PENGEMBANGAN UKM ABON IKAN PATIN DI DESA JATIBARU PASCA PANDEMI COVID DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Authors

  • Ifah Masrifah Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Karyono Karyono Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.438

Keywords:

Pengembangan UKM, Kelompok Ibu PKK, Abon Ikan Patin

Abstract

Pengembangan UKM Abon Ikan Patin dilaksanakan  sebagai  kegiatan  pengabdian kepada masyarakat oleh Perguruan Tinggi terhadap UKM Olahan Ikan Patin yaitu ibu-ibu PKK di Desa  Jatibaru,  Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatibaru Pasca Pandemi Covid dengan pembuatan abon ikan patin yang memiliki nilai jual dipasaran. Metode  yang  digunakan  dalam kegiatan ini meliputi metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dari mulai proses produksi sampai  dengan  pemasaran. Hasilnya adalah terbentuknya kelompok ibu-ibu PKK pembuatan abon dari ikan patin sebagai pembuka lapangan pekerjaan untuk mendapatkan penghasilan yang dapat meningkatkan  kesejahteraan masayarakat Jatibaru.  Hal ini Program   Pengabdian Masyarakat   dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan serta mengembangkan wawasan yang bermanfaat untuk dipraktikan bagi masyarakat secara nyata.

References

Setyawati MB. Pengaruh konseling kesehatan terhadap kepatuhan pasien dalam pengobatan tbc di puskesmas sumbang i dan ii kabupaten banyumas. Viva Med. 2012;05:38–47.

Hernawan AD, Erlina L, Biatmojo BA. Intervensi TB-Paru Melalui Edukasi dan Konseling di Desa Pasir Panjang Wilayah Binaan Puskesmas Antibar Kabupaten Mempawah. J Bul Al-Ribaath. 2019;16(2):65.

Kurniasih U, Rakhmat A. Pengaruh Konseling Personal Terhadap Perilaku Pencegahan Penularan Tb Paru. J Kesehat. 2020;10(2):118–23.

Kambuno NT, Susilawati NM, Wuan AO, Yudhaswara NA, Octrisdey K, Foekh NP, et al. Konseling Keluarga Pasien TB dan Pemberdayaan Pemuda Gerakan Anti-TB di Desa Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. E-Dimas J Pengabdi Kpd Masy. 2020;11(3):366–72.

Susilawati MD, Sari YD, Rachmawati R, Julianti ED. Asupan Zat Gizi Makro Dan Mikro Penderita Tuberkulosis Paru Rawat Jalan Sebelum Dan Sesudah Terapi Intensif Dengan Konseling Gizi Di Kabupaten Bogor (Macro and Micronutrient Intake of Outpatient Tuberculosis Before and After Intensive Therapy With Nutriti. Penelit Gizi dan Makanan. 2018;41(1):55–64.

Keperawatan PS, Tinggi S, Kesehatan I, Kencana B. Pengaruh Edukasi Menggunakan Metode Konseling Dengan Media Flip Chart Terhadap Pengetahuan Dan Sikap. 2018;

Irawan H. Pengaruh Konseling Kesehatan Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien TBC Paru Di Puskesmas Campurejo Kota Kediri. J Ilmu Kesehatan 2017;4(1):87.

Downloads

Published

2022-09-30

How to Cite

Ifah Masrifah, & Karyono, K. (2022). PENGEMBANGAN UKM ABON IKAN PATIN DI DESA JATIBARU PASCA PANDEMI COVID DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(3), 66–72. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.438

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.