PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS DESA DAN BUMDes Di KECAMATAN WEDA KAB HALMAHERA TENGAH

Authors

  • Iwan S. Seber Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
  • Muhammad Zais Samiun Universitas Khairun
  • Karim Abubakar Universitas Muhammadiyah Maluku Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1146

Keywords:

BUMDes, Kapasitas Desa, Pelatihan, Kecamatan Weda

Abstract

Upaya Bumdes untuk meningkatkan nilai tambah produk dan membangun jalur distribusi baru memerlukan mitra. Perlu pengetahuan, pengalaman dan penguasaan teknologi untuk dapat meningkatkan nilai tambah produk. persoalan sumberdaya manusia pada tingkat produktivitas melahirkan produk di masyarakat menjadi persoalan tersendiri untuk mengembangkan desa menjadikan desa mandiri yang di amatkan undang-undang, persoalan pada desa-desa yang terdapat pada kecamatan Weda untuk mengembangkan BUMdes, yaitu; ketidak tahuan potensi desa yang terdapat di desa, serta menejerial untuk mengembangkan BUMDes.

Tujuan pengabdian; memberikan pelatihan kepada pemerintah desa dan pengurus bumdes yang baerada di kecamatan Weda kabupaten Halmahera Tengah; terkait pengelolan desa sesuai dengan undang-undang desa, pemetan potensi, pembuatan studi kelayakan usaha dan membuat laporan di bumdes.Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini menggunakan metode berkarya/art methhods merupakan metode yang dapat digunakan untuk kepentingan masyarakat dan menngunakan metode Fokus Group Diskusi (FGD) dan Pelatihan. Hasil Pengabdian dilakukan pada tanggal  23 bulan desember tahun 2022, bertempat desa Nusliko. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari sabtu waktu 20.00. sampai selesai dihadiri peserta sebanyak 30 orang. peran pemerintah kabupaten, serta dari swasta dan dari kalangan akademis , LSM, memberikan dorongan dan motivasi untuk mengembangkan sumberdaya manusia di desa-desa kecamatan weda kabupaten Halmahera selatan

.

 

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah. 2022a. Analisis Hasil Survei Kebutuhan Data 2022. Edited by Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah. BPS Halmah. Weda: Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah.

———. 2022b. Kecamatan Weda Dalam Angka 2022. Edited by Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah. Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah. Badan Pusa. Weda: Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah.

———. 2022c. Statistik Daerah Kabupaten Halmahera Tengah 2022. Edited by Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah. Badan Pusa. Weda: Badan Pusat Statistik Kabupaten Halmahera Tengah.

Hatim, Fajri, Marasaoly, S and Muhammad,M.. 2022. “Identifikasi Potensi Ekonomi Mendukung Pengembangan Bumdes Desa Bobawae Kecamatan Makian Barat Kabupaten Halmahera Selatan.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (3): 11–17.

Muhammad, Nurdin I, and Musdar Muhammad. 2021. “Peningkatan Pendapatan Asli Desa Melalui Kelembagan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Desa Bangkit Rahmat Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat.” J-Abdi 1 (7): 1533–40.

Suwito, Resmiyati Ansar, and Meliana Rinto Syahdan. 2022. “Peningkatan Kapasitas Pengelolan BUMDes Di Desa Dama Kecamatan Loloda Kepulauan.” BARiFOLa.

Syahrain,R and Muhammad, M. 2022. “Pelatihan Pembuatan Peta Desa Menggunakan Aplikasi Gis Di Kecamatan Sahu Kabupaten Halmahera Barat.” Jurnal Suara Pengabdian 45 1.

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Iwan S. Seber, Muhammad Zais Samiun, & Karim Abubakar. (2023). PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS DESA DAN BUMDes Di KECAMATAN WEDA KAB HALMAHERA TENGAH. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 104–110. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1146

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.