PELATIHAN EKONOMI KREATIF DI ECOVILLAGE SILIMALOMBU KABUPATEN SAMOSIR

CREATIVE ECONOMY TRAINING AT ECOVILLAGE SILIMALOMBU,SAMOSIR . REGENCY

Authors

  • Darwin Damanik Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Murniati Tobing Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Elidawaty Purba Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Pawer D Panjaitan Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Bagudek Tumanggor Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Pinondang Nainggolan Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Fariaman Purba Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Taufik Parinduri Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Johanes WP Purba Universitas Simalungun , Pematangsiantar
  • Anggiat Sinurat Universitas Simalungun , Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.220

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Desa Wisata, Kearifan Lokal,

Abstract

Pulau Samosir merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi,selain dikenal dengan budaya yang sangat unik, Samosir juga dikelilingi dengan objek-objek yang menarik baik dibidang kuliner maupun kearifan lokalnya. Salah satu objek wisata yang sangat memukau perhatian para wisatawan adalah Ecovillage Desa Silimalombu. Wisata Ecovillage ini dikenal dengan nama Silimalombu Ecovillage atau Desa Wisata Silimalombu. Desa ini menawarkan sebuah wisata dengan konsep alam yang sangat asri.Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1). Meningkatkan jiwa kewirausahaan, (2). Mampu menghasilkan produk lokal dari alam yaitu minyak kemiri, wine mango, saniteser buah-buahan, dan roti citarasa lokal. Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah terjadi peningkatan jiwa kewirausahaan serta peningkatan kemampuan peserta dalam mengolah hasil alam (hutan) menjadi berbagai jenis produk yang bernilai tinggi untuk mengembangkan ekonomi kreatif dari Desa Wisata Silimalombu, Kecamatan Onanrunggu, Kabupaten Samosir.

 

 

References

Ali, N. (2018). Peran Ekonomi Kreatif Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat di desa Tulung Agung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Bargeman, B., & Richards, G. (2020). A New Approach to Understanding Tourism Practices. Annals of Tourism Research, 84, 102988. https://doi.org/10.1016/j.annals.2020.102988.

Damanik, D., et al. (2022). Ekonomi Pariwisata: Konsep, Pemasaran, dan Pembangunan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Damanik, D., & Purba, Elidawaty. (2020). Analisis Daya Saing Sektor Pariwisata di Kabupaten Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 2(2), 116-125.

Damanik, D., Pawer D Panjaitan, Elidawaty Purba, Pinondang Nainggolan, Bagudek Tumanggor, Fariaman Purba, & Johanes W P Purba. (2022). Pelatihan Wirausaha Dalam Menghadapi New Normal di Obyek Wisata Pemandian Alam Sejuk (PAS) Kabupaten Simalungun. Joong-Ki : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 75–81.

Hartono, S., Marwati, F.S., Sarsono. (2021). Peningkatan Ekonomi Kreatif Melalui Pelatihan Keterampilan Pembuatan Blangkon di Kelurahan Karangasem Laweyan Surakarta. Bakti Banua, 2(2), 7-16.

Purba, E., Damanik, D., Parinduri, T., & Panjaitan, P. (2021). Pelatihan Untuk Mendorong Pengembangan UMKM di Kabupaten Batu Bara. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 125-132.

Suparwoko. (2010). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Industri Pariwisata, Simposium Nasional 2010: Menu Purwerejo Dinamis dan Kreatif.

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Darwin Damanik, Murniati Tobing, Elidawaty Purba, Pawer D Panjaitan, Bagudek Tumanggor, Pinondang Nainggolan, … Anggiat Sinurat. (2022). PELATIHAN EKONOMI KREATIF DI ECOVILLAGE SILIMALOMBU KABUPATEN SAMOSIR: CREATIVE ECONOMY TRAINING AT ECOVILLAGE SILIMALOMBU,SAMOSIR . REGENCY. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 54–59. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.220

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.