Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Siswa SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Nyoman Ayu Putri Lestari Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.343

Keywords:

Bimbingan Belajar, Covid-19, Minat Belajar Siswa.

Abstract

World Health Organization (WHO) telah mengumumkan virus corona atau covid-19 sebagai pandemi, yaitu keadaan dimana populasi di seluruh dunia memiliki peluang dapat terjangkit atau terkena infeksi. Keadaan ini tentunya juga berdampak pada perekonomian Indonesia yang secara langsung juga berdampak pada dunia pendidikan di Indonesia. Mengingat pandemi ini adalah suatu musibah yang mendadak sehingga mengakibatkan kebijakan atau keputusan yang diambil secara cepat tanpa adanya persiapan yang matang membuat guru, siswa, dan orang tua merasa kebijakan tersebut kurang efektif terutama bagi sebagian siswa yang teknik pembelajarannya tidak terbiasa dengan daring. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Tujuan dari kegiatan ini untuk tetap mengefektifkan dan memaksimalkan dari tujuan pembelajaran di sekolah. Program ini dilaksanakan pada daerah yang telah terkonfirmasi zona hijau oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini melibatkan siswa Sekolah Dasar di Dusun Wali, Yeh Embang, Kec. Mendoyo, Kab. Jembrana Prov. Bali.  Metode pelaksanaan kegiatan secara deskriptif kualitatif. Hasil kegiatan menunjukkan minat dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Perlunya perbaikan fasilitas dalam keberlanjutan pelaksanaan program kegiatan bimbingan belajar            sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

References

Bakhri, Syaeful., Aziz, Abdul., Sarinah, Ririn. (2020). Pengetahuan dan Motivasi Untuk Menumbuhkan Minat Berinvestasi Pada Mahasiswa. Value: Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15(2), 60-73.

Dwi, N. P. (2013). Konstruksi Sosial Peserta Didik pada Lembaga Bimbingan Non-Formal . Jurnal Paradigma, 1, 7-15.

Mabruri, R. A. (2016). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar IPA Siswa KelasIV SD Muhammadiyah Piyaman. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, 64-72.

Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Kemampuan Public Speaking Mahasiswa PGSD. EDUKASI : Jurnal Pendidikan, 10, 31-40.

Rosaria, D., & Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas, 2 (2).

Santoso, A., & Rusmawati, Y. (2019). Pendampingan Belajar Siswa di Rumah Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar di Desa Guci Karanggeneng Lamongan. Abdimas Berdaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2, 36-43.

Siyahailatua, S. E., & Tarigan, M. (2020, 03 13). WHO Beri Status Pandemi untuk COVID ApaArtinya?RetrievedfromTEMPO.CO:google.com/amp/s/gaya.tempo.co/amp/1319075/who-beri-status-pandemi-untuk-covid- 19-apa-artinya diundul tanggal 1 agustus 2020

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Nyoman Ayu Putri Lestari. (2022). Pendampingan Bimbingan Belajar di Rumah Siswa SD untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.343

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.