PELATIHAN APLIKASI JASP BAGI PENELITI PERKUMPULAN DOSEN PENELITI INDONESIA

Authors

  • Mohammad Sofyan Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI, Jakarta
  • Dedeh Maryani IPDN Jatinangor, Sumedang
  • Siti Zulaika IPDN Jatinangor, Sumedang
  • Ikhbaluddin IPDN Jatinangor, Sumedang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1142

Keywords:

JASP, Pengolahan Data, Analisis Data, Regresi Linier Berganda, Analisis Jalur

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh dosen peneliti yang tergabung dalam DPD Perkumpulan Dosen Peneliti Indonesia (PDPI) Kabupaten Sumedang adalah belum semuanya mampu dan memahami bagaimana tahapan-tahapan dalam mengolah data penelitian yang akan di jadikan artikel untuk di publikasikan sebagai beban kerja dosen peneliti selain mengajar dan juga sebagai dasar menjadi dosen pembimbing mahasiswa tingkat akhir dengan pendekatan metode kuantitatif, karena peneliti di PDPI sekaligus Dosen IPDN Jatinangor. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memfasilitasi dosen peneliti dalam meningkatkan kualitas penelitian dan meningkatkan kemampuan dosen peneliti dalam mengolah data serta menghasilkan artikel dengan metode kuantitatif. Hasil Pelatihan dapat menambah pengetahuan tentang manfaat penggunaan aplikasi JASP yang berguna untuk mengolah data yang dperlukan serta juga dapat diimplimentasikan untuk keperluan karya tulis ilmiah dan membimbing tugas akhir mahasiswa yang menggunakan pendekatan metode penelitian kuantitatif.

References

Cahyono, Didik, Naheria, and Muhammad Sukron Fauzi. "Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software JASP dan SPSS bagi Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Kalimantan Timur." Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia 1, no. 2 (2021): 421–426.

Daryati, Riyan Arthur, Tommy Eka Miharja, Nasaruddin, and Nur Rochimah. "Pelatihan Pengolahan Data Penelitian Berbasis Software Statistik Untuk Mahasiswa Di Jabotabek." Abdi Masyarakat 3, no. 1 (2021): 34-40.

Goss-Sampson, Mark A. Analisis Statistik Menggunakan JASP: Buku Panduan Untuk Mahasiswa. Translated by Sunu Bagaskara, Sari Z. Akmal, Arif Triman, Novika Grasiaswaty, & Entin Nurhayati. Greenwich: Centre for Science and Medicine in Sport & Exercise, 2019.

Rahayu, Widyanti, and Bagus Sumargo. "Pelatihan Penggunaan Uji Hipotesis Dalam Penelitian Untuk Dosen Dan Mahasiswa Di LLDIKTI Wilayah III DKI Jakarta." Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat 2021. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2021. 261-266

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Mohammad Sofyan, Dedeh Maryani, Siti Zulaika, & Ikhbaluddin. (2023). PELATIHAN APLIKASI JASP BAGI PENELITI PERKUMPULAN DOSEN PENELITI INDONESIA. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1142

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.