Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar

Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era of Globalization in Private Elementary Schools (SD) HKI 3 Pematangsiantar

Authors

  • Firinta Togatorop Politeknik Bisnis Indonesia
  • Daulat Nathanael Banjarnahor Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Doris Yolanda Saragih Politeknik Bisnis Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.232

Keywords:

teknologi, pendidikan, globalisasi

Abstract

Tujuan Pendidikan nasional adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kecerdasan dibutuhkan oleh setiap orang untuk menghadapi zaman yang telah memasuki era globalisasi karena tanpa kita sadari ilmu pengetahuan sudah semakin berkembang dari masa ke masa. Perkembangan ilmu pengetahuan ini mendukung untuk terciptanya teknologi yang perkembangannya sangat pesat Pendidikan di era globalisasi dapat diartikan sebagai integrasi pendidikan nasional ke dalam dunia pendidikan. Di era globalisasi, kemajuan bangsa sangat ditentukan oleh pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Teknologi yang berkembang saat ini telah memasuki era digital, dimana segala bidang telah memanfaatkan teknologi untuk mempermudah pekerjaan, termasuk dalam bidang pendidikan. Teknologi pendidikan adalah suatu sistem yang digunakan untuk mendukung pembelajaran agar tercapai hasil yang diinginkan. Peran teknologi dalam pendidikan diimplementasikan dalam penggunaan media pembelajaran, perangkat administrasi, dan sumber belajar. Dampak positif penerapan teknologi dalam dunia pendidikan adalah lebih efisien dari segi waktu, biaya, logistik dan masalah kelembagaan lainnya, sedangkan dampak negatifnya adalah teknologi dapat mengubah kehidupan masyarakat.

 

 

References

Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., Smaldino, S. E. 2002. Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Pearson Education

Izzudin, Ahmad Maulana. 2013. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Service Engine dan KomponenKomponennya. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang (Online),(http://lib.unnes.ac.id/188 40/1/5201409006.pdf) diakses pada tanggal 25 November 2018.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (Online). http://kbbi.web.id/ diakses pada 23 November 2018.

Nikolopoulou,A. 2010. Education for Sustainable Development: challenges, strategies, and practices in a globalizing world. New Delhi: Vivek Mehra.

Rahayuningrum, Rosalia Hera. Tanpa tahun. Penggunaan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIIF di SMP Negeri 2 Imogiri Bantul. Makalah disajikan dalam lomba dan seminar matematika XIX UNY (Online),(http://eprints.uny.ac.id/6 969/1/Makalah%20Peserta%205%2 0%20Rosalia%20Hera%20Rahayuni ngrum,%20S.Pd.pdf) diakses pada tanggal 25 November 2018.

Selwyn, Neil. 2011. Education and Technology Key Issues and Debates. India: Replika Press Pvt Ltd.

Toffler, A.1992. The Future Shock. Terjemahan Hermawan Sulistyo. Jakarta: Pantja Simpati

Yusuf, Moh. 2012. Peranan Teknologi Pendidikan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, (Online), 1 (1): 65-74. (http://www.uinalauddin.ac.id/do wnload6.%20M.%20Yusuf%20T._P ERANAN%20TEKNOLOGI.pdf) diakses pada 23 November 2018.

Downloads

Published

2022-07-14

How to Cite

Firinta Togatorop, Daulat Nathanael Banjarnahor, & Doris Yolanda Saragih. (2022). Sosialisasi Pengaruh Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi di Sekolah Dasar (SD) Swasta HKI 3 Pematangsiantar: Socialization of the Effect of Technology in Education in the Era of Globalization in Private Elementary Schools (SD) HKI 3 Pematangsiantar. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 68–76. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.232

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.