UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN SUDAJAYA HILIR MELALUI PROGRAM WADAH KELUARGA (WARUGA)

EFFORTS TO INCREASE THE WELFARE OF THE SUDAJAYA HILIR COMMUNITY WELFARE THROUGH THE WADAH FAMILY (WARUGA) PROGRAM

Authors

  • Novinda Serikandi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nida Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Siti Bunga Nurjanah Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.127

Keywords:

Kemiskinan, Pemberdayaan Masyarakat, Wadah Keluarga (WARUGA)

Abstract

Kota Sukabumi merupakan salah satu kota penyumbang peningkatan angka kemiskinan tertinggi di Jawa Barat yang disebabkan oleh rendahnya produktivitas kegiatan ekonomi masyarakat, rendahnya modal yang dimiliki, tingkat pendidikan yang tergolong rendah, dan kondisi sosial budaya yang kurang mendukung. Jumlah penduduk miskin atau penduduk dengan pengeluaran per kapita per bulan dibawah garis kemiskinan di Kota Sukabumi berjumlah 25.420 jiwa pada tahun 2020 lalu. Angka tersebut mengalami kenaikan sebesar 3.550 dari tahun sebelumnya yang berjumlah 21.870 jiwa. Kemiskinan ini masih ditemukan di Kelurahan Sudajaya Hilir, khususnya pada keluarga penerima manfaat. Pada proses verifikasi dan validasi data kami menemukan bahwa maraknya keluarga penerima manfaat bantuan sosial yang terlilit hutang serta hanya bertumpu pada bantuan sosial pemerintah, dikarenakan tidak adanya sumber penghasilan tetap untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, yang mana ditemukan pada keluarga penerima manfaat bansos Kelurahan Sudajaya Hilir. Wadah Keluarga (WARUGA) hadir untuk menjembatani peluang dan potensi yang tersedia di Kelurahan Sudajaya hilir. Pada program Wadah Keluarga (WARUGA) ini memiliki sebuah tujuan  memaksimalkan potensi yang ada baik dari sisi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia, membentuk masyarakat yang produktif, membentuk masyarakat yang mandiri, menjadi roda penggerak perekonomian masyarakat, dan mendorong angka kesejahteraan masyarakat khususnya Keluarga Penerima Manfaat Bantuan Sosial. Dengan adanya program tersebut diharapkan keluarga penerima manfaat Sudajaya Hilir sebagai kelompok sasaran program menjadi berdaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

References

Maryani, D., & Nainggolan, R. R. E. (2019). Pemberdayaan masyarakat. Deepublish.

Mustangin, D. K., Islami, N. P., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal melalui program desa wisata di Desa Bumiaji. Sosioglobal: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 59-72.

Permana, A. C., Sasmito, C., & Gunawan, C. I. (2018). Implementasi Pemberdayaan Masyarakat dalam Program Keluarga Harapan untuk Memutus Rantai Kemiskinan di Kota Malang Studi di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Madani Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 10(2), 64-74.

Yusriadi, Y., bin Tahir, S. Z., Awaluddin, M., & Misnawati, M. (2020). Pengentasan Kemiskinan melalui Socialpreneur. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 115-120.

Firdayanti, F. D., & Asnifatima, A. (2021). Pemberdayaan masyarakat dalam mewujudkan program agent perubahan peduli Covid-19 (AADC-19) dI Kampung Nyencle. promotor, 4(5), 499-510.

Wahyuni, D. (2018). Strategi pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan Desa Wisata Nglanggeran. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 9(1), 85-102.

Handayani, N., & Agustina, N. F. (2021, February). Pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui Digital Market (Studi Kasus pada Industri Pembuat Tahu dan Peternak Ayam Bertelur). In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Wulandari. Ayu. Purnami (2014). Pemberdayaan masyarakat desa dalam upaya peningkatan kesejahteraan Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan sapu gelagah di Desa Kajongan Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia.

Aditiawati, P., Astuti, D. I., Suantika, G., & Simatupang, T. M. (2016). Pengembangan potensi lokal di Desa Panawangan sebagai model desa vokasi dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ketahanan pangan nasional. Jurnal Sosioteknologi, 15(1), 59-67.

Badan Pusat Statistik Kota Sukabumi. (2020) Luas Wilayah Kota Sukabumi. Diakses pada, 19 November 2021, dari https://sukabumikota.bps.go.id/indicator/153/99/1/luas-daerah.html

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Novinda Serikandi, Nida Handayani, & Siti Bunga Nurjanah. (2022). UPAYA PENINGKATAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT KELURAHAN SUDAJAYA HILIR MELALUI PROGRAM WADAH KELUARGA (WARUGA): EFFORTS TO INCREASE THE WELFARE OF THE SUDAJAYA HILIR COMMUNITY WELFARE THROUGH THE WADAH FAMILY (WARUGA) PROGRAM. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 1(1), 57–62. https://doi.org/10.55606/jpmi.v1i1.127

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.