Pendampingan Pembuatan Standar Operasional Prosedur Pembelajaran Pos Paud di Cimahi Utara Kota Cimahi

Authors

  • Siti Samsiyah Purwaningsih Politeknik Negeri Bandung
  • Kunlestiowati Hadiningrum Politeknik Negeri Bandung
  • Nani Yuningsih Politeknik Negeri Bandung
  • Sardjito Sardjito Politeknik Negeri Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.286

Keywords:

SOP, PAUD, Pembelajaran, APE

Abstract

Tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia  dini (PAUD) adalah membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal dalam memasuki pendidikan dasar. Sesuai dengan anjuran dalam kurikulum PAUD, Standar Operasional merupakan prosedur kegiatan dibuat untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru agar pelaksanaan pembelajaran berjalan sesuai harapan, visi, dan misi lembaga yang berisi tatacara yang dilakukan  guru dan anak dalam melaksanakan suatu kegiatan. SOP menjadi sistem yang memberikan pedoman kerja, kapan, dimana, oleh siapa dan cara bagaimana pembelajaran dijalankan terutama dalam mengatur program pembelajaran yang bersifat rutin dan habituasi. Sesuai hasil analisis situasi di Pos Paud Kenanga 12 kelurahan Pasir Kaliki kecamatan Cimahi Utara Kabupaten Bandung Barat  terdapat keterbatasan pemahaman guru dalam pembuatan dan penggunaan SOP Pembelajaran PAUD, oleh karena itu dilakukan pendampingan pembuatan SOP pembelajaran. Hasil evaluasi pendampingan pembuatan SOP, sebanyak 90,9 % SOP telah dibuat, 80 % sesuai standar dan 20 % perlu perbaikan, karena keterbatasan Alat Permainan Edukatif (APE) yang dimiliki PAUD. Pada  proses belajar mengajar 80 %  guru  sangat paham dalam membuat dan menggunakan  SOP pembelajaran dan 20 % kurang paham dalam pembuatan SOP, sehingga dalam proses mengajar tidak selalu menggunakan SOP yang telah dibuat.

References

Direktorat Tenaga Teknis (Diktentis Diklusepa). 2003. Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia 0 – 6 Tahun. Jakarta: Ditjen PLSP – Depdiknas.

Wiwik Pratiwi. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 5, Nomor 2

Akbar Reni 2004. Psikologi Perkembangan Anak, Mengenal Sifat, Bakat dan Kemampuan Anak. Jakarta: : PT. Grasindo

Tatik Ariyanti.2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar Volume 8, No 1

Hijriati 2017. Peranan Dan Manfaat Ape Untuk Mendukung Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya Volume 3. Nomor 2

Muniroh Munawar, dkk 2013. Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Melalui

Pendekatan In House Training Berbasis Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 2 No. 1

Suryadi. 2007. Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini. Jakarta. Penerbit EDSA Mahkota

Downloads

Published

2022-02-26

How to Cite

Siti Samsiyah Purwaningsih, Kunlestiowati Hadiningrum, Nani Yuningsih, & Sardjito Sardjito. (2022). Pendampingan Pembuatan Standar Operasional Prosedur Pembelajaran Pos Paud di Cimahi Utara Kota Cimahi. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(1), 77–86. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.286

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.