PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA KANDANGAN MELALUI PEMANFAATAN POHON PISANG MENJADI KERAJINAN

ECONOMIC EMPOWERMENT OF KANDANGAN VILLAGE THROUGH THE UTILIZATION OF BANANA TREES INTO CRAFT

Authors

  • Ida Fauziatun Nisa Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro
  • M. Iqbal Tawakkal Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.194

Keywords:

Kandangan, Pengabdian, Pohon pisang

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak yang kurang baik terhadap perekonomian.  Sehingga diperlukan adanya inovasi baru untuk menambah pendapatan masyarakat. Desa Kandangan merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Trucuk kabupaten Bojonegoro, yang kami pilih untuk dijadikan pengabdian. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya aset pohon pisang yang dimiliki oleh desa kandangan. Ditandai dengan adanya pohon pisang disetiap pekarangan. Warga desa kandangan menjadikan pohon pisang untuk menyambung hidup dengan mengeringkan pelepah pisang disepanjang jalan. Yang kemudian setelah pelepah pisang itu kering langsung dijual mentahan ke pengepul.  Ada juga yang diinovasikan menjadi dalungan. Sehingga dapat dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Namun kebanyakan dari mereka lebih suka menjual mentahan ke pengepul. Karena selain proses kerjanya cepat juga lebih cepat mendapatkan uang. Hal ini karena kurangnya kreativitas dan inovasi warga kandangan dalam memanfaatkan asset yang ada. Oleh karena itu kami memberikan terobosan baru yakni dengan mengadakan workhshop pemanfaatn pohon pisang menjadi aneka kerajinan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi desa kandangan dengan memanfaatkan pohon pisang menjadi aneka kerajinan. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode Asset Based Community Development (ABCD). Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitataif deskriptif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa dengan adanya workhsop pemanfaataan pohon pisang menjadi kerajinan dapat menambah kreativitas dan inovasi baru untuk warga desa Kandangan.

 

References

Andini,Hikmah dkk. 2020. Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat dari Desa tertinggal menuju desa tidak tertinggal dalam Jurnal Administrasi Publik, Vol.2 No 12.

Antara. 2020. Manfaat Kesehatan Melimpah Tanaman Pisang Buah sampah Akar. Tempo.

Bunin, Burhan. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta : Kencana.

Nurmala, Ilma dkk. 2021. Pemberdayaan Ekonomi Ditengah Pandemi Dicovid-19 Melalui Program Pelatihan Pembuatan Keripik Gedebog Pisang oleh KKN-DR243 di desa Sandeng dalam jurnal proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol : 1, No.XXXV

Rahimi, Faishal dan Vigory. 2021. Pemanfaatn Kulit Pisang Sebagai Bahan Baku Pembuatan Kerupuk Didesa Bangun Jaya Subang dalam Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, Vol.8 No.2.

Siti Nur Aidah. 2020. Jadi Jutawan Dengan Berbisnis Buah Pisang. Jogjakata:KBM Indonesia.

Wawancara dengan Bapak Kepala Desa pada tanggal 20 Januari 2022 pukul 09.00

Wawancara dengan Bapak Sekertaris Desa pada tanggal 29 Januari 2022 Pukul 10.00

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Ida Fauziatun Nisa, & M. Iqbal Tawakkal. (2022). PEMBERDAYAAN EKONOMI DESA KANDANGAN MELALUI PEMANFAATAN POHON PISANG MENJADI KERAJINAN: ECONOMIC EMPOWERMENT OF KANDANGAN VILLAGE THROUGH THE UTILIZATION OF BANANA TREES INTO CRAFT. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(2), 28–33. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i2.194

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.