Melaksanakan Pendampingan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia SD Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Made Sri Astika Dewi Universitas Triatma Mulya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.342

Keywords:

Pendampingan, Bimbingan belajar, Pandemi.

Abstract

Di Dalam bidang pendidikan, tidak selamanya Pendidikan itu di sekolah berjalan lancar dan memberikan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Berbagai upaya untuk mengatasi problematika pendidikan dapat kita lakukan, salah satunya melalui kegiatan pendampingan belajar yang merupakan bagian dari bentuk pengabdian pada masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai sarana penyampaian kebermanfaatan ilmu dan rasa kepedulian para dosen terhadap masyarakat dibidang pendidikan dalam bentuk pendampingan belajar melalui kegiatan bimbingan belajar di rumah. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan prestasi akademik dan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini melibatkan siswa SD di Lingkungan Kelurahan Pendem yang berjumlah total 15 siswa, Metode pelaksanaan kegiatan (1)  Metode  ceramah untuk memberi penjelasan tentang materi  matematika  yang  belum  sepenuhnya  dipahami  anak-anak,  (2) Metode tanya jawab dan diskusi, (3) Metode Penugasan  untuk  melihat  sejauh  mana  pemahaman  dan  daya  serap  anak-anak dalam menerima materi. Teknik analisa data secara naratif deskriptif. Hasil kegiatan menunjukkan prestasi dan motivasi belajar siswa mengalami perkembangan yang baik. Perlunya perbaikan fasilitas dalam keberlanjutan pelaksanaan program kegiatan bimbingan belajar sehingga siswa lebih nyaman dalam belajar.

References

Agustina, E., Rohmah, A, & Kuspiyah, H. (2019). Pendampingan Bimbingan Belajar Bahasa Inggris dan Bakti Sosial di Yayasan Pendidikan dan Sosial Roudlotut Thullab. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1 (1), 1-5.

Ari, S. P M., Ardhi, W. (2015). Analisis Kepuasan Siswa Terhadap Kegiatan Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Formal Dan Lembaga Bimbingan Belajar Non-Formal Di Kota Madiun. Jurnal Penelitian LPPM IKIP PGRI Madiun. Vol. 3 No. 1. , 1-5.

Dewi, V. S., & Maharani, S. (2016). IBM Membangun “Desa Cermat” Melalui Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Terapan Abdimas. Vol. 1 No. 1., 1-7.

Dwi, Novitasari P. (2013). Konstruksi Sosial Peserta Didik pada Lembaga Bimbingan NonFormal. Jurnal Paradigma. Vol 1, No 1, 7-15.

Erlita, Brigitta T.A. (2014). Slow Learner: Bagaimana Memotivasinya dalam Belajar. Jurnal Kependidikan Widya Dharma. Vol 27, No. 01. (1-8).

Eriany, Prahesti., Hernawati, Lucia., Goeritno, Haryo. (2014). Studi Deskriptif Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Mengikuti Kegiatan Bimbingan Belajar pada Siswa SMP di Semarang. Jurnal Psikodimensia Kajian Ilmiah Psikologi. Vol 13, No 1 (2014) 115 –

Rosaria, D., Novika, H. (2017). Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal Al-Ikhlas. ISSN : 2461-0992 Volume 2 Nomor 2.

Yanuar, Briantama R., Sriyanto Bambang E.P. (2018). Preferensi Pelajar Smp Menentukan Lokasi Lembaga Bimbingan Belajar di Kawasan Perkotaan Yogyakarta. Jurnal Bumi Indonesia. Volume: 7, No: 03, (1-7).

Zumaroh,A.Khasanah. (2013) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang. Under Graduates Thesis, Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-06-25

How to Cite

Made Sri Astika Dewi. (2022). Melaksanakan Pendampingan Bimbingan Belajar Bagi Anak Usia SD Pada Masa Pandemi Covid-19. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 77–83. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.342

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.