Pelatihan Pembuatan Website Toko OnlineBagi Pelaku Umkmdesa Pungging Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Muhammad Imron Rosadi Universitas Yudharta Pasuruan
  • Misbach Munir Universitas Yudharta Pasuruan
  • Jennifer Farihatul Bait Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Abdul Majid Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Guruh Marhaenis Handoko Putro Universitas Muhammadiyah Lamongan
  • Sri Yaumi ITB Ahmad Dahlan Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1158

Keywords:

pemasaran, toko online, UMKM, website toko online, pemasaran digital.

Abstract

Tumbuh kembang UKM di Indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus dari seluruh kalangan masyarakat. Perhatian tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk dukungan dan pelatihan keterampilan. Terdapat banyak pelaku bisnis UKM yang belum mengenal cara pemasaran melalui platform digital, salah satunya Kelompok UKM Desa Pungging, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan. Meski telah diketahui secara luas bahwa UKM yang menggunakan platform digital sebagai media pemasarannya diketahui meningkatkan penjualannya dan meluaskan jangkauan pasarnya. Oleh karena itu Tim Pengabdian kepada Masyarakat dari Universitas Yudharta Pasuruan, Universitas Muhammadiyah Lamongan, dan ITB Ahmad Dahlan Lamongan melakukan Pelatihan Pembuatan Website Toko Online pada para pelaku UKM di Desa Pungging tersebut. Pelatihan dilaksanakan dalam beberapa tahap berikut. Mulai dari persiapan, sosialiasi, kemudian pelatihan dan pemberian pemahaman pemasaran digital.

References

Ahmadi, C., & Hermawan, D. (2013). E-Business & E-Commerce. (1nd ed.). Jakarta: Penerbit Andi.

BPS. (2022). Klasifikasi UMKM diunduh Agustus 2022. www.bps.go.id , diunduh pada 26 September 2022.

Haryani, P (2021). Pelatihan Marketplace bagi Kelompok Informasi Masyarakat Kabupaten Bantul. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UNSIQ, 8(1), 78-83. https://doi.org/10.32699/ppkm.v8i1.1085

Hermawan, A. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kasmi, & Candra, A. N. (2017). Penerapan E-Commerce Berbasis Business to Consumers untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara. Vol. 15(2), 109-116. https://dx.doi.org/10.47232/aktual.v15i2.27

Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online (2020) https://www.kominfo.go.id/content/detail/11526/kemenkop-ukm-379-juta-umkm-sudah-go-online/0/sorotan_media, diakses pada 26 September 2022.

Maryama, Siti. (2013). Penerapan ECommerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity, Vol. 2 (1), 73-79. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.132

Pengguna Internet Makin Banyak Pasca Pandemi Tantangan Ini Jadi Sorotan (2022), https://apjii.or.id/berita/d/pengguna-internet-makin-banyak-pasca-pandemi-tantangan-ini-jadi-sorotan , diakses pada 30 Desember 2022.

Pradiani, T., Damara, D., & Malang, S. A. (2018). Pengaruh Website dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk yang dijual di Mataharimall.com. Juenal EKSIS, 10 (2), 152-156. http://dx.doi.org/10.51881/jam.v17i2.177

Rakanita, A. M. (2019). Pemanfaatan E-Commerce dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengan Kabupaten Demak. Jurnal EKBIS, 20(2), 1280-1289. http://dx.doi.org/10.30736/ekbis.v20i2.237

Ramanathan. R., Ramanathan, U., & Hsiao, H. L. (2012). The Impact of E-Commerce on Taiwanese SMEs: Marketing and Operations Effect. International Journal of Production Economics, 140(2), 934-943. https://doi.org/10.1016/j.ijpe.2012.07.017

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analis kasus IMC. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulaksana (2007). Integrated Marketing Communication, Jakarta: Quantum.

Wiley, Yoeti. A. Oka (1996). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Perca.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Muhammad Imron Rosadi, Misbach Munir, Jennifer Farihatul Bait, Abdul Majid, Guruh Marhaenis Handoko Putro, & Sri Yaumi. (2023). Pelatihan Pembuatan Website Toko OnlineBagi Pelaku Umkmdesa Pungging Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 111–118. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1158

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.