Pengenalan Kewirausahaan pada Anak melalui Pembuatan Produk Tie Dye

Introduction to Entrepreneurship in Children through Making Tie Dye Products

Authors

  • Damayanti Universitas YPPI Rembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.211

Keywords:

kewirausahaan, anak, produk, tie dye

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengenalan, pembelajaran dan pengetahuan kepada santri tentang kewirausahaan, serta memberikan stimulus wirausaha pada anak dengan menambah nilai suatu barang melalui pembuatan produk tie dye. Permasalahan yang dihadapi Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum adalah 1). Rendahnya pendidikan mengenai pembelajaran kewirausahaan, 2). Kurangnya stimulus tentang wirausaha pada anak dari pihak Madrasah masih rendah. Berdasarkan permasalahn tersebut penulis melakukan pengabdian masyarakat di Madrasah Diniyah Nurriyatul Ulum untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut. Luaran dari program pengabdian pada masyarakat ini adalah 1). bertambahnya pengetahuan santri tentang konsep dan pengetahuan mengenai kewirausahaan, 2). Pembuatan produk atau penambahan nilai suatu barang berupa produk Tie dye, yaitu masker, kaos kaki dan Totebag. Diharapkan dengan peningkatan pengetahuan tentang kewirausahaan pada anak ini menjadi bekal santri dalam menghadapi masa depannya dan termasuk soft skill yang dimiliki anak.

References

Kemdikbud. 2010. Materi Pelatihan Kewirausahaan Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kemdikbud.

Nurhafizah, 2018. Bimbingan Awal Kewirausahaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 6, Nomor 3, 2018, 205-210.

Prasetyaningsih, Asri. 2016. Membentuk Jiwa Kewirausahaan pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Market Day. Jurnal Program Studi PGRA. Volume 2, Nomor 2, Juli 2016, 88-102.

Soemanto, Wasty. 2008. Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Kewirausahaan.

Zola, N., Fadli, R. P., dan Ifdil, I. 2018. Chromotherapy to reducing stress.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Damayanti. (2022). Pengenalan Kewirausahaan pada Anak melalui Pembuatan Produk Tie Dye: Introduction to Entrepreneurship in Children through Making Tie Dye Products. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 43–46. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.211

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.