Strategi Pengembangan Core Values 'AKHLAK' Dalam Kasus Penggabungan Dua Perusahaan (PT Pertani (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero))

Authors

  • Putri Mutiara Sinera Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Devi Rahma Ariani
  • Fiola Lolita Sari
  • Muhammad Khoirul Anwar
  • Armyn Gultom

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.187

Keywords:

Budaya Organisasi, Merger, Strategi Pengembangan, AKHLAK BUMN

Abstract

Saat melaksanakan magang di PT Pertani (Persero) dari Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) yang diselenggarakan oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI), mengalami penggabungan dengan PT Sang Hyang Seri pada bulan November 2021 dengan dikeluarkannya Peraturan Pemerintah Nomor 98 tahun 2021 tentang Penggabungan Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertani ke Dalam Perusahaan Perseroan (Persero) PT Sang Hyang Seri. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai output magang yang dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi selama magang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT SHS dalam menerapi core value AKHLAK sudah dijalankan dan terlaksana dengan baik walau terkadang anggaran untuk bisa memenuhi kegiatan kantor terhambat. Prosedur yang digunakan sebagai dasar dari bertingkah laku dan bersikap sehari-hari menggunakan melaksanakan beberapa kegiatan dalam menerapi core value AKHLAK adalah Surat Edaran Menteri BUMN Nomor SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilai Utama SDM BUMN.

Downloads

Published

2022-09-21

How to Cite

Sinera, P. M., Ariani, D. R., Sari, F. L., Anwar, M. K., & Gultom, A. (2022). Strategi Pengembangan Core Values ’AKHLAK’ Dalam Kasus Penggabungan Dua Perusahaan (PT Pertani (Persero) dan PT Sang Hyang Seri (Persero)). JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(3), 1–10. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i3.187