PENYULUHAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SAAT MENSTRUASI DI SISWI SMP NEGERI 4 SUMBAWA TAHUN 2022

Authors

  • Yunita Lestari STIKES Griya Husada Sumbawa
  • Has’ad Rahman Attamimi STIKES Griya Husada Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1105

Keywords:

Perilaku, Personal Hygine, dan Menstruasi.

Abstract

Personal Hygiene Education merupakan suatu kegiatan pemberian pendidikan kesehatan tentang upaya memelihara kesehatan diri terutama saat menstruasi. Edukasi berisi tentang personal hygiene organ reproduksi, memberikan pengetahuan tentang cara membersihkan organ reproduksi yang benar ketika menstruasi sehingga dapat berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Personal hygiene saat menstruasi yang buruk dapat disebabkan karena pengetahuan yang kurang tentang pentingnya menjaga kesehatan organ reproduksi saat menstruasi.

Personal hygiene saat menstruasi adalah tindakan untuk memelihara kesehatan dan kebersihan pada daerah kewanitaan pada saat menstruasi (Sulistyo, 2012). Bila saat menstruasi tidak menjaga hygienitas yang baik akan berisiko mengalami infeksi alat reproduksi. Hal ini disebabkan oleh peristiwa menstruasi yang mengeluarkan darah kotor Pada saat menstruasi, pembuluh darah dalam rahim sangat mudah terkena infeksi karena darah dan keringat keluar serta menempel pada vulva dapat menyebabkan daerah genetalia menjadi lembab Jika pada saat itu tidak menjaga kebersihan genetalia dengan benar, maka dalam keadaan lembab, jamur dan bakteri yang berada di daerah genetalia akan tumbuh subur sehingga menyebabkan rasa gatal dan infeksi pada daerah tersebut.

Sasaran kegiatan ini yaitu seluruh siswi SMP di SMP4 Sumbawa Besar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode ceramah dan diskusi dan yang didasari oleh evaluasi awal sebagai landasan untuk menentukan Bagaimana Perilaku Personal Hygiene Pada Saat Menstruasi di siswi SMP SMP Negeri 4 Sumbawa Tahun 2022.

References

Alkhoiroh, (2016). Peran Orang Tua Dalam Persiapan Menghadapi Menarche

Atikah Proverawati dan Siti Misaroh.2009. Menarche Menstruasi Pertama Penuh Makna. Yogyakarta: Nuha Medika

Bagi Remaja Putri Di Kelurahan Susukan KecamatanUngaran Timur Kabupaten Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro

dan Aplikasi dalam Praktik. Jakarta: EGC.

Hamilton, (2016). Pendidikan Kesehatan. Bogor: Ghalia Indonesia

Laila, N. N. (2016). Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. Jakarta : Salemba Medika

Mubarak, Wahit & Chayatin. (2008). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori

Nugraheni, H. and Indarjo, S. (2018) Buku Ajar Promosi Kesehatan Berbasis Sekolah. Deepublish.

Nuryaningsih and Rosyati Heri (2020) ‘Hubungan Sumber Informasi dengan pengetahuan personal hygiene saat menstruasi’, Jurnal Penelitian Universitas Muhammadiyah Jakarta, 25(ISSN 0853-6007), pp. 63–71

Pemiliana, P. D., Agustina, W., & Verayanti, D. (2019). Perilaku Remaja Putri Dengan Personal Hygiene Saat Menstruasi di SMA Etidlandia Medan, 17(1).

Price. (2016). Hubungan Antara Sikap Terhadap Menstruasi Dan Kecemasan Terhadap Menarche. Skripsi. Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

Sagung Seto.

Sartje. (2014). Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Keputihan Di Poliklinik Obstetri/Ginekologi RSU. Pancaran Kasih Gmim Manado Tahun 2014. Jurnal UNSRAT

Sarwono, (2018), Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Terhadap Sikap Menghadapi Sindrom Pre-Menstruasi Pada Remaja Putri Kelas X Dan XI Man 2 Madiun, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Soetjiningsih. (2017). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta:

Sulistio, Budi dan Budi, Waspa Kusuma. 2009 . Birokrasi Publik (perspektif Ilmu Administrasi Publik). Bandar Lampung: CV. Badranaya.

Waryono. (2018). Gizi Reproduksi. Yogyakarta : Pustaka Rihama

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Yunita Lestari, & Has’ad Rahman Attamimi. (2023). PENYULUHAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE PADA SAAT MENSTRUASI DI SISWI SMP NEGERI 4 SUMBAWA TAHUN 2022. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT INDONESIA, 2(1), 49–59. https://doi.org/10.55606/jpmi.v2i1.1105

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)