PHYSICAL EDUCATION AT PONDOK PESANTREN ABDUSSATAR KEDIRI

Authors

  • Junaidi Junaidi Universitas Nahdlatul Ulama NTB
  • Khaerul Anam Universitas Nahdatul Ulama NTB
  • Hadiwijaya Hadiwijaya Universitas Nahdlatul Ulama NTB

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.278

Keywords:

Physical Edukation:PKMS

Abstract

Pendidikan jasmnai merupakan hal dasar untuk meningkatakan tumbuh kembang peserta didik serta sebagai wadah untuk mengali kemampuan mereka dalam bidang olahraga yang disesuikan minat dan bakat peserta didik dan menggembangkan keterampilan motorik, prilaku hidup aktif, sportif, dan kecerdasan emosi Tujuan utama kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pendidikan jasmani beberapa hal yang kami sepakati dengan mitra kerja mulai dari mencegah timbulnya effek bosen belajar, Mencagah timbulnya gangguan psikologis siswa kegiatan dilakukan selama 1 hari dengan jumlah peserta berkisar 35 Orang yang terdiri dari siswa pondok putra. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah praktik secara langsung. Hasil kegitan ini sangat membantu pertumbuhan dan perkembangan peserta didik dan tentunya dapat membuat peserta didik lebih siap menerima beban belajar. Evaluasi kegiatan harus dilakukan selama 6 bulan sekali serta berkordinasi ke Dekan Fakultas pendidikan Olahraga universitas nahdatul Ulama NTB sebagai sekolah binaan.

References

A. Alim, “Pengaruh Olahraga Terprogram Terhadap Tekanan Darah dan Daya Tahan Kardiorespirasi Pada Atlet Pelatda Sleman Cabang Tenis Lapangan,” Medikora, vol. VIII, no. 2, 2012.

I. I. Zulfa and A. W. Kurniawan, “Survei Kebugaran Jasmani Kelas VIII SMP Plus Asy-Syukur Kanigoro,” Sport Sci. Heal., 2019.

F. Rozi, S. R. Safitri, and A. Syukriadi, “Evaluasi Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa pada Perkuliahan Pendidikan Jasmani IAIN Salatiga,” J. Edutrained J. Pendidik. dan Pelatih., 2021.

M. S. Risqi Ekanti Ayuningtyas Palupi, M.Pd dan Drs. Sulton, “Ekstrakurikuler Pramuka Sebagai Wadah Penanaman Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa Bagi Generasi Emas Indonesia,” Prosiding, 2015.

F. Rozi, S. Rahma Safitri, I. Latifah, and D. Wulandari, “Tiga Aspek dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Kependidikan J. Has. Penelit. dan Kaji. Kepustakaan di Bid. Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 2021.

S. Y. Bangun, “Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikandi Indonesia,” Publ. Pendidik., 2016.

N. A. Oktaviani and S. Wibowo, “Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP Negeri di Madiun,” J. Pendidik. Olaharaga dan Kesehat., 2021.

R. M. Ramadhani, F. A. I. Gustaman, M. S. Kodar, and I. K. Widanaha, “Implementasi Program Sekolah Aman Bencana Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Balikpapan Kalimantan Timur,” Jipsindo, 2020.

A. Fadila, D. R. Budi, A. D. Listiandi, N. Ngadiman, and R. Festiawan, “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas,” Phys. Act. J., 2021.

D. Kurnia and R. adha Septiana, “Implementasi Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasamani,” 2020.

D. Barker, M. Quennerstedt, and C. Annerstedt, “Learning through group work in physical education: a symbolic interactionist approach,” Sport. Educ. Soc., vol. 20, pp. 604–623, 2015.

L. McCuaig and M. Quennerstedt, “Health by stealth – exploring the sociocultural dimensions of salutogenesis for sport, health and physical education research,” Sport. Educ. Soc., vol. 23, pp. 111–122, 2018.

M. Shohib, “Sekolah aman untuk anak-anak pengungsi akibat bencana tsunami,” Procedia Stud. Kasus dan Interv. Psikol., 2015.

Downloads

Published

2022-02-23

How to Cite

Junaidi Junaidi, Khaerul Anam, & Hadiwijaya Hadiwijaya. (2022). PHYSICAL EDUCATION AT PONDOK PESANTREN ABDUSSATAR KEDIRI . JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(1), 63–69. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.278

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.