSS.Jurnal, April.

Kasmir, Analisis Laporan ... ,.

Kesuma, A. (2009). Analisis faktor yang mempengaruhi struktur modal serta pengaruhnya terhadap harga saham perusahaan real estate yang go public di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship), 11(1).

Lihan Rini Puspo Wijaya, “ Pengaruh Keputusan Investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan deviden terhadap Nilai Perusahaan ”Simposium Nasional Akuntansi XII Purwokerto 2010.

Listiadi, A. (2015). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sebagai Manifestasi Pembelajaran Investasi.Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(2).

Martono dan D.Agus Harjito. 2007. Manajemen keuangan.Ekonisia.Yogyakarta.

Nelwan, A., & Tulung, J. E. (2018).Pengaruh kebijakan dividen, keputusan pendanaan dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan pada saham bluechip yang terdaftar di BEI.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4).

Nurmasari, I. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Perubahan Harga Saham dan Volume Transaksi (Studi Kasus Pada PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk.). Jurnal Sekurias (Saham, Ekonomi, Keuangan Dan Investasi), 3(3), 230. Https://doi.org/10.32493/skt.v3i3.5022. Prasiwi, K. W., & HARTO, P. (2015). Pengaruh Penghindaran Pajak Terhadap Nilai Perusahaan: Transparansi Informasi Sebagai Variabel Pemoderasi (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Pratiwi, N. P. Y., Yudiaatmaja, F., & Suwendra, I. W. (2016).Pengaruh struktur modal dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1).

Purnamasari, L., Kurniawati, S. L., & Silvi, M. (2009). Interdependensi Antara Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Keputusan Dividen. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 13(1).

Riski Hidayat, “Keputusan Investasi dan Financial Constraints: Studi Empiris Pada Bursa Efek Indonesia”, Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, Vol. 12, No. 4, (2010).

Sartono, A.2011.Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. BPFE Yogyakarta,

Setiani, Rury. (2013). Pengaruh Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan, dan Tingkat Suku Bunga Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.Jurnal Universitas Negeri Padang.

Sartini, L. P. N., & Purbawangsa, I. B. A. (2014).Pengaruh keputusan investasi, kebijakan dividen, serta keputusan pendanaan terhadap nilai perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(2).

Setyawan, Widyantoro, 1995, Analisis beberapa Faktor yang Berpengaruh Terhadap Kebijakan Dividen Pada Badan Usaha Milik Negara Bentuk Persero. Program Pasca Sarjana Universitas Gajah Mada. Tesis Tidak Dipublikasikan.

Sumanti, J. C. Dan M. Mangantar. 2015. Analisis Kepemilikan Manajerial,Kebijakan Hutang, Dan Profitabilitas Terhadap Kebijakan Dividen Dan Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis Akuntansi 3(1):1141-1151 Rahmantio, I., M. Saifi Dan F. Nurlaily. 2018. Pengaruh Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Return on Asset Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Administrasi Bisnis 57(1).

Utomo, M. Muslim, 2000. ”Praktek Pengungkapan Sosial pada Laporan Tahunan Perusahaan di Indonesia (Studi Perbandingan Antara Perusahaan High Profile dan Low Profile)”.Simposium Nasional Akuntansi III, IAI.(n.d.).

Ustiani, N. (2015). Pengaruh Struktur Modal, Kepemilikan Manajerial, Keputusan Investasi, Kebijakan Deviden, Keputusan Pendanaan, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Keuangan Dan Perbanakan Di BEI Tahun 2009-2013) Jornal Of Accounting, 1 (1).Yuliariskha, F. (2016). pengaruh keputusan pendanaan,kepuusan invesasi sera kebijakan dividen erhadap niai perusahaan (studi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2008-2010) Fania. journal of business studies, 1-9. Rinnaya, I. Y., Andini, R., & Oemar, A. (2016). pengaruh profitabilitas, rasio aktivitas, keputusan pendanaan, keputusan investasi terhadap nilai perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2014). Journal Of Accounting, 2 hal. 9.Purnama, H. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Kebijakan Hutang, Kebijakan Deviden, Dan Keputusan Investasi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Kasus Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik Di Bursa Efek Indonesia) Periode 2010-2014. Jurnal Akuntansi, 4 (1).

Yanti, I. G. A. D. N., & Darmayanti, N. P. A. (2019).Pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, struktur modal, dan likuiditas terhadap nilai perusahaan makanan dan minuman.E-Jurnal Manajemen, 8(4), 2297-2324.

WEBSITE RESMI

“AALI_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“ANJT_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“BISI_ Annual Report _ 2017.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“BWPT_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“LSIP_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“PALM_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“SGRO_ Annual Report _ 2017.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“SIMP_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“SMAR_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“SSMS_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

“TBLA_ Annual Report _ 2019.Pdf , ”n.d.di aksesdari www. Idx. Co. I d.

Www.idx.co.id.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Herpina Apriyanti, Rafidah, & Putri Apria Ningsih. (2023). PENGARUH KEPUTUSAN INVESTASI DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: (Studi perusahaan manufaktur sektor pertanian subsektor perkebunan yang terdaftar di BEI Tahun 2016 – 2021). Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen, 2(1), 05–23. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i1.1018